Torowamba dan Torotengge, Keindahan yang tergerus Bisnis

Torowamba
Melanjutkan trip gue di Sumbawa, Pantai Torowamba adalah destinasi selanjutnya. Orang bilang nyari jarum ditumpukan jerami itu sulit, nah nyari Pantai Torowamba ini lebih sulit lagi guys. Sesulit nyari orang jujur di gedung DPR. Sulit bangetkan?

Perjalanan gue menuju Pantai Torowamba penuh perjuangan, jalanan jelek, cuaca panas kaya ada kompor diatas kepala lo, jarak yang jauh, bedak yang meluntur, ketek yang basah ampe lokasi pantai yang antah berantah membuat perjalanan ini semakin menegangkan. Semakin membuat galau.

Ngelewatin Pemukiman Suku Bugis dengan Kapal Pinisinya

Nemu beginian
Banyak orang yang udah kita tanya gak tau tempat yang kita maksud, ampe kita sempet kesasar gitu di hutan yang banyak pohon durinya. Sumpah nih, kalo ada yang ngerampok kita saat itu mungkin gak akan ada yang bisa nolong kita. Bahkan Superman pun gak akan bisa nolong kita. Percaya sama gue.

Jalanan Tanah dengan Suhu Udara tinggi. Gue ngidam kulkas disini
Putus asa sama perjalanan yang udah kalang kabut, kita akhirnya gak nemu Pantai Torowamba, melainkan Pantai Torotengge yang kita temui. Mengobati kekecewaan, ternyata Pantai Torotengge ini lumayan keren.

Pantai yang memang bukan buat berenang karena ditutupi oleh batu-batu karang hitam memberi pesona berbeda dengan adanya background gunung berapi ditengah laut. Yah, Gunung Sangiang yang melegenda. Kenapa melegenda? karena belom pernah ada ekspedisi yang mencapai puncak gunung tersebut. Yaiyalah, wong masih aktif.

 Megahnya Gunung Sangiang dibalik Pantai Torotengge
Another view from Torotengge

Karena kita bukan petualang cupu yang gampang nyerah, besoknya kita coba cari lagi Pantai Torowamba setelah sebelumnya bakar menyan dulu biar diberi petunjuk ke Pantai Torowamba. Dan Hoplaaaa..Pantai yang dicari-cari akhirnya berhasil kita temukan, bersembunyi di balik biadab-nya tambak udang yang menghancurkan keindahan pantai.

Tambak Udang. Paraaah !!!
Sayang seribu sayang, Pantai Torowamba yang indah dengan pasir putihnya yang halus harus ditelantarkan begitu saja gak ke-urus. Mungkin karena cuaca yang ekstrim serta akses yang sulit membuat cottage-cottage cantik beserta panorama memukau disana ditinggalkan begitu saja.


 The Excoticm of Torowamba Beach




Tidak cukup hanya mencintai Indonesia. Tapi jaga dan lestarikanlah kekayaan Indonesia.
 Know It, Love It and Keep It.


7 komentar:

  1. anjirrrr keren abis nih pantainya!

    BalasHapus
  2. Gue suka ama perpaduan langit biru dan lautannya. kece pisan lah. haha

    BalasHapus
  3. Really fascinating post. Esp. the actual appears accustomed to assistance the top. I'd not have access to observed this by myself. Will need to appear very carefully from aged pictures to determine this particular function.


    英雄联盟代练  elo boost  Fifa 15 Coins  League of legends boosting

    BalasHapus