Lombok !!! Pantai Lo Keren Banget, S-U-M-P-A-H !!!

Selain cabe dan aneka kuliner super pedas, Lombok juga memiliki deretan pantai yang bisa dikasih ranking A-, kenapa A- bukannya A atau A+? Soalnya absensi Lombok pas kuliah agak jelek, tapi di bidang Matematika dia lumayan bagus kok. krik..krik..krik..

Ok, gue gak mau nge-garing lagi sekarang, karena apa yang akan gue tulis ini menyangkut keindahan yang sangat luar biasa keren. Sumpah, susu tumpah.

Letak Pulau Lombok yang berada di tengah-tengah Indonesia, memberikan keunikan tersendiri sama karakteristik pantai-pantainya. Mulai dari pantai dengan pasir putih yang halus bagaikan tepung terigu di warung Bu Setyo, pantai dengan warna air yang biru hingga hijau sampai pantai yang memiliki deretan batu karang besar dengan berbagai macam bentuk laguna. Subhanauloh sekali.

Disini gue mau nge-review satu-satu pantai yang udah gue kunjungi di Pulau lombok tentunya dengan tingkat ke-sok-tau-an gue yang sangat tinggi. So, here we go..


Pantai Gerupuk


Dengan menyandang nama Gerupuk, bukan berarti pantai ini memiliki pabrik kerupuk atau ada banyak kerupuk yang ngambang di pantainya. Bukan. Pantai Gerupuk yang berada di Lombok Tengah ini merupakan salah satu pantai yang memiliki keindahan pemandangan pantai yang edan.

Selain itu, di Pantai Gerupuk juga terdapat budidaya rumput laut yang dikelola oleh warga sekitar. Bahkan disekitar bibir pantainya ada juga loh rumput laut-rumput laut nganggur yang bisa lo makan secara gratis. Entahlah setelah mendengar di Pantai Gerupuk ada budidaya rumput laut, gue mendadak ngidam pepes ikan. Sungguh tidak nyambung.


Pantai Tanjung Aan


Ingin merasakan sensasi yang berbeda? Berkunjunglah ke Pantai Tanjung Aan, pantai yang masih bersebelahan dengan Pantai Kuta Lombok ini memiliki keunikan tersendiri, dua jenis pasir yang berbeda di satu pantai yang sama. Lo bisa merasakan butiran pasir sebesar biji merica kalo lo jalan disekitar bibir pantainya, tetapi saat lo sedikit agak naik ke bukit yang berada disebelah pantai, maka hamparan pasir halus-lah yang akan lo injek. Keren kan?

Suasana Pantai Tanjung Aan emang rada sepi dan enak buat leyeh-leyeh, tapi lo bakal terganggu oleh para penduduk lokal yang gak segan-segan ngejar lo ampe ke mobil buat nawarin barang jualan mereka. Saat gue udah nolak-nolak buat beli barang yang dijajakan oleh seorang anak kecil, dia malah ngambek dan mukulin mobil karena kesel dagangannya gak di beli. Tai bangetkan? Pengen banget gue lindes tuh anak pake mobil, tapi sayang, gue takut kepala gue putus ditebas sama golok bapaknya.


Pantai Kuta Lombok



Bali punya Kuta? Jangan salah, Lombok juga punya Kuta loh, dan menurut gue Pantai Kuta di Lombok lebih keren daripada Pantai Kuta di Bali yang banyak cowboy pantai-nya. iyuuuuh. #muntah

Dalam jajaran pantai-pantai di Lombok Tengah, Pantai Kuta lah yang paling banyak didatangi oleh para wisatawan. Pantai-nya memang agak tidak cocok untuk berenang karena banyaknya batu karang di bibir pantai. Tapi cobalah lo dateng ke Pantai Kuta ini di bulan Februari, disaat lima hari setelah malam bulan purnama menurut penanggalan sasak.

Pantai Kuta ini akan sangat penuh dijejali oleh para wisatawan yang datang untuk menghadiri festival atau perayaan Bau Nyale, yaitu perayaan mengambil cacing laut. Yang katanya rame-nya itu melebihi mall mall Jakarta yang sedang mengadakan midnite sale. Percayalah.


Kenapa bisa se-rame itu? Konon festival Bau Nyale (menangkap cacing) ini sudah ada sejak dulu kala. Legenda dibalik festival ini adalah adanya kisah dari Putri "Nyale" Mandalika, dahulu kala Putri Mandalika yang terkenal cantik rupawan dengan rambutnya yang menjuntai indah bergelombang seperti lautan (nyalon dimanakah dia?) sangat banyak disukai oleh para pangeran-pangeran kerajaan tetangga. Jadi, karena saking banyaknya pangeran yang memperebutkan dia, akhirnya si Putri Mandalika menjadi stress dan galau berkepanjangan. Terlihat dari status status twitter-nya di @PutriMandalika. berikut adalah status-status terakhir yang gue copas dari twitter si putri.

"Ih, kOq b4nY4k BaNgeUdh YaN9 ChuKaa mA aQoh Eaaa..aQ BinUn PiL1h Y4nG MaNa, Ahh 4qOh BuNuH diR1 Aj4 aCh.."

"4Qoh UdAcH cUkuP CabAl eAaaa.."

Gila kan doi?? kalo kita mah galau paling banterkan showeran, nah doi galaunya bunuh diri man, hati-hati sama cewe Lombok Man..

Dan akhirnya ketika galau udah berkepanjangan si Putri Mandalika mengumpulkan semua pangeran di Pantai Kuta tentu dengan mengumumkannya melalui twitter. Saking banyaknya followers si Putri Mandalika, maka banyak juga pangeran dan penduduk yang datang ke pantai itu. Setelah semua berkumpul, Putri Mandalika ini naik ke salah satu onggokan batu karang besar. Dengan wajah sayu dan lirih Si Putri Mandalika menerjunkan dirinya sendiri ke lautan disertai deburan ombak dan gemuruh petir (hampir mirip film-film Indosiar gitu). Beberapa menit kemudian sang putri tidak muncul kepermukaan, malah muncul ribuan cacing berwarna-warni yang diduga adalah jelmaan dari Putri Mandalika. Selesai.

Cacing Laut a.k.a Nyale
Gue cukup sedih denger cerita tentang Putri Mandalika itu, bukan karena dia Bunuh diri dengan tragis. Tapi karena dia adalah Wanita Galau, Labil dan Alay. Sekian.


Pantai Senggigi


Pantai yang paling terkenal di Lombok setelah pantai-pantai gili ini memang keren juga. Konon Pantai Senggigi ini memiliki batu koral berwarna biru yang terhampar luas dan hanya ada dua di dunia. satu lagi entahlah gue gak tau dimana. Disini juga adalah termasuk kawasan yang agak mahal karena terdapat banyak resort-resort pinggir pantai. Daripada banyak cing-cong-ceng karena gue juga udah cape nulisnya. Jadi silahkan langsung nikmati gambarnya.


Oh iya..hampir gue lupa, status terakhir sebelum si Putri Mandalika loncat adalah..

"CoMmeNt TuLis4n Si AdiS eAaa"


32 komentar:

  1. tulisannya bikin Lombok makin masauk daftar kunjungan liburan..
    cara lo nulis cerita putri mandalika juga paraaaah cuy..sayang dia keburu mati sebelum gw folloe twitternya -__-

    BalasHapus
  2. BUAHAHAHAHA..
    sayang sekali bang lo gak sempet follow dia. denger2 twitter doi udah di protect sekarang #makinngawur

    main-main ke Lombok bang, kuliner enak, apa-apa murah (makan pake duit 3000 perak juga cukup), pantainya keren-keren, dan satu lagi cewe-nya lumayan cakep. :D

    BalasHapus
  3. huahauhau...
    catatan elu bikin gue makin bangga sama tanah kelahiran gue, Dis!

    dan bikin gue penasaran buat nge-follow tuiter si @PutriMandalika

    LOL

    BalasHapus
  4. @Bro Lalu : bayar mahal lu udah gue promosiin nih Lombok. harusnya gue dihadiahi nobel sama pemerintah Lombok. huahahhaa..

    eh udah gue bilang diatas, twitter si putri udah di protect atau mungkin udah di remove. -___-"

    BalasHapus
  5. siaaap..tar brangkat ke lombok ah..
    tapi koq mandalika yang cantik malah jadi cacing ya jelmaannya..??ngga banget..
    klo ada film nya judulnya pasti "azab putri galau" hahaha

    BalasHapus
  6. BUAHAHAHHAA..iya kenapa dia tidak memilih menjadi gorilla atau naga indosiar yang agak kerenan dikit yah bang. huahahhahaa..

    BalasHapus
  7. aseemm.. keren banget foto2nya.. sumpahhh, saya ngiri...hehehhe.. :D

    BalasHapus
  8. @rezky : halooo cewe :D hihihi..ayok main main jelajah Indonesia :D

    BalasHapus
  9. ajibbbb keren bgt
    bro minta info hotel murah nan bersih donk?
    :)
    salam kenal yee
    blog lw ajib bgt dahh (y)

    BalasHapus
  10. @febrian : hehe makasih broh, hotel dmn?? lombok??

    BalasHapus
  11. ia om hotel di lombok
    gw da follow twitter lw bro, jgn lupa di folback
    kl gk folback ati" aj lw
    hahaha
    salam kenal yee
    *cipokk

    BalasHapus
  12. di daerah jajaran pantai kuta-nya sih ada banyak hostel, cuma gue ga tau berapaan harganya. kalo gue waktu itu nginepnya didaerah mataram.

    BalasHapus
  13. Bro...
    Pantai kuta klo dari Praya brapa jauh?

    BalasHapus
  14. wah gue ga tau berapa jauhnya sih bro, cuma kalo mau ke pantai kuta jalannya ke arah bandara internasiol yang baru aja, ke arah timur, nah ga jauh kok dari situ pantainya. ada angkutan umum, cuma jarang. lebih baik bawa kendaraan sendiri.

    BalasHapus
  15. broo..
    cerita detail ttg backpack nya di lombok doonk..

    sekalian naek apa aja
    nginep dimana
    cost nya,,
    =)

    mau backpack juga nii
    tapi masi butuh bimbingan
    hahhaa

    email yah
    [email protected]

    thank you

    BalasHapus
  16. boleh tau rincian biaya-nya saberaha ieu kang ?
    pengen bgt ey urang ka lombok...
    :)

    BalasHapus
  17. wah ane waktu itu gratis broh, dibayari program ACI detik.com hehe..

    BalasHapus
  18. ITUHHH CACING YG DI PANTAI KUTA LOMBOK EMNG WARNI WARNI GITU YAAHHH,ATW DIKSH PEWARNA KIANN,,,XIXIXXIXI

    BalasHapus
  19. yang gue mau nanya,tanjung aan itu sebelah mananya kuta sih dis? perasaan sepanjang jalan pantenya itu2 aja. pante itu2 aja yang luar biasa cakep. pffttt. sayang jauh bet dari mataram. dan nyewa mobil dsni juga ga kek di bali. mahal broh -____________-" anw,suda nyoba sate ikan? lebi enyak dari sate bulayak :p~

    BalasHapus
    Balasan
    1. ujung banget jajaran pantai kuta~ udah nyoba semua dong si gueeeeee..hahay

      Hapus
  20. beeeuuuhhhhh.....memang alam indonesia tiada duanya.....i like it...kapan ya bisa ke pantai ini..(sepertinya hanya mimpi)...hiks...hiks

    BalasHapus
  21. Halo nice blog gue suka gaya nulis lo :3
    Btw lo ke sana pas ada festival itu?

    BalasHapus
  22. setelah gw baca tulisan sang putri galau, gw mem"blacklist" lombok dr tujuan wisata gw. demi kepentingan cewek2 di lombok supaya gak galau apalagi pindah kelain hati dan berakhir seperti si putri alay tsb.

    BalasHapus
  23. kereeeenn pantainya juaraa.....

    BalasHapus
  24. Abang Adis, yang Pantai Senggigi itu, itu Pantai Malimbu 2...di sekitaran situ ya cuma ada pantai dan penjual pinggir jalan, nggak ada penginapan yang mahal2...

    BalasHapus
  25. salah satu tempat wisata yang di idamkan

    BalasHapus