Negara Bebas Visa dan VoA untuk Pemegang Passpor Indonesia

Salah satu hal yang saya dan para gembel perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: cari tau mana aja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia.

Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Lumayan, kan budget jalan-jalan jadi lebih gede. Hehehe...
.


Pertama, apa sih "Visa"?
"Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu." -
Kemudian ada istilah "bebas visa" dan ada "visa on arrival".

Bebas visa, artinya hanya perlu paspor saja untuk masuk ke negara tersebut.

Visa on Arrival (VoA), artinya setelah pemegang paspor tiba di bandara negara yang menerapkan VoA, pemegang paspor diwajibkan untuk mengurus visa dan membayar sejumlah biaya administrasi untuk bisa masuk ke dalam negara tersebut. Jadi, tidak perlu mengajukan permohonan visa ke Kedubes di negara asal, karena bisa langsung mengurus di negara tujuan. Biasanya VoA ini diperbolehkan untuk kunjungan singkat saja, seperti berlibur atau kunjungan sosial.

Dari berbagai sumber yang saya temukan, ada beberapa negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia :

Asia
  1. Brunei : 14 hari
  2. Kamboja : 30 hari
  3. Hong Kong : 30 hari
  4. Iran : 7-15 hari (VoA dengan Surat Sponsor)
  5. Yordania : 30 hari (VoA)
  6. Laos : 15-30 hari
  7. Macau : 30 hari
  8. Malaysia : 30 hari
  9. Maladewa/Maldives : 30 hari (VoA)
  10. Nepal : 30-60 hari (VoA)
  11. Oman : 30 hari (VoA)
  12. Filipina : 21 hari
  13. Singapura: 30 hari
  14. Sri Lanka : 30 hari (VoA)
  15. Thailand : 30 hari
  16. Timor Leste : 30 hari (VoA)
  17. Vietnam : 30 hari
Afrika
  1. Maroko : 90 hari
  2. Mozambique : 30 hari (VoA)
  3. Seychelles : 30 hari
  4. Tanzania : 3 bulan (VoA)
  5. Tazmania : 3 bulan (VoA)
  6. Zimbabwe : 3 bulan (VoA)
Oseania
  1. Kepulauan Cook : 31 hari
  2. Fiji : 120 hari
  3. Mikronesia : 30 hari
  4. Niue : 30 hari (VoA)
  5. Palau : 30 hari (VoA)
  6. Samoa : 60 hari
Amerika Selatan
  1. Chile : 90 hari
  2. Kolombia : 90 hari
  3. Ekuador : 90 hari
  4. Haiti : 3 bulan
  5. Peru : 90 hari
Amerika Utara
  1. Bermuda : 90 hari
  2. Saint Vincent & Grenadines : 1 bulan
Eropa
  1. Armenia : 120 hari (VoA)
  2. Georgia : 90 hari (VoA)
  3. Kosovo : 90 hari
  4. Turki : 30 hari

Yak! Ternyata banyak juga ya?? Mudah-mudahan informasinya bener nih. Karena dari berbagai sumber jadi banyak yang beda-beda juga informasinya. Jadi nanti dicek ulang lagi aja ke website negaranya ya.

Sebagai catatan, pastikan paspor Anda memiliki masa berlaku minimal 6 bulan sebelum hari keberangkatan. Seringkali imigrasi menolak paspor yang masa berlakunya sebentar lagi habis.




.

19 komentar:

  1. turki pake bukannya? on arrival

    BalasHapus
  2. cek blog ini ji ---> http://travel.kompas.com/read/2010/06/29/20285498/Indonesia-Turki.Sepakat.Bebas.Visa-14 turki dan indonesia baru kerjasama untuk membebaskan visa kedua negara

    BalasHapus
  3. great turki bebas visa! bermuda mantep tuh,beneran smpe 90 hari?

    BalasHapus
  4. @sabrina : iya beneran dah, mungkin karena waktu menuju ke bermuda nya lama dan sulit + kurangnya turis yang kesana jadi dilamain kali yah waktu visa nya, dan buat turki bebas visa diberlakukan baru tahun ini..jadi fresh from the oven :D

    BalasHapus
  5. Hai Whatever,

    setahu saya untuk Cambodia, Indonesian passport holder masih harus bayar buat Visa nya, karena baru baru ini kelaurga saya traveling k sana dan di suuh bayar buat Voa

    Untuk Kosovo, kebetulan temen saya baru baru ini nyoba buat traveling ke sana, sampe di sana dia di tahan satu hari terus dideportasi. Katanya, karena Indonesia belum mengakui kemerdekaan Kosovo, makanya Indonesian passport holder ga bisa masuk ke sana.

    BalasHapus
  6. wah thanks banget buat infonya gan, kebetulan 3 hari lagi saya ada round trip asia, saya sendiri pengen nanya kalo ke cambodia itu syarat VoA nya apa aja yah?? apa harus ada pas foto??

    BalasHapus
  7. enak tuh bebas visa
    cuma ngurus biaya kesana doang :D

    BalasHapus
  8. bang ane ijin copas artikel ini yak??
    udah ane sertain kok linknya

    BalasHapus
  9. kira2 harga tiket pesawat ke turki sekitar berapa yah gan?

    BalasHapus
  10. Hi @takdos

    boleh yah, saya copy plus edit artikelnya di http://www.travelseru.com/
    nanti saya akan sertakan sumbernya

    thanks

    BalasHapus
  11. mau tanya2 boleh ya mas2 & mbak2 yg ada di forum ni, sekedar kejelasan buat saya, saya skrg ini tinggal di istanbul, Turki..
    saya baru saja beli tiket ke pristina, kosovo buat travelling 2 hari, jg sekedar keperluar visa pas nanti balik lg ke istanbul, turki..
    jd gimana ni kira2 aman gak ni bayangan dari mbak2 & mas2 yg ad di forum ni kalo saya modal nekad aj masuk ke kosovo, intinya sih saya cm jalan 2 hari aj disana, krn saya beli tiketnya PP istanbul lg, terima kasih sebelumnya, sekedar mecahin rasa penasaran saya karena tiket udah terlanjur beli..

    BalasHapus
  12. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    BalasHapus