Harus Berani Traveling Sendiri !!


Lagi-lagi ide postingan ini gue dapat dari twitter, beberapa teman di twitter gue suka nanya "gimana sih caranya traveling sendiri ??" | "gue gak berani traveling sendiri ah.." | "aman gak yah traveling sendirian, apalagi cewek ??" "lo kok berani traveling sendirian ??" | "gimana sih cara numbuhin keberanian buat traveling sendiri ??" | atau "gimana sih rasa indomie soto gajah ??"

Beberapa pertanyaan itu mulai menumbuhkan pertanyaan baru buat gue sendiri "memang sulit yah traveling sendiri ?? Kan tinggal packing terus pergi doang.."

Tapi ternyata kenyataannya tidak se-simple itu, banyak faktor yang membuat kita jiper duluan sebelum pergi. Mungkin beberapa faktornya adalah masalah makanan, uang, ketakutan nyasar, kesepian dan yang paling banyak menjadi penghambat seseorang untuk traveling sendirian adalah masalah keamanan ! Right ??

Sebenarnya ketakutan akan beberapa faktor yang menghambat kita untuk menjadi solo traveling adalah adanya hal yang mengganjal dalam diri kita sendiri. Saat pertama gue traveling ke Thailand, gue gugup, takut dan mendadak jadi cupu walaupun gue memang cupu -___-".

Gue takut nyasar disana, gue takut kalo gue sakit siapa yang nyuapin bubur ke mulut gue, gue takut kalo lagi jalan malem-malem diperkosa bencong dan banyak lagi ketakutan-ketakutan lain. Lantas gue berpikir, kalo gue takut gue gak akan pernah jalan !! Toh, ke-apes-an bisa terjadi dimana saja. Jangankan di Luar negeri, di depan rumah aja lo bisa ditusuk terus mati !! Jadi stigma tersebut menumbuhkan ke-nekat-an gue untuk berani pergi sendiri. Ke tempat yang sama sekali asing buat gue !!

Nah dalam postingan ini, gue mau membagi beberapa tips buat kalian yang pengen traveling sendiri untuk pertama kali, terutama ke luar negeri, baik cewe maupun cowo apalagi bencong, bisa baca tulisan ini.

1. Buatlah itinerary perjalanan, kenapa ?? Karena ini akan memudahkan lo untuk mengetahui step-step kemana lo akan melangkah. Lo bisa buat garis besar itinerary perjalanan yang akan lo lakukan, ataupun kalau lo orang yang parno-an. Lo bisa bikin itinerary se-detail mungkin, seperti naik kendaraan apa, tidur dimana, beli makanan dimana sampai ngelangkah pake kaki kiri duluan apa kanan duluan. Pokoknya detail banget !!

2. Persiapkan barang bawaan dengan teliti. Pakaian, chargeran, jaket, alat mandi, Identitas diri, dan sebagainya. (detail-nya lo bisa lihat di tulisan gue yang ini --> Apa saja yang harus dibawa untuk backpacking ke Luar negeri)

Barang bawaan gue nih kalo backpackeran :D
3. Bahasa Inggris. Biasakan lagi berbicara bahasa inggris, lo gak harus kuliah sastra Inggris dulu buat bakal lo traveling. Di Asia Tenggara, dengan modal bahasa Inggris setingkat kelas 2 SMP di Inggris, lo sudah bisa berkomunikasi kok. Seenggaknya lo tau yang basic-basic-nya, kaya nanya tempat, nanya harga dan nanya sudah punya pacar apa belum ?? (Mau traveling apa nyari jodoh ??)

Walaupun ternyata bahasa Inggris lo dibawah rata-rata waktu SMP, jangan khawatir !! Kita masih punya bahasa Internasional lain yang insyaallah di mengerti semua pihak, Yaitu BahasaTarzan Huu..Huu..Haa..Haa..

4. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya, lo bisa googling atau tanya-tanya sama yang sudah pergi ke destinasi yang mau lo tuju. Sesampainya disana pun, jangan malu bertanya kepada warga lokal, rata-rata mereka akan membantu sebisa mereka bila ada turis dari negara lain yang kebingungan. Tapi jangan juga nanya berapa uang direkening dia, gak sopan !! Pokoknya tanya deh kalau gak tau, kan ada pepatah bilang tuh "Malu Bertanya Sesat di Jamban"

5.  Jangan gampang percaya sama orang !! Musyrik !! Percaya tuh sama Tuhan !!

6. Jangan terlalu baik sama orang dan jangan terlalu mau dibaikin sama orang. Biasanya kalau orang yang baru kita kenal tapi sudah baik banget sama kita, waspadalah !! Biasanya ada udang dibalik siomay !! Jaga jarak adalah salah satu cara menghindar paling keceh.

7. Tersenyumlah dan bersikap ramah terhadap semua orang dan benda. Kalau perlu senyumin juga tiang listrik sama tempat sampah, itu akan menambah nilai keimanan lo di mata Tuhan.

8. Simpan dengan super duper ketat apa yang dinamakan identitas diri (KTP atau Passpor) Jangan pernah sekali-kali ditinggalkan atau dititipkan kepada orang lain. Bila perlu beli body wallet (dompet yang diikatkan ke badan) Kehilangan passpor berarti kiamat tingkat 7 !!

9. Simpanlah uang dibeberapa tempat, bisa sebagian di dompet, sebagian di backpack dan sebagian lagi kasih gue. Jadi, misalnya saat uang di dompet lo hilang, lo gak akan kebakaran jenggot, karena lo masih punya simpanan uang di backpack, tapi uang yang lo kasih ke gue gak bisa lo minta lagi. Cerdas kan ??

10. Hati-hati dengan pemberian orang yang gak lo kenal, misalnya lo dikasih roti. Lo gak tau kan isi dalem roti itu apa? Bisa aja didalemnya ada obat bius, atau uang 100rebu !! lo gak mau kan makan uang 100rebu ?? #yakali

11. Buat cewe, jangan jalan-jalan sampai larut malam, hindari tempat sepi nan mencekam. Bila diajak oleh orang lain untuk ikut dengan dia, teliti dulu apakah  kaki-nya napak tanah atau ngga. Siapa tahu dia Toro Margen si Uka Uka.

12. Bersahabatlah dengan traveler lain, terutama solo traveler juga. Biasanya mereka lebih welcome karena kesamaan nasib (traveling sendiri) siapa tahu kalian bisa share penginapan atau saling ngelonin minyak angin pas mau tidur. Nambah temen itu asyik !!

13. Balik lagi masalah ID, alangkah lebih baiknya lo scan dulu passpor dan identitas lain ke dalam bentuk file, lalu simpan di email lo. Bila sewaktu-waktu Passpornya hilang, masih ada back-up-an yang bisa lo claim.

14. Kuatkan mental dan nyali. Traveling sendiri bukan hanya tentang perjalanan, lebih dari itu, menjadi solo traveler adalah mempelajari diri lo sendiri.

Yah, begitu saja tips yang baru kepikiran di otak gue. Intinya jangan pernah takut untuk meng-explore dunia, even lo seorang diri. Karena dari apa yang gue tulis di no. 14, dengan traveling sendiri, lo akan lebih mengetahui jati diri lo. Lo akan lebih banyak dapat pembelajaran untuk diri lo sendiri, lo akan tahu kapasitas lo segimana.

Traveling sendiri itu menyenangkan dan sangat menyenangkan !! Yang gak menyenangkannya adalah gak ada yang bisa diminta terus-terusan moto-in kita. Last, beberapa quote dari gue dan beberapa sahabat gue, sebagai penyemangat lo untuk berani traveling sendiri..

"kalau Anda berkutat dengan kekhawatiran soal keamanan dalam traveling, maka Anda tidak akan kemana-mana. Masuklah kekamar Anda, kunci pintu kamar, tidur manis di kasur empuk Anda, dan Anda akan aman" - Ariyanto

"Hidup ini indah kawan, jangan sia-sia kan masa mudamu. Petualanganku tak akan pernah berhenti selama bumi ini masih berputar" - Niken

"Traveling bukan hanya sekedar jalan-jalan dan melihat keindahaan suatu destinasi. Lebih dari itu, traveling adalah salah satu mata pelajaran untuk hidup lo, yang gak akan lo bisa dapatkan di sebuah ruangan bernama kelas !!" - Gue, 21 tahun, Mahasiswa putus kuliah. #PembelaanDiri


81 komentar:

  1. Haha.. nice & witty tips dis.. :D

    BalasHapus
  2. @ka titiw : hehe makasih ka titiw yang keceh :)

    BalasHapus
  3. hahahah asik deh gan tipsnya. saya belom pernah solo ke luar negri nih, smoga aja bisa tahun ini :D

    BalasHapus
  4. jadi inget omongan Trinity: worrying gets you nowhere.

    Yo wes lah, sing penting jalan-jalan.
    Btw, kunyuk di pojok kiri bawah ini ganggu banget ya? *keluh*

    Salam,


    ~Adie~
    http://kisahhantulaut.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. @Nabila : Sooook atuh tinggal berangkat, apalagi yang ditakutkan ??

    BalasHapus
  6. @bro adie : MUAHAHAHAHAHA..itu namanya siluman lele, pemanis blog gue hahaha

    BalasHapus
  7. Wohooo...bikin postingan ini special buat gw yak?? wkwkwkkwkwk.. :p tips'y okeh bngt bikin ingin buru2 backpackeran terutama yg masih ragu2 kya gw hehe..tp suatu saat pasti gw bisa backpackeran sndri klo mendapat doa restu dari bapa dan emak #halah

    BalasHapus
  8. makanyah bawa tripod sama remote, biar bisa foto2 sendiri dengan bebas *pengalaman solo traveling

    BalasHapus
  9. salam kenal

    ketawa saya sendiri membaca this entry hehehe. 100% setuju dgn anda,kalau semuanya tidak berani utk dilakukan better tinggal aje dirumah, tidak perlu kemana-mana :D

    BalasHapus
  10. @icha : sok atuh traveling sendiri sana langsung cusss !!

    BalasHapus
  11. @Niken : ribet ken, jadi jiga nu gelo ntar foto2pake tripod di jalan coba..

    BalasHapus
  12. haha nice tips brow, klo kata gw "Dunia gak hanya selebar kamar kostmu" so create and enjoy your very own journey, selamat berpetualang ^^

    BalasHapus
  13. tanggali 14 besok mau ke spore sendiri , backpacker pula.sayangnya salah pilih hotel di geylang. smoga ga ditawar deh disana. i love your blog . teruskanlaaah!

    BalasHapus
  14. Jadi inget waktu travelling sendirian ke singapore 2 tahun lalu.. dan satu hal yg perlu diperhatikan baju diiket karet biar hemat tempat

    BalasHapus
  15. @ Fahmi : Nah kalo kebetulan kamar kostannya gede begimana tuh? huahahaha.. selamat bertualang juga bro :D

    BalasHapus
  16. @atha : hah love me? #salahpaham hahaha..iya atha, semoga hari hari mu disingapur menyenangkan. budget untuk penginapan terlanjur boros? berarti hematlah di sektor lain seperti transport dan makan.

    BalasHapus
  17. @ reza : hehe..yoi, baju diiket karet biar gampang juga ngambil-ngambilnya ga berantakan haha

    BalasHapus
  18. terharu ngetz adis.. ga nyesel kan satu pesawat sama gue bisa mengambil hikmahnya sampai sekarang gini....

    BalasHapus
  19. @febry : lo baca bagian mananya sih yang bikin terharu feb? perasaan tulisan gue koplak semua -___-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. INI KOPLAK..LOL! iye apanya yg terharu..gue bingung..LOL

      Hapus
    2. tau deh feb, lo terharu nape?? ngiris bawang yah lo??

      Hapus
    3. itu temen lo abis nonton DVD cinta fitri kali..Entah yg season berape/./

      Hapus
  20. baru ingin jadi backpacker, sama sekali gak punya bayangan tentang backpacker dan gak pernah pergi kemana-mana ....
    ngebaca postingan ini mendadak bikin aku gemetar ...

    BalasHapus
  21. Serius tu lu bawa 10 bungkus lebih roko ke Thaliand??

    BalasHapus
  22. wah makin pengen backpackeraaaan......!!!

    BalasHapus
  23. Eh koplak, kalo lo travelling di sekitaran pulo jawa lo kebanyakan naik kendaraan umum atau motor?

    BalasHapus
  24. @bitcar: itu pas keliling NTB bawa rokoknya hehe..

    @anonim : Ayooooo backpackeraaaaaaaaan !!

    BalasHapus
  25. @adit : sesungguhnya gue jarang main di pulau jawa, kalo pun maen. biasanya gue pake kendaraan sendiri. bisa motor bisa mobil..rame2 sama temen biasanye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gotcha dude..Berarti naik motor itu udah masuk ke dalam kategori backpackeran ye :p

      Hapus
  26. wakakakakaka kocak banget tipsnya tp ada benernya juga...kalau gw hal yang paling berat dalam traveling sendiri bukan masalah kemananan.. (soalnya muka gw dah sangar) tapi GAK ADA YANG FOTOIN...

    BalasHapus
  27. @jalanblog : hehe makasih broh,,yaelah bawa tripod aja broh..

    BalasHapus
  28. wah setuju nich, jgn takut travelling sendiri. gw aja dulu saking uda penasaran sama karimun jawa, tanya kanan kiri, pada ga mau pergi, akhirnya berangkat sendiri kesana lewat terminal lebak bulus, pertama kali backpackeran & dalam negeri lagi, yg kata org2 rawan/bahaya. awalnya takut bgt, sampe siapin silet di tas. takut ga pny tmn, takut kesepian, takut ga bs beradaptasi, takut kl ditipu/dijahatin. tp semuanya ga terbukti. malah gw pny nyk tmn baru dr sana, pengalaman baru, dan ketagihan jd backpacker. next trip backpackeran ke thailand, kamboja, & vietnam dr 29mei-11juni, siapa tau aja yg barengan :)

    btw, nice blog!

    BalasHapus
  29. @pinponpin : hehehe makasih yah. lets traveling.

    BalasHapus
  30. wah bener2 keren gan :)
    ane nyoba sekali aja langsung ketagihan pengen ngelanjutin petualangan ane di kota2 lain.

    BalasHapus
  31. Hello there, like your blog!
    Sumpah dari jaman kuliah udah pengen banget banget travelling, tapi susah nyari temennya.
    Sebenernya pengen travelling sendiri tapi agak susah minta ijin ortu nih, huhu.
    Yah anyway, mudah2an diijinin mumpung umur masih muda. Rencananya first trip pengen ke Jogja, Borobudur, Prambanan. Mungkin satu2nya yang ngga enak dari travelling sendiri cuma..nggak ada yang motoin n harus minta tolong orang lain ngefotoin dulu, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Annisa chibi chibi chibi Hak.. Hak.. Hakk..
      Makasih yah :D ayok traveling yoook! kalo emang ga diizinin sama ortu, nekat aja pergi. Tapi pas pulang kudu bawa hasil, foto keceh misalnya. Bawa tripod kalo emang pergi sendirian hehe.

      Hapus
  32. Bukann Cemilaan yg di banyaaakin yaaakk??? tapiii tapii Rokokk nyaa hadeeeee

    BalasHapus
  33. bagian ini mengingatkan kembali, hal yang hampir terlupakan, memang harus berani sendiri, semoga temen-temen gw, sadar diri, hahaha
    #1000WIB

    BalasHapus
  34. untuk part ngescan ID, gw baru nyadar ternyata lu pinter juga, dis.. {*ato gw yang bego?}
    Hahahhaha,

    Thanks tipsnya!

    BalasHapus
  35. Halo Dis (siapa sih nama elu? komen2 nya pada bilang "Dis" sih)...

    punya daftar kontak rental motor di seluruh Indonesia nggak? harganya sekalian kalo ada, oya review nya juga ya. atau lo udah bikin postingan tentang itu? share dimari ya. thankyou.

    #newbie ngelunjak
    #salam kenal

    BalasHapus
  36. nah!!!! body wallet!!!
    dimana yes bisa nyari barang begituan????

    BalasHapus
  37. infonya kece.. :))
    juni besok mao ke singapur sendirian perdana pula..bisa kepake nih..sharing-sharing lagi yak kalo ada tips-tips lain yang berguna gini:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bareng yukkk juni ini (minggu dpn) aquh juga ke singapore sendiri nih =)

      Hapus
  38. NICE infooo bro,gw kmren udeh travelling sendiri ke singapore,next year mau ke malaysia..
    klo kita bisa breng travelling enak nihh gan,jadi bisa share pengalaman2..:)

    BalasHapus
  39. Nice posting :) jadi tambah semangat ngegembel lagi nih .. Lebih asyik bawa gitar buat ngamen swaktu2 duit mepet :) skalian gratis transport heu . (‾▽‾)♉

    BalasHapus
  40. mantap .... jadi semangat jalan-jalan sendiri. :D

    BalasHapus
  41. Wah thanks bangets motivasi dan persiapannya. Ex : baju dikareti digulung kyk telur dadar dan pasporr yg di scan email ampe duit yg dibeda2in letaknya.
    Sbnrnya ak sdh mempersiapkan trip ke thailand sama tmb awal mei 2014. Tp kliatannya si tmn ga diijinkan cuti. Alhasil mau ga mau, harus ak batalin semua... tp ternyata klo dibatalin sayang. Dg baca artikel ini... ak lebih tambah nekat. Be brave!
    Nb : saya br pertama kali ke luar negri... minta doanya

    BalasHapus
  42. Wah thanks bangets motivasi dan persiapannya. Ex : baju dikareti digulung kyk telur dadar dan pasporr yg di scan email ampe duit yg dibeda2in letaknya.
    Sbnrnya ak sdh mempersiapkan trip ke thailand sama tmb awal mei 2014. Tp kliatannya si tmn ga diijinkan cuti. Alhasil mau ga mau, harus ak batalin semua... tp ternyata klo dibatalin sayang. Dg baca artikel ini... ak lebih tambah nekat. Be brave!
    Nb : saya br pertama kali ke luar negri... minta doanya

    BalasHapus
  43. berapa biaya habis kemaren dithailand ?

    BalasHapus
  44. Sumpah gw ngakak baca blog ini, seru2

    BalasHapus
  45. keren, eh indonesia ada komunitas buat sharing2 ngga ?

    BalasHapus
  46. Keren, dr dulu pgn jalan2 sendiri, nemu blog yg bisa bikin lebih pede

    BalasHapus
  47. Hello
    Ada yg mau nonton f1 malaysia 2015 ga? Bareng yuk..klo cewek bs share hotel di kawasan sepang,biar ga bengong sendirian hehee..

    BalasHapus
  48. aku sih nekat2 aja bekpeker sdr, aku tipe yg gak takut btanya, kesasar or jln sp pegal2, cuma aku gak suka aja bengong sdr di jln, gak ada tmn ngobrol kyk org bego aja, so biar seru ke LN atuh, kl negeri sdr mah krg berasa...

    BalasHapus
  49. thanks banget motivasinya, apalagi buat gue yg lg memantapkan diri yg semuanya serba perdana, perdana naik peswat perdana ke LN apa lg sendirian, meskipun masih lama tp rasa takut dan penasarannya udah kerasa, hehhehe

    BalasHapus
  50. izin copas di blog travelojay.blogspot.com ya bro

    BalasHapus
  51. info ke sg pertama kali
    cocok buat backpacker nih
    thanks infonya

    BalasHapus
  52. keren artikelnya!! tapi jadi pengen mites kutu tuh gerak mulu :p

    BalasHapus
  53. pas kali yang kau bilang bang,gak ada kerjaan aku makanya baca website mu ini

    Tapi mantap lah untuk sharing pengalamannya

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Baraya mau tanya nih hehe, ceritanya keren hehe, kalo dapetun tiket pp atau one way promo murah gimana nyaa? Saya suka cari tapi ga dapet aja, kali aja ada tips dan saran yanh bisa membantu hehe

    BalasHapus
  56. Baraya mau tanya nih hehe, ceritanya keren hehe, kalo dapetun tiket pp atau one way promo murah gimana nyaa? Saya suka cari tapi ga dapet aja, kali aja ada tips dan saran yanh bisa membantu hehe

    BalasHapus
  57. Ada yang mau join SIN - MAL - THAI start 18/19 Nov 2016 - 27 Nov 2016?
    Sharing-sharing cost aja.
    Nanti bikin itinerary bareng.
    Kontak aja: 0857-1973-5668
    Soloist nih hehe

    Ps: untuk penulis thank you bgt tips & panduan travelling. Sangat membantu saya untuk mempersiapkan perbekalan yang ada. Hehe

    BalasHapus
  58. ada yang rencana mau traveling asia tenggara engga buat tahun 2017 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada rencana traveling ke asia tenggara sekitaran bulan juli 2017

      Hapus
  59. Assalamualaikum..
    Ada yg planning ke india gak tahun ini :) tepatnya bulan mei :) kalo ada silakan hbungi sy via WhatsApp 0822 8219 0939

    BalasHapus
  60. Hallo thankyou banget artikelnya menginspirasi, saya sudah book ke KL januari tgl 12 ini. sekiga lancar karena sendirian dan pertamanya ke KL.

    BalasHapus
  61. bg,, punya daftar para solo backpacker gak bg? siapa tau mau ngajakin backpacker bareng :D

    BalasHapus
  62. Setuju banget bang harus bisa berani traveling sendiri. apalagi kalau kena korban php temen

    BalasHapus