Pesona Alam Tangkuban Perahu Bandung

Tangkuban perahu
Pintu Masuk
     Hello gembelers, kali ini saya mau ngebahas tentang salah satu objek wisata di Bandung Utara nih, siapa orang Bandung yang ga kenal dan belum pernah ke Tangkuban Perahu?? gunung tangkuban perahu berada sekitar 25km dari pusat kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung yang memiliki kawah luas dan memiliki tinggi lebih dari 2000 meter, Untuk menuju gunung tangkuban perahu ini banyak cara koq, mulai dari mengguanakan transportasi pribadi sampai transportasi umum semacam elf atau bus.


hutan pinus
      Saya sendiri pada saat berkunjung ke gunung Tangkuban perahu menggunakan kendaraan pribadi, saat akan mengunjungi gunung ini, melewati daerah lembang dan belok kiri ke arah subang, perjalanan kamu bakal disuguhkan oleh keindahan hutan pinus yang berderet panjang di sebelah kiri dan kanan jalan, udara sejuk dan angin segar bakal membuat perjalanan kamu ga berasa lama. Tiket masuk gunung Tangkuban perahu sendiri adalah Rp.13.000/orang dan Rp.10.000/mobil dan Rp.5000/motor. Saat pertama masuk tangkuban perahu kamu bakal disuguhin sama "penampakan" monyet-monyet disana. Boleh koq diem bentar disana terus foto-foto dan ngasih makan sama sodara kembar hahahha.. Tidak jauh dari gerbang kalian bakal nemu kawah domas dan kawah ratu, untuk kawah domas sendiri kalian bisa masuk kesana, saat pertama masuk kalian bakal nemu medan tangga yang lumayan terjal, di kawah domas terdapat mata air panas asli dari gunung itu, kata penjaganya disana sih temperaturnya antara 20-30 derajat celcius (bisa dipake ngerebus telor) dan bisa juga buat berendem kaki.

*para anggota DPR dipintu masuk
(*dibaca = monyet)
      Setelah puas di kawah domas, kalian bisa ngelanjutin langsung ke gunung tangkuban perahu, saat pertama masuk kawasan gunung, kalian bakal disuguhin pemandangan kawah yang luas dan mengeluarkan gempulan asap dari tanah berwarna hijau (belerang) banyak penjual di pinggir-pinggir kawasan kawah, ada penjual belerang, kerajinan tangan, strawberry, makanan, mainan, sampai ada yang jual jasa foto. hati-hati disini suka ada orang yang nawarin bantuin foto buat kalian tapi eh ternyata dia minta bayaran nantinya hadeeeeeuhhh -____-" orangnya tuh kaya nya sih udah gede tapi badan nya kontet, tapi kaya anak kecil juga sih, yah pokonya ada lah manusia kontet berwajah anak kecil yang agak tua #halaaah..


Di tangkuban perahu saya saranin sih dateng pagi sekalian atau ga sore sekalian, karena bakal banyak kabut yang bakal nambah sensasi hehe..menurut saya sih tangkuban perahu ga terlalu banyak yang aneh, kalian bisa jalan sekitar 1km lagi untuk menuju kawah upas yang berada di sebelah kiri dan air keramat cikahuripan yang berada disebelah kanan dan kedua medan tersebut cukup menyita energi kamu khususnya bagi para perokok haha..Setelah puas menikmati keindahan alam tangkuban perahu saya pun memutuskan untuk pulang, oh iya hati-hati dengan para penjual kerajnan tangan disana, kadang mereka suka licik, masa ada batu belerang kecil dijual dengan harga 70rebu !!! plis lah itu doang mah bisa ngambil sendiri disana banyak. Terus bakal ada penjual strawberry dan blueberry yang nawarin sambil jalan-jalan, tawarlah setengah dari yang mereka tawarkan, dan hop laaa...kalian bisa dapetin 2 bungkus dengan harga setengah dari yang mereka tawarkan untuk satu bungkus !!!

para kedai penjual
"penampakan"

    Menikmati pemandangan gunung tangkuban perahu sambil makan gorengan dan merokok ditemani udara sejuk dan angin sepoi-sepoi sudah membuat rasa suntuk saya karena kuliah dan pekerjaan lainnya seketika hilang..so, tunggu apalagi?? kunjungi tangkuban perahu dan nikmati keindahan alamnya..enjoy it :D

31 komentar:

  1. dis, klo naik kend umum,gimana caranya ya,dari kota/dari stasiun..

    BalasHapus
  2. @ery : kalo pake umum, ambil aja yang kalapa - ledeng. trus turun di terminal ledeng, lanjut lagi pake umum yang ke arah lembang. mobilnya warna putih

    BalasHapus
  3. klo dr arah jakt pak kendaraan umum gmn ya naik apa aja ?

    BalasHapus
  4. @nanda : kalo dr jakarta yang pasti harus ke bandung dulu, nah dari bandung ambil aja yang kalapa - ledeng. trus turun di terminal ledeng, lanjut lagi pake umum yang ke arah lembang. mobilnya warna putih

    BalasHapus
  5. terminal ledeng itu stop yg penghabisan ya?
    naik angkot ke arah lembang itu, turun ny dimana?
    rencanany mei mau kesana tp masih bingung..

    BalasHapus
  6. @ery : iya bener kang. arah lembang bisa turun depan gerbang tangkuban perahunya kok.

    BalasHapus
  7. kalo naik kendaran pribadi dari arah lembang kmna lg yah?

    BalasHapus
  8. kira2 kalo dari arah lembang brp kilometer lg ya,terus ambil kerah mana lg,rencana sabtu mau kesana,

    BalasHapus
  9. dari lembang ke atas terus bro, papan petunjuk jalannya jelas kok, hemm ga terlalu jauh kok dari lembang.

    BalasHapus
  10. om..hmm hhe klo dah turun dr ankot jauh g naik ke atasnya..soalnya nanti mw bw sepeda...

    BalasHapus
  11. lumayan jauh sih, tapi masih ok kalo pake sepeda

    BalasHapus
  12. klo dari terminal bandung naik apa gan ? Ke tangkbn perahunya?

    BalasHapus
  13. berapa jam ya klu dari bandung ke gunung tangkuban perahu

    BalasHapus
  14. ga jauh kok, sekitar 1,5 jam aja :D

    BalasHapus
  15. Gan, kalo dr Bandung kota kesono via taksi kena byr brp? Atau ada gk bus pariwisata yg kesono dgn itungan tarif per org? Aye brgkt tgl 30Mei ini, pliz help yoo.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh ane belom pernah pake taxi kesana gan. kalo bus pariwisata yang itungannya perorang sih ga ada. paling harus sewa semua bus nya~

      Hapus
  16. mudah2n ada rezeki dan jalan2 ke sanaaa

    BalasHapus
  17. mas kalo dari loket, ada kendaraan buat ke atasnya ga?? n brapa ongkosnya? thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang pasti yah mas. tapi kayanya ada sih mobil pickup gitu

      Hapus
  18. hati2 juga sama sopir angkot yg licik yaahh. saya apes kena palak mereka

    BalasHapus
  19. Klo dr jkt lg liburan sklh gini, lbh baik lwt cipularang ato subang? Plis infonya ya, soalnya bsk mau ksana.. Tx

    BalasHapus
  20. klo naek mobil travel dr jakarta bisa naek ga sampai atas atau sewa mobil lgi

    BalasHapus
  21. klo naek mobil travel dr jakarta bisa naek ga sampai atas atau sewa mobil lgi

    BalasHapus
  22. kalo dari staiun bandung naek apa ya??
    berapa lama kira2 dari jakarta ke tangkuban perahu?
    trus di tangkuban nya ada penginapan nggak?
    rencana besok pagi mau kesana.balas

    BalasHapus
  23. kalo dari staiun bandung naek apa ya??
    berapa lama kira2 dari jakarta ke tangkuban perahu?
    trus di tangkuban nya ada penginapan nggak?
    rencana besok pagi mau kesana.balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang jawab, dis..

      Dari stasiun Bandung itu berarti St. Hall ya?

      Dari situ naik angkutan elf jurusan St. Hall - Lembang warna kuning gading. Boleh turun di Terminal Ledeng (ongkos 3000) kemudian dilanjutkan dengan elf lagi jurusan Bandung - Subang (ongkos 10000-15000, not so sure) dan turun di gerbang depan Tangkuban Parahu. Elf Bandung -Subang biasanya ada diluar terminal. Dari terminal menyebrang ke arah indomaret, lalu jalan sekitar 20 langkah ke arah kanan. Disitu banyak elf jurusan Subang lagi ngetem.

      Opsi kedua, naik elf St. Hall - Lembang turun di Pasar Lembang, lanjut naik elf ke arah Subang (kayaknya elf yang sama ama Bandung - Subang). Turun di depan gerbang Tangkuban Parahu. Ongkos gak tau. Seharusnya sih sama aja.

      Semoga bermanfaat!!

      Hapus
  24. aargghh.. bikin gw kangen lembang.. :(

    BalasHapus