Festival Teluk Jailolo 2012, Gue Pasti Kesana !!


Festival Teluk Jailolo 2012

Mungkin banyak yang belum mengenal Festival Jailolo, jangankan festivalnya, tempat diselenggarakan festival-nya pun mungkin masih banyak yang tidak tahu. kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara adalah tempat dimana diadakannya Festival Teluk Jailolo ini. Sebelum nge-follow @Jailolo2012Fest, gue pun sama sekali gak tau ada apa disana, ternyata setelah membaca twit-twit dari si admin @Jailolo2012Fest, buka websitenya di http://festivaltelukjailolo.com dan googling tentang Halmahera Barat, gue baru sadar, ternyata Halmahera Barat dengan segala keindahannya berhasil membuat gue meneteskan air liur dan membasahi keyboard. Wow, such a heaven !!

Tapi mungkin mimpi kali yah gue bisa kesana, secara setelah di cek, biaya kesana itu mahal banget !! Mungkin bisa seharga operasi plastik di Thailand !! Gue sebagai ex-mahasiswa dan pengangguran keceh jelas gak sanggup buat main ke Festival Teluk Jailolo. *nangis*
 
Hingga pada suatu hari..

Admin @Jailolo2012Fest nge-twit dan akhirnya gue tahu kalau http://festivaltelukjailolo.com ngadain kuis buat jalan-jalan gratis kesana, ke Halmahera Barat !! Wohooooo.. !! *nari tor-tor keliling monas*

Dengan keinginan jalan-jalan gratis tingkat dewa, akhirnya gue ikutan kuis-nya, membuat tulisan tentang :

a. kenapa saya mesti mengikuti acara Festival Teluk Jailolo 2012?

Min, plis deh ah.. Gue adalah orang yang sangat cinta dengan Indonesia, gue sering backpacker-an, dan gue selalu bawa bendera Indonesia kemana pun gue pergi. Mungkin ini adalah trademark gue kalau lagi traveling. Yah, gue dijuluki “si anak bendera Indonesia” karena sering ngibarin bendera Indonesia dimanapun saat gue traveling, baik dalam maupun luar negeri. Gue cinta Indonesia.

Dan kenapa gue mesti ikut acara Festival Teluk Jailolo :

  1. Gue cinta sama pantai !! Gue bisa “main air” seharian sampai mabok laut, dan Jailolo adalah tempat yang pantas buat menampung ke-cinta-an gue terhadap pantai !!
  2. Dari dulu gue pengen jalan-jalan ke daerah timur Indonesia, yang gue percaya, kalau ingin melihat Indonesia yang sesungguhnya, injakan lah kaki ke Indonesia bagian timur.
  3. Gue belum pernah kesana, dan itu kenapa gue harus kesana.
  4. Gue pengen ikut berpartisipasi dalam sebuah festival yang keren, yang Indonesia punya, dan Festival Teluk Jailolo lah salah satunya.
  5. Memilih gue jadi pemenang kuis ini dan memberangkatkan ke Halmahera Barat, panitia gak akan repot. Gue bisa makan apa aja, bisa tidur dimana aja, bisa naik apa aja, dan bisa disuruh ngapain aja. Hahahaha.. intinya gue tahan banting !! Gak menye-menye.
  6. Satu lagi kenapa gue mesti ikut acara ini adalah karena ini GRATIS !! kesempatan langka bisa jalan-jalan ke Jailolo secara GRATIS !!

b. Imajinasikan dan ceritakan hal apa yang akan kamu lakukan jika terpilih dan jalan jalan ke Halmahera Barat. 

Apabila gue kepilih dan jalan-jalan ke Halmahera Barat, gue pasti akan lari-lari keliling komplek sambil teriak-teriak girang kalau gue jadi pemenang kuis Festival Teluk Jailolo dan bakalan jalan-jalan ke Halmahera Barat. Gue bakal undang tentangga-tetangga buat tumpengan dan mungkin akan sedikit ada pertunjukan dangdut demi merayakan kesuksesan gue. Agak lebay sih, tapi yah pokoknya kalo sampai kepilih, gue bakalan seneng dan heboh deh !!

Terus setelah di Halmahera Barat, gue bakal menikmati sepenuhnya kekayaan alam disana, kearifan disana, Festival Teluk Jailolo-nya dan segala sesuatu di Halmahera barat, akan sangat gue nikmati !!

Udah kebayang di otak, kalau akhirnya gue bisa ikut serta dalam festival itu, gue bakal diving dan snorkling sampai gosong, sampai mata gue puas melihat keindahan bahari Halmahera Barat !! Gue bakal ikut dalam acara sapu laut, gue bakal makan membabi buta di Festival Ikan Bakar, gue bakal mendokumentasikan keindahan dan keseruan di Halmahera Barat baik dalam bentuk foto, video maupun tulisan, dan akhirnya gue bakal share ke orang-orang bahwa Indonesia itu memiliki banyak tempat keren !! Salah satunya di Jailolo, Halmahera Barat !!

c. Buat itinerary singkat perjalanan di Halmahera Barat selama seminggu (minimal tempat apa saja yang akan didatangi, hal apa yang dilakukan)

Karena ini adalah kesempatan langka, maka gue akan buat itinerary sepadat mungkin, semata-mata agar gak ada satupun keindahan Halmahera Barat yang gue lewatkan !!

Karena Festival Teluk Jailolo diadakan pada tanggal 14 – 19 Mei, dan disuruh buat itinerary selama satu minggu, maka gue bakal mengalokasikan waktu dari tanggal 13 – 20 Mei, itinerary-nya adalah :

13 Mei : Tiba di Bandara Babullah, Ternate, Maluku Utara. Mengeksplore beberapa objek wisata di Ternate, seperti Kesultanan Terante, Benteng Tolukko dan wisata kuliner.

14 Mei : Menyebrang ke Jailolo dan mengikuti acara pembukaan Festival Teluk Jailolo dan lomba sapu laut.

15 Mei : Diving dan Snorkeling di Jailolo sepuasnya !!

16 Mei : Banyak option untuk hari ini, karena Festival sedang tidak ada acara, maka mungkin gue bakal ke Pulau Hiri (Mandi sumur air hangat), Danau Tolire, Teluk Sulamadaha, Dataran tinggi senyum lima ribu, Air terjun Kahatola, Pulau BuaBua.

17 Mei : Mungkin hari ini yang paling ditunggu, mengikuti pameran rempah, festival ikan bakar (Gue bakal makan sekenyang-kenyangnya disini) sampai mengikuti acara ritual laut, sigofi ngolo.

18 Mei : Mengikuti Acara Spice Trip dan pesta kuliner, lalu mengunjungi Sumber air panas Bobo,diving dan snorkeling di Fastofiri, melihat burung bidadari di Hutan Dase Sidangoli

19 Mei : Menikmati acara Cabaret on the Sea dan Parade Rempah-Rempah.

20 Mei : Bersiap untuk pulang, kembali ke Jakarta, kembali ke realitas hidup di kota :( *sedih*
Bubid - Maskot


AYO JURI !! PILIH AKU !! PILIH AKU !! KARENA AKU MASIH MUDA DAN GAK PUNYA UANG BUAT KESANA !!

9 komentar:

  1. Ayo kaaaa.....
    SEMANGATTTT ^_^

    BalasHapus
  2. aaaaaaaaaah terima kasiiiiiiiih :">

    BalasHapus
  3. wuahahahahaha kalimat yg terakhir itu yg oaling penting

    BalasHapus
  4. @jalanblog : MUAHAHHAHA..itu yang harusnya jadi pertimbangan juri yah :)))

    BalasHapus
  5. Pilih aku, pilih aku untuk dapetin buku kamu,
    karena aku gak punya duit untuk membelinya :(
    #1000WIB

    BalasHapus
  6. Beneran ngundang tumpengan nih? :D

    BalasHapus