The Magic of "SARUNG"

Sarung     

     Haii gembelers, postingan kali ini saya mau bahas tentang sarung nih, menurut wikipedia ; Sarung adalah sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa/tabung. Ini adalah arti dasar dari sarung yang berlaku di Indonesia atau tempat-tempat sekawasan. Dalam pengertian busana internasional, sarung (sarong) berarti sepotong kain lebar yang pemakaiannya dibebatkan pada pinggang untuk menutup bagian bawah tubuh (pinggang ke bawah).

     Kain sarung dibuat dari bermacam-macam bahan: katun, poliester, atau sutera. Penggunaan sarung sangat luas, untuk santai di rumah hingga pada penggunaan resmi seperti ibadah atau upacara perkawinan. Pada umumnya penggunaan kain sarung pada acara resmi terkait sebagai pelengkap baju daerah tertentu.

     Itu menurut wikipedia..sarung sangat berguna untuk seorang backpacker bawalah sarung bila anda bepergian, sekarang banyak koq merk merk sarung yang murah-murah mulai dari merk dua mangga, melayu sarung, gajah duduk, gajah tengkurep, gajah lari, banyaaaaak banget... nah kalo menurut saya dari mata seorang backpacker, Sarung atau dalam bahasa inggris nya adalah sarong adalah sepotong kain sederhana dengan "beratus-ratus" fungsi. Kenapa saya sebut beratus-ratus fungsi?? mari kita uraikan manfaat sarung untuk seorang backpacker terutama saya,berikut uraiannya ;


    Sarung, dapat dipakai untuk beribadah orang islam seperti solat tentunya (walaupun jujur saya sendiri sebagai orang islam jarang menggunakan sarung untuk solat, atau lebih tepatnya jarang solat hahaha..)

    Sarung, dapat digunakan untuk sebagai pengganti celana jikalau sewaktu-waktu celana kita sedang dicuci

    Sarung, dapat dipakai untuk membungkus sesuatu, seperti misalnya backpack kita sudah tidak dapat memuat barang lagi kita bisa menggunakan sarung untuk membungkus dan membawa barang kita yang kelebihan itu

    Sarung, dapat digunakan sebagai alas tidur, apabila kita tidak menemukan hostel dan tempat menginap lainnya kita bisa menggunakan sarung untuk alas tidur kita di terminal kereta api atau di stasiun bis.

    Sarung, dapat digunakan sebagai pengganti sprei di hostel, mungkin sprei di hostel tempat anda menginap sprei nya kotor dan bikin gatel. gantilah pake sarung dan buang sprei itu hahaha...

    Sarung, sebagai handuk dadakan, apabila anda lupa membawa handuk saat bepergian, anda bisa menggunakan sarung sebagai alternatif mengeringkan badan anda daripada anda loncat-loncat, muter-muter supaya badan anda cepet kering, lebih baik pake sarung kan??  hehe..

    Sarung, sebagai alas saat anda berjemur dipantai, kebanyakan bila anda pergi ke pantai terus pengen duduk santai selonjoran, daripada nyewa kursi santai yang ada dipantai dengan harga mahal, mending gelar sarung terus santai deh, ga usah malu sama turis lainnya, bawalah sarung yang motif nya lebih gaul daripada motif kotak-kotak biasa haha..

  •     Sarung, sebagai selimut saat hostel anda menginap tidak memberikan selimut.

  •     Sarung, sebagai alat untuk menutup wajah anda bila anda pengen jadi maling karena uang anda sudah habis hahahahaha... not reccommended
    Sarung yang dipakai untuk maling
  •    Sarung, sebagai GPS dan alat untuk memberitahu kemana anda akan pergi selanjutnya, coba kamu bentangkan sarung itu sama kedua tangan kamu terus tunggu sarung itu dihempaskan sama angin. nah sekarang kamu tau harus melanjutkan kearah mana kamu akan pergi. seperti kata filosofi backpacker "kemanapun angin membawa kita.." hahahahhaa..

  •     Sarung, sebagai alat gaul dan fashion, coba kamu puter dikit otak kamu, kamu lipet lipet tuh sarung ampe seukuran syal, lalu kamu pakein tuh sarung ke leher kamu, nah mirip giring nidji kan??atau rhoma irama?? hahaha..sekarang anda bisa jalan dengan pede karena sarung sudah menjadi penunjang fashion anda hahahaha..

  •     Sarung, sebagai alat pertukaran budaya, bawalah sarung yang bermotif batik ke luar negeri, pasti tuh bule pada doyan karena batik sudah menjadi warisan negara kita..yeah proud of batik's sarong !!! hahahaha..

lutung kasarung
   Hahahaha..begitulah beberapa manfaat sarung yang saya yakin masih banyak manfaatnya..barangkali ada yang mau menambahkan boleh boleh share sini hehe...Tapi ada satu sarung yang kayanya ga usah dibawa kalo anda sedang backpackeran apalagi ke luar negeri.. -->
 Ngapain coba bawa lutung kasarung ke luar negeri hahahaha LOL..



6 komentar:

  1. buat ganti celana kalo lg gak ada kamar mandi.. :D

    BalasHapus
  2. @faa : haha bisa bisa, biar ga malu yee

    BalasHapus
  3. Jadi inget pas masih kecil pulang ngaji main lempar-lemparan sarung :)) good old days

    BalasHapus