Kenapa Kita Harus Traveling ke Luar Negeri ??


Postingan ini terlahir gara-gara rasa-ketidak-nyamanan-hati-gue yang agak sedikit terusik dengan beberapa pertanyaan dan traveler yang “sok idealis” tidak ingin traveling ke luar negeri sebelum menginjakan kaki di semua provinsi/ destinasi/ tempat wisata atau pulau-pulau Indonesia.

Banyak yang nanya ke gue ;

“Dis, Indonesia aja belom semua didatengin kok udah ke luar negeri aja sih ??”

“Dis, kok gue perhatiin lo sering banget traveling ke luar negeri daripada dalam negeri ??”

“Dis, apa sih keunggulan luar negeri sama dalam negeri ?? Kan Indonesia lebih keren.”

“Dis, kenapa sih gajah punya belalai ??”

Dan masih banyak lagi pertanyaan bodoh yang sebenernya akan terjawab dengan mudah kalau lo coba sendiri traveling ke luar negeri.

Sebenarnya gak ada yang salah dengan prinsip itu, tapi percayalah, bersikap “sok idealis” dengan meng-kotak-an destinasi traveling akan menjadi kerugian yang sangat besar buat mereka. Gue heran kenapa masih ada yang “sok idealis” dengan tidak mau traveling ke luar negeri sebelum keliling Indonesia, Dunia bukan hanya Indonesia saja, kawan.

Banyak pelajaran yang bisa gue ambil dari traveling ke luar negeri, gue jadi banyak tahu tentang pariwisata mereka, cara mereka mengemas destinasi-destinasi pariwisata mereka, cara mereka membuat tempat yang biasa saja menjadi luar biasa sehingga bisa menarik banyak turis untuk mengunjunginya, dan masih banyak lagi yang bisa gue jadikan perbandingan dengan pariwisata Indonesia, apa yang harus dibenahi dan apa yang harus ditambah.

Dengan tahu pariwisata luar, kita bisa dapat perbandingan. Dengan mendapatkan perbandingan, kita tahu apa yang harus kita lakukan. Gak ada orang pinter kalau gak ada orang bodoh, Gak ada orang kaya kalau gak ada orang miskin. Dengan tahu kelebihan pariwisata luar negeri, kita tahu kelemahan pariwisata kita sendiri.

Sekarang gue tanya,

Kenapa Thailand yang “gak punya apa-apa” pariwisatanya, jauh lebih maju dibanding Indonesia yang “punya banyak apa-apa” Bahkan wisatawan yang datang ke Thailand bisa 15 kali lipat lebih banyak daripada wisatawan yang datang ke Indonesia. Kenapa bisa begitu ?? Orang yang gak pernah kesana, gak akan tahu jawabannya.

Kenapa Singapura, negara yang cuma segede upil kuntilanak dan punya pantai gak lebih dari 5 biji lebih banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan dengan Indonesia yang punya banyak sekali pantai-pantai indah ?? Orang yang gak pernah kesana, gak akan tahu jawabannya.

Kenapa komplek candi Angkor Wat di Cambodia lebih banyak pengunjungnya daripada candi Borobudur yang Maha Megah ?? Orang yang gak pernah kesana, gak akan tahu jawabannya.

See !! Mengetahui destinasi luar dan tidak terlalu idealis dengan Indonesia akan memberikan kita pengetahuan yang jauh lebih banyak. Akan lebih membuat kita berpikir Indonesia jauh lebih keren daripada negara-negara tetangga, tetapi kenapa kita tidak bisa menjadi lebih dari mereka.

In my humble opinion, bukan berarti gue gak cinta Indonesia yah, gue suka traveling di Indonesia, gue suka ngibarin bendera Indonesia kemanapun gue pergi, gue masih suka nyanyi-nyanyi lagu nasional secara tidak sadar ketika traveling ke luar negeri dan menurut gue Indonesia masih dan tetap akan menjadi negara yang paling keceh !!

Tujuan gue menulis postingan ini, gue pengen ngajak kalian semua untuk tahu traveling bukan hanya menikmati sebuah destinasi lalu mengaguminya, lebih dari itu, traveling adalah sebuah proses mencari value agar bisa memberikan sesuatu yang positif untuk lebih memajukan dan mengenalkan pariwisata negeri kita sendiri. Pariwisata Indonesia !!

So, masih berpikir “sok idealis” dengan Indonesia ??

Boleh aja sih masih tetep dengan sikap “sok idealis”-nya, asal pas ada tiket murah ke luar negeri jangan ternyata diambil juga yah, CMIIW.

49 komentar:

  1. adis .. bayarin tiket pesawat dong biar gue bisa jalan jalan keluar negeri juuga .. hahahha jual upil aja dis

    BalasHapus
  2. @atha : yakaleeeeeeeeeee... kan banyak yang murah tiket ke luar sekarang mah..lets hunting lah :D

    BalasHapus
  3. kalo tiket keluar dunia ada ga dis ?

    BalasHapus
  4. @atha : ADA BANGET !! lo beli baygon sana..MUAHAHHAHAH :))

    BalasHapus
  5. whoa, setuju banget pendapatmu. baru aja pengen nulis kayak gini, udah terwakili deh :))
    aku sendiri 'belajar cara traveling yang benar' setelah tinggal di Sydney. skrng punya cara pandang yg berbeda setelah traveling di negeri orang. dan tambah semangat utk menjelajah negeri tercinta.

    The Emak from http://www.thetravelingprecils.com/

    BalasHapus
  6. halooooooooo the emaaaaaaaak...wah nampaknya senior saya nih hahaha..ayo mak, jelajahi Indonesia yang lebih keceh daripada negara lain. setidaknya sampai saat ini saya masih percaya kalo indonesia masih jauh lebih indah :D

    BalasHapus
  7. setuju lah broww.. kalo mo ke banff national park ajak2 ya bro, hehehe... pingin bgt neh...

    BalasHapus
  8. in my oppinion travelling is not about idealism, it's about how you enjoy ur life, an how to share your enjoyness to other while you learn and seek what you dont have in u'r life :) atau Travelling itu tentang bagaimana kamu menikmati hidup, dan membaginya dengan orang lain. sementara kamu belajar dan mencari apa yang belum kamu punya di hidpup mu :) *haishh sore2 ngelantur #efekbanyakkerjaan :p intinya si mau ke luar negeri ato dalam negeri terserah si travelernya, saya pengen banget ke luar negeri, tapi duit sama waktu blom punya, apalagi pasport -______-"

    BalasHapus
  9. sip, aku setuju banget dengan agan yg satu nih, aku juga pernah mengalami hal yg sama, diberi pertanyaan tersebut ketika aku akan traveling ke Singapore, tapi ya tetep lah..anjing menggonggong, kafilah tetep berlalu...hehe,
    salam kenal ya bro...

    BalasHapus
  10. Setuju dis.. Kecuali kalo yang ampe ke luar negeri itu bilang "Ih, Indonesia gak ada apa2nya.. mending ke luar negeri", nah ituuuu yang perlu dikerek pake tiang bendera.. :))

    BalasHapus
  11. wahhhh, postingannya mantebh :D

    BalasHapus
  12. @Maswit : makasih mas :D wah itu dimana mas? saya aja ga tau :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canada cyiiiin... MUAHAHAHA...

      Hapus
    2. waaaaaaah ajak saya kesana dong mas :D

      Hapus
  13. @Fahmi : hehehe tapi percaya atau ngga broh, biaya backpacking ke Kalimantan timur saya waktu itu selama 11 hari lebih mahal dari biaya backpackingan saya keliling Asia Tenggara selama sebulan loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi inget waktu ke Malang ketemu sama bapak2 di bus yg katanya udah keliling indonesia n travelling ke 35 negara. Beliau bilang gini: "Mas, kalo udah keliling Indonesia, keliling negara2 lain lebih gampang. Krn Travelling di sini banyak tantangannya..! mulai dr transportasi, akomodasi, geografi, sarana/prasarana, biaya2.. pokoknya di sini paling susah n ribet, hehe... bule jg byk yg bilang begitu..."
      Begitu katanya gan... wkwkwkwkw....

      Hapus
    2. BUAHAHHAHAA...setuju mas !! emang Indonesia hanya untuk traveler tangguh kelas atas huahahahha..

      Hapus
  14. @FET : hehe yups betul !! salam kenal juga kakaaaak :D

    BalasHapus
  15. @Ka Titiw : hehe sebenernya postingan ini juga terlahir dari temen ACI ka, masih inget ada yang pernah bilang ga akan ke luar negeri sebelum nginjekin kaki di semua provinsi Indonesia kak ?? tetapi akhirnya beliau pergi juga nanti ke luar negeri :)))

    BalasHapus
  16. Ganteng abis dis *bukan elunya ya* tulisan lo, gue belum kepikiran sampe kesitu (namanya juga masih culun), lo bener banget masbro, katak dalam tempurung gak akan mengenal lautan luas.
    Kece abis dah! *sekali lagi, bukan elunya*

    BalasHapus
  17. @Bangkit : EMANG ADA KATAK LAUT !!??? *toyor toyor bangkit*

    anyway, kapan lo ke Bandung heh bangkit !!??

    BalasHapus
  18. manggut-manggut baca artikel ini. Setuju...setuju... Pas ke Singapore taun lalu melipir ke Penang, trus ke Bangkok+Phuket...duh berasa luar negri itu lebih teratur dengan aset wisatanya yang bisa diitung jari. Sedangkan Indonesia yang punya buanyaaakkk aset wisata cuma ditelantarin atau bahkan dikomersil banget sampai-sampai orang merasa mahal kalau mau berlibur kesana. Padahal Airasia buka harga tiket ke luar jauh lebih murah, kan? #sok serius :p Hidup Airasia..#loh...

    BalasHapus
  19. bener dis.. sy sih cm baru ke malaysing, tp kerasa bgt kalau tempat wisatanya kalah banget sm indonesia, aplg pantainya singapura kyk ujung kukunya pantai indonesia. tp jalan2 keluar jg nunjukkin klo negara kita "salahatur" bgt. Sumberdaya banyak, tempat wisata banyak tp ga dikelola baik.

    BalasHapus
  20. @halim_san : hehehe..kadang2 kita emang selalu ngerasa miris yah sama pariwisata kita sendiri, kita bisa traveling ke luar negeri dengan harga murah, tetapi di dalam negeri malah mahal. ini sama kaya kita diem di rumah tapi harus ngeluarin banyak uang, sedangkan diem di luar tapi lebih irit. sigh !

    BalasHapus
  21. @winda : wah keceh tuh kata "salahatur" hahaha..bener kan. dengan mengtahui negara luar, kita tahu kelemahan negara kita sendiri :(

    BalasHapus
  22. tos backpcaker *tandasetuju:D

    bener dis....
    4 jari kelingking buta tulisan ini..
    hehe


    ini tulisan mirip punya Claudia Kaunang...
    *gak hanya membandingan pariwisata negara lain, tapi juga tulisan-tulisan orang..
    haha :D

    BalasHapus
  23. @ekfarizi : hehehe..oh emang sama yah sama mba CK?? minta linknya dong hehe

    BalasHapus
  24. bener banget dis, dunia itu membuka wawasan kita gak cuma indonesia doang. sebenarnya indonesia itu gak cupu coba kita lihat singapore walaupun gak ada apa2nya tp maju pariwisatanya sedangkan indonesia kalah sama negara lain.

    BalasHapus
  25. @sigit : SETUJU !! hooh kasian Indonesia salah atur broh :(

    BalasHapus
  26. setuju deh sama mas broh ini, mungkin pariwisata dan kekayaaan di Indonesia sangat kurang perhatian dankurang perawatan. Sampah terutama yang sangat merusak pemandangan. :(

    BalasHapus
  27. hooh sis. sampah itu emang sampah !!

    BalasHapus
  28. ke luar negeri buat studi banding kali ya..
    tapi dari dulu studi banding melulu, gak pernah diterapkan di negeri sendiri

    BalasHapus
  29. hehe yang penting apa kontribusi kita sendiri untuk negeri ini broh, dengan kapasitas gue sekarang, gue cuma bisa ngenalin Indonesia ke bule2 yang gue temui dijalan :D

    BalasHapus
  30. Setuju banget Kang,kita tidak akan tahu/yakin bahwa Indonesia negeri yang sebenarnya luar biasa dianugerahi berbagai kekayaan alam kalau kita belum pernah keluar negeri( itu salah satu hal yang saya dapatkan setelah traveliing ke LN )

    BalasHapus
    Balasan
    1. YUPS !! betul sekaliiiiiiii...let's traveling !!

      Hapus
  31. setuju dgn penulis....
    kadang pemikiran yg kolot bs terbuka begitu ke luar negeri , pemikiran pasti berubah ( ke arah yg positif tentunya ) dan unt refresh otak....juga unt mengetahui perkembangan apa yg sedang terjadi di LN ( bisnis )
    Jd terkadang klo sy balik ke Ind, sedikit sumpek, apalagi ada berita kerusuhan, dll,... mulai dgn di imigrasi yg ga mengenakkan klo bw brg2 mahal padahal dipake sendiri ( tau sendirilah ).......
    gue cinta Ind, apalagi klo perginya kelamaan, bawaannya inget rumah mulu, kpingin mkn makanan Ind,...hehe

    BalasHapus
  32. kasih saran untuk pariwisata di Negeri tercinta ini, lewat blog unyu ini lebih bagus lagi, siapa tau kebaca mpe orang yang memiliki jabatan pariwisata n menjadi sadar diri, keren banget kan, hal kecil mengubah segalanya.
    #1000WIB

    BalasHapus
  33. Setuju banget tu mas bro, membuka pandangan kita apa sih kekurangan kelebihan kita.

    BalasHapus
  34. yoa...sudah saatnya sering melihat dunia luar

    BalasHapus
  35. #sekedar tanya
    setelah tau perbandingannya apa yang akan dilakukan??

    BalasHapus
  36. coba klu ada diantara kita yg jadi menteri

    BalasHapus
  37. Yakali aj dia idealis gegara gak punya duit buat keluar negeri...kek ane sih..:p
    tapi klo kenyataanny jejalan di luar negeri lebih enak dan murah.. why not?

    BalasHapus
  38. Mumpung 2014 masih belum berakhir, mudah-mudahan gue bisa travelling. Ke manapun itu. Doain atuh dis. Atawa ajak-ajak kalo mau travelling teh. Oke? Sip lah.

    BalasHapus
  39. pertama gw mah dulu ke LN bkn mau gaya2an, tp krn lbh murah drpd DN, bayangin gw dpt paket tur 4 hr bangkok-phattaya cuma 2,5 jt udah tmsuk tiket PP, gial ga tuh...bandingin wktu gw tur ke bali 4 hr 4 jt an, ke vietnam jg murah, anyway bnr bgt yg kln blg, stlh lht negara lain baru sy sadar alam kt tnyata jauh lbh indah sekaligus jauh lbh kampungan pngelolaan pariwisatanya, justru sy jd lbh mhargai tnh air stlh k LN, so jln2 dl ke LN baru DN bos....

    BalasHapus
  40. Wahhh....suka banget traveling. Masih bnyak tempat tempat keceh yang belum aq liat....
    Sementara ini nabung dulu daahh...hihihi

    BalasHapus