Catatan Penghujung Tahun 2011

Catatan Penghujung Tahun Whatever I'm Backpacker

Hello Guys, Sebagaimana kebanyakan orang yang akan menghadapi tahun yang baru. Mereka pasti bakal mengenang lagi apa saja yang mereka dapatkan, lewati, syukuri bahkan tinggalkan di tahun yang mereka lewati.

So, di postingan kali ini Gue bakal mengenang kembali apa yang pernah gue rasakan di Tahun 2011. Catatan yang jujur dari dalam hati, catatan seorang yang mencari jati diri-nya, dan belajar dari proses untuk mendewasakan diri. So, here we go, Guys !!


Januari 2011

Big Buddha, Phuket Thailand

Nampaknya ini bulan dimana Gue tahu apa yang menjadi minat diri, tahun dimana pertama kali dapet passion yang belum Gue sadari. Yah, backpacking !! melihat berbagai macam keindahan yang Tuhan suguhkan di tempat bernama Planet Bumi. meng-explore semua yang nampak terlihat indah, merasakan semua yang bisa membuat gue merasa inilah yang harus Gue kejar.

Trip pertama gue sebagai Backpacker adalah Phuket Thailand pada tanggal 17 Januari. Dengan berbekal uang seadanya dan petuah-petuah keren dari guru backpacker gue, yaitu Mas Ariyanto. Gue dengan gagah berani dan berpakaian lengkap, pergi mengunjungi Phuket. (Sumpah Gue gak telanjang)


Februari 2011

Marina Bay Sands, Singapur

Trip pertama gue ke Thailand membuahkan penyakit bernama "Virus Backpacker" !! Gue jadi addict sama yang namanya traveling !! Gue lupa diri, gue lupa nabung dan gue lupa siapa presiden Kongo cuma gara-gara yang namanya "traveling" !!

Karena virus sudah menjalar cepat, akhirnya pas nyampe banget Indonesia sepulangnya dari Thailand. Gue ditodong temen buat beli tiket ke Singapur. Gue diajak Backpacking-an lagi bulan Februari. Tanpa penolakan, akhirnya gue beli juga tuh tiket, dan akan pergi pada tanggal 17 Februari !! Traveling is never enough !!

Dengan uang 550.000 rupiah dan tiket di tangan, gue beserta 2 orang temen berangkat menuju Singapur (sebenernya gak berdua doang, sebenernya masih banyak penumpang di pesawat itu #yaiyalah). Mengelilingi Singapur dan kota tua di Melaka Malaysia, Gue cuma ngabisin duit 547.000 selama 4 hari 3 malam. Ini makin bikin gue jadi gila traveling murah !!


Maret 2011

Whatever I'm Backpacker
 
Tanggal 13 Maret 2011 adalah tanggal dimana lahirnya blog ini. Blog yang menjadi pedoman buat beberapa orang pembaca blog gue. Menulis menjadi salah satu hobi gue selain backpacking dan melorotin celana terus lari-lari binal keliling komplek.

Sejurus banyaknya postingan yang gue buat tentang backpacker-an, semakin banyak juga orang yang mulai nanya-nanya ke gue. Bukan nanya hutang, tapi nanya tentang backpacker-an yee..

Bukan cuma jalan-jalan murah, Gue pun sekarang jadi hobi banget sama nulis dan share cerita-cerita backpacking-an gue. Dan gue harap kalian bisa ngambil sesuatu yang bermanfaat dari apa yang gue tulis :)

Di bulan ini juga gue bersama 3 temen gila gue pergi ke Pantai Sawarna buat backpacker-an dan nyari mushroom. muahahaha..


April 2011

GWK, Bali

Backpacking pertama kalinya bareng cewek yang waktu itu statusnya sebagai pacar gue. Yups, gue backpacker-an bareng pacar ke Bali, mengunjungi beberapa tempat menarik dan indah di Bali untuk pertama kalinya. Backpacker-an bareng pacar tentunya ada seru dan ada bete-nya juga. But, overall sih seru-seru aja. Gak ada traveling yang gak seru loh !!


Mei 2011

Bulan dimana gue akan bertambah tua, bulan Mei menjadi bulan yang cekak buat gue. Setelah beberapa trip diawal bulan, alhasil dompet gue isinya cuma KTP, SIM sama lalat mati doang. Gue bangkrut !! Gak banyak yang bisa gue ceritain di bulan mei.


Juni 2011

Derawan, Kalimantan Timur

Setelah nabung-nabung, akhirnya Juni gue akan berangkat trip keliling SEA !! Kesialan tak diharapkan, gue ketinggalan pesawat ke Vietnam dan harus berbelok arah ke Kalimantan Timur. Implusif sekaligus bodoh memang, secara spontan gue beli tiket pesawat ke Balikpapan on the spot karena tanggung udah di Cengkareng.

Tapi Kalimantan memberikan gue pembelajaran yang gak akan pernah gue lupain seumur hidup. Kalimantan akhirnya menjadi "penyadar" gue bahwa passion gue adalah traveling. Menjelajahi berbagai macam keindahan di Dunia.

Proses pendewasaan gue dimulai di Kalimantan. Gue, untuk pertama kalinya tahu dan merasakan langsung bagaimana cara survive untuk menjadi backpacker, bertemu banyak malaikat penolong, dan tahu kearifan lokal yah yang bisa bikin gue excited melihat dunia ini. Kalimantan adalah awal dari hidup gue yang penuh warna !!

Banyak banget yang gue ambil dan gue pelajari di bulan juni. Gue gak nyesel ketinggalan pesawat ke Vietnam. Malah gue bersyukur atas keterlambatan gue dateng ke Bandara. Tidak ada Kalimantan, tidak ada gue yang sekarang.


Juli 2011

Pas Wawancara nih !! cuma gue yang bawa Bendera Indonesia

Gue kepilih jadi 750 petualang yang terseleksi dalam program ACI detik.com (program keliling Indonesia gratis !!) Gue diundang ke kantor detik di Jakarta untuk wawancara, tetapi setelah beberapa minggu menunggu, gue ternyata gak masuk menjadi 60 besarnya. Gue gak kepilih menjadi peserta yang akan keliling Indonesia gratis. Tapi gak apa-apa, Gue udah bangga banget terpilih jadi 750 besar dari 75.000 pendaftar.


Agustus 2011

Hobi gue ternyata membawa musibah. Maksudnya bukan menyalahkan hobi gue dalam hal backpacker-an, tetapi menjadi seorang backpacker pun harus bisa menjadi tuan rumah yang baik. Pertengahan bulan gue didatangi teman backpacker yang gue kenal di sebuah forum. Dia menginap di rumah setelah gue ajak keliling-keliling Bandung.

Saat terbangun pada pagi harinya, gue ngeliat barang-barang gue seperti dompet, handphone dan kamera digital gue hilang digondol teman yang numpang nginep di rumah gue dan berpura-pura menjadi backpacker. Gue cuma bisa pasrah aja. Coba buat nerima kejadian itu dan ikhlas dengan apa yang Dia ambil dari gue. Mungkin itu bukan rezeki gue.


September 2011

Bukti nih bukti !!

Habis gelap terbitlah terang. Habis pengalaman sial di bulan agustus, terbitlah berita mengembirakan di bulan september. Sore hari yang mendung, gue nerima telepon dari detik.com, dan gue ternyata masuk sebagai peserta ACI untuk menggantikan peserta lain yang gak bisa mengikuti program tersebut. Lucky Me !! Gue bakal jalan-jalan gratis !! Passion gue berbuah manis di bulan september. Rezeki memang gak kemana.


Oktober 2011

My Class-Mates

Ada yang didapatkan, ada juga yang dikorbankan. Oktober menjadi bulan terberat buat gue. Gue harus rela meninggalkan kuliah untuk mengikuti program ACI detik.com. Berani mengambil resiko untuk mengejar apa yang menjadi passion untuk diri gue.

Hal yang paling berat buat gue bukan meninggalkan kuliah dan bangunan bernama kampus. Tapi gue harus rela juga meninggalkan teman sekelas yang sudah menemani gue hampir 3 tahun. Jujur, gue kehilangan mereka. Canda tawa dan kebodohan-kebodohan gue di kelas dengan teman-teman gak akan pernah gue rasain lagi. :(


November 2011

Petualang ACI :)

Trip keliling NTB dari ACI detik.com adalah apa yang menjadi hadiah untuk kehilangan status gue sebagai mahasiswa. Tapi dari program itu, selain mendapatkan pengalaman baru meng-explore NTB. Gue juga dapat 59 keluarga baru. Keluarga para petualang ACI detik.com. Tentunya itu gak bisa dibayar dan dibeli pakai uang seberapapun. Gue ngambil keputusan yang gak akan pernah gue sesali. Cuma pecundang yang menyesal sama keputusannya sendiri !!


Desember 2011

Penutup tahun yang indah. Gue bakalan keliling Asia Tenggara lagi, tapi sekarang gue gak sendiri. Gue bakal ditemani sama sang kekasih. Yah, kita bakalan trip bareng pada bulan Januari nanti.

Renungan selama tahun 2011 juga muncul di bulan desember, apa yang sudah gue lewatin, apa yang sudah gue dapatkan, apa yang sudah gue alami, dan apa yang sudah gue korbankan di tahun 2011, mudah-mudahan akan menjadi bekal yang baik untuk kedepannya.

2011 adalah tahun terbaik yang telah dan pernah gue rasakan. Tahun dimana gue menemukan apa yang gue sebut passion. Tahun dimana gue akan menjadi orang yang lebih baik dari tahun sebelumnya :)


Resolusi 2012

Gak mau muluk-muluk dalam membuat resolusi. Tapi gue pengen banget di tahun 2012 ini buku backpacker gue terbit, gue juga pengen nambah trip ke 10 negara dan 10 provinsi di Indonesia. Semoga semua-nya bisa berjalan dengan lancar :)

Terima kasih 2011 !! Terima kasih untuk segala yang tahun ini berikan sama gue.

20 komentar:

  1. bener2 berwarna ya 2011 nya, lucky to be you! :)

    BalasHapus
  2. cieee akhirnya nepatin janji jadi yang ngasih komen pertama hihi..kirain bakalan sama orang lain :D

    BalasHapus
  3. cerita idup nya miris bgt mas! jd bersemangat gini saya abis ngeliatnya. hha
    semanga selalu dah buat semangatnya!!
    semoga gw jg bs jd backpacker yg baik.. amin!!

    BalasHapus
  4. @brajannoto : hahaha miris apaan deh? malah penuh warna banget, ada seneng ada sedihnya juga hehe..ayok semangat terus bertualang !! dunia butuh orang-orang yang mau membagi keindahannya :D

    BalasHapus
  5. Bosen di rumah sendirian, google2x eh ketemu blog ini dan gak bisa tidur sampe pagi karena keasikan bacanya. Walaupun saya sama sekali bukan seorang backpacker tetapi saya salut dengan keberaniannya dalam mengambil keputusan yang tidak gampang dan selalu bisa berpikir positif apapun yang terjadi. Saya aja yang lebih tua belom tentu bisa hehehe. Tahun 2011 tidak bisa dibilang tahun yang bagus untuk saya. Semoga tahun 2012 saya bisa put dream into passion into action seperti Mas.

    Semoga sukses dengan future travelnya dan untuk goal menerbitkan buku.Saya dulu seneng sekali baca blognya seorang blogger terkenal di Indo yang lalu menjadi penulis. Eh tapi setelah buku2nya terbit, blognya kok malah update an nya semua ttg promosi buku2nya dia doang. Mana ceritanya? kok jadi super komersil dan superficial. Blog itu kan main purposenya untuk sharing, kok buat kulakan mending bikin website :P. Mudah2x an Mas bisa tetep buat blog nya tetap menarik walaupun bukunya sudah best seller ya!

    BalasHapus
  6. wah keren cerita traveling nya,kata2 yg paling gw demen "Hanya Pecundang yg menyesali keputusan nya sendiri" jempol dah buat si agan ini.

    klo berkenan main ke blog ane jg gan,sori klo cerita nya ga sebagus cerita ente :D http://paragembelgembel.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. @seorang anonim : halo gan (karena ga tau mba apa mas) hehe makasih udah baca dan menikmati tulisan amburadul saya hahaha..Amin, semoga 2012 kita akan semakin maju maju maju..ayooo majuu..majuuu..Indonesiaaa tanah air kuu.. #mendadaknyanyi

    Dan untuk buku, insyaalah tidak akan promosi berlebihan, menulis tetep sesering mungkin di blog..tentang promosi buku mungkin akan disimpan di widgetnya saja (padahal bukunya belom ada tapi sok sok-an aja hahaha..)

    Makasih doa best seller-nya, tapi lebih baik doain bukunya terbit dulu HUAHAHAHAHHAA..makasih sekali lagi :D

    BalasHapus
  8. @anugerah : seperti apa pepatah bilang : sedia payung sebelum hujan, janganlah murung jalau gak dikasih jajan. (apa coba)

    udah main ke blog nya gan, udah di comment juga hehe..makasih yah :D

    BalasHapus
  9. gila, ada traveler muda yang mempunyai tekad kuat dengan traveling dia bisa membangun Indonesia. salut buat adis.

    BalasHapus
  10. @sigit : Halo sigit, makasih yee hehehe..amin amin, semoga gue bisa berkontribusi untuk pariwisata Indonesia nantinya :D

    BalasHapus
  11. Bro, selama thn 2012 lo kerjaannya ngapain? Selain traveling pastinya ya... Trs lo dpt uang buat traveling drmn?

    BalasHapus
  12. gue kerjanya jalan-jalan sambil nulis buku, kebetulan buku gue udah mau cetak. dapet duit bisa drmn aja broh, dari jual barang ampe jual beli barang :D

    BalasHapus
  13. Keren banget Bli blog nya.... Update terus ya bli .... Sukses selalu

    BalasHapus
  14. paling kalau saya ke singaparna hahaha...

    BalasHapus