Indonesia yang Sempurna


Melangkahlah, melangkahlah sejauh kau bisa. Lihatlah Indonesia, sebuah negeri yang pantas disebut surga !!

Hai gembel, dipostingan gue sekarang, gue bakalan agak sedikit serius nih nulisnya. Gue mau ngebahas sesuatu yang tadi malem gue tweet di linimasa. Tentang negara kita. Tentang Indonesia. Ini bakalan jadi artikel yang serius, gak ada bercandaan sama sekali. Sumpah !! Eh, tapi sebelum gue mulai menuju artikelnya, nomong-ngomong katanya Mandra lagi deketin Katy Perry, yah ?? Bener gak sih ?? Ah, masa bodo lah yah..

Postingan ini akan beda dari yang lain. Hanya sedikit bacotan, dan fotolah yang akan berbicara banyak tentang Indonesia (At least, tempat-tempat di Indonesia yang pernah gue kunjungi.) Postingan ini gue dedikasikan untuk orang-orang yang tetap optimis akan Indonesia !!

Jadi gini, gue semalem nge-twit di twitter gue (@takdos) tentang Indonesia. Gue bilang "Alam Indonesia itu gak ada cacatnya !! SEMPURNA !!" Padahal yah, gue nge-twit jam 2 subuh, tapi banyak banget yang respon dengan cara RT ataupun komen tanda setuju. Dari situ gue mikir nih, ditengah kebobrokan pemerintah dengan sistem-sistemnya, ternyata masih banyak yang bisa dibanggakan dari Indonesia. Apalagi kalau bukan kekayaan alamnya !! Setuju ??

Pun, begitu dengan tadi siang. Gue sempat nonton acara "Indonesiaku" di Trans7. Disitu, mereka sedang berkunjung ke sebuah desa terpencil di pedalaman Papua. Butuh waktu 2 hari untuk mencapai desa tersebut menggunakan sampan kecil bermotor. Gue lupa nama desanya apa, namun disana ada seseorang yang gue bilang sangat HEBAT !! Tapi gue juga lupa namanya. *toyor pala sendiri* #AdisSudahMulaiPikun.

Singkatnya, si bapak itu adalah seorang warga Papua juga, namun dia menagbdikan hidupnya selama berbelas-belas tahun, mungkin sudah puluhan, hanya untuk memberikan ilmu kepada para warga Papua yang hidup di pedalaman, mengajari mereka membaca, menulis dan lainnya. Si bapak bukan hanya mengajar anak-anak saja, beliau juga mengajarkan para orang tua yang masih buta huruf. Bapak itu mengajar secara suka rela, tanpa upah sedikitpun, tanpa dana dari pemerintah atau pihak lain. Murni dari dirinya sendiri !! Bapak tersebut rela meninggalkan zona nyamannya hanya untuk membagi ilmunya kepada warga Papua di pedalaman. HEBAT !!

Nah, yang membuat gue tertarik pada acara tersebut adalah, ketika si pembawa acara menanyakan, "siapa presiden Indonesia??" Dari hampir 20 orang lebih muridnya yang berada diruangan apa adanya, baik anak-anak maupun orang dewasa, tidak ada yang bisa menjawab sama sekali. Mereka bingung karena tidak tahu jawabannya. Namun, seorang bapak yang sedang duduk dibelakang, nyeletuk menjawab "Soekarno." Sontak pembawa acara tersebut terdiam. #KemudianHening.

Gue sendiri yang menyaksikan acara tersebut bengong, gelas nempel sedikit sama bibir, gue mau minum aja ga jadi karena keheranan. Iya, gue heran. Heran, kenapa orang Indonesia, yang tinggal dan menetap di Indonesia, tidak tahu siapa nama presidennya !!?? Papua masih bagian Indonesia, bukan ?? Si pembawa acara mendekati si Bapak itu dan mengulangi pertanyaannya sekali lagi. Si bapak tetap menjawab bahwa presiden Indonesia itu Soekarno. Si bapak tidak menjawab asal-asalan kok, dia benar-benar menjawab apa yang ada di kepalanya, apa yang dia tahu.

Pada akhirnya gue malah merasa miris. Miris bukan karena gue menganggap si Bapak dan orang-orang yang ada di ruangan itu bodoh. Bukan. Miris karena, Indonesia yang sudah begitu modern-nya ternyata masih belum bisa "memeluk" penuh wilayahnya, "memeluk" penuh anak bangsanya. Namun, gue berpikir, mungkin Bapak dan para warga Papua lainnya yang berada di pedalaman, lebih baik tidak mengenal bangsa dan pemimpinnya. Kalau kenal, mereka pasti malu. Toh, faktanya, disaat kepemimpinan Presiden Soekarno sampai sekarang, kondisi mereka tidak ada perubahan sama sekali. Jadi tidak lah salah ketika mereka menjawab, bahwa Presiden Indonesia adalah Soekarno.

Nah, dari cerita gue tersebut, mari kita ambil hikmahnya. Mari jangan pikirkan pemerintahan Indonesia yang amburadul. Masih banyak yang bisa dinikmati dan dibanggakan dari Indonesia. Kesenian, adat istiadat, tradisi, keaneka ragaman, kekayaan dan keindahan alam adalah sesuatu yang bisa kita perlihatkan kepada dunia dan tetap percayalah, Indonesia itu SEMPURNA !!


"Mari kita bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Pusaka"

35 komentar:

  1. itu foto2 dimana? *nangis guling-guling pengen kesana*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak broh, ada yang di Kaltim, Derawan, Lombok, Sumbawa, Moyo, Satonda, Kenawa dan lain-lain hehe..

      Hapus
  2. kok sedih ya bacanya.. Hiks

    BalasHapus
  3. indah_cantiQue28 Juni 2012 00.59

    bro Adis,,ngambil foto2nya pake kamera apa sich?
    Bagus2 bgt hasilnya..:D

    eniwey..I love Indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake Canon G12 kakaaak...
      yeaaaah kita musti cinta sama INDONESIA !!

      Hapus
  4. ngiri ane sama bro adis bisa jalan kemana-mana sm fotonya keren banget >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente juga bisa sebenernya, yang kudu dilakukan pertama itu ya memulai bro, dari situ pasti bakalan ketagihan terus pasti akan selalu ada rezeki ntuk sesuatu yang kita sukai. Apalagi itu hal yang baik :D

      Hapus
  5. Bagus banget,,
    ternyata kita gak perlu keliling dunia untuk nyari yang bagus
    di indonesia semuanya udah bagus :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Indonesia semuanya bagus kok, tapi kita tetep juga harus pergi ke tempat lain kalo menurut saya. Kenapa? Karena dengan pergi ke tempat lain, kita bisa lebih menghargai Indonesia yang sempurna ini :D

      Hapus
    2. agree!!! terakhir kmaren gw ke Genting,booo...keren-an juga Puncak!! Tapi ya itu,wisata mereka "dikemas" dan dikelola dgn baik.Mudah2an Indonesia jg bisa kyk gituh ya..ya.. ( bilang iya,awas klo ga...hahaha)

      Bromo,Dieng,Borobudur,Prambanan,aaarrggghh....pengen minggat lagi ini...

      btw itu Mandra beneran sama Ketty Perry #dibahas -_-"

      Hapus
    3. Noh kaaaaan~ hohoho.. bagusan dufan daripada genting hahhaa.. Ngga jadi sama Mandra, jadinya sama Mastur. rebutan mereka. #dibahaslagi

      Hapus
  6. sempurna! surga dunia itu masbro. :S

    BalasHapus
  7. coba kendari, sultra bro..bagus juga kok. gue setaunan disana.
    daripada mikir politik mending mikir mandra ama kat perry Lol

    BalasHapus
  8. Pengen banget banget keliling indonesia,, :(

    BalasHapus
  9. ituh laut biru-nyah, gunung hijau-nyah.....
    *cuma bisa gigit jari :(
    *envy

    BalasHapus
  10. setuju, di tengah kesemerawutan pemerintahan indonesia, masih ada yg bisa kita nikmatin. alam indonesia emang yahut maryahuuut!!!
    by the way, fotonya keren" semua bro.
    maju terus backpackernya!! :)

    BalasHapus
  11. Umur lo berapa Takdis? gila udah ke tempat-tempat keren begitu

    BalasHapus
  12. Sungguh suka tulisanmu yang ini dis !!

    "Melangkahlah, melangkahlah sejauh kau bisa. Lihatlah Indonesia, sebuah negeri yang pantas disebut surga !!"

    Quote itu yg BIKIN aku suka tulisan kamu ini dis, Indonesia sangat begitu surga !!!!

    Kalo boleh aku menambahkan...

    "Sebelum Tuhan mengembalikan kita ke surga, Tuhan telah memberikan kita tempat tinggal di Surga (Indonesia)"

    Kamu pasti tau maunya aku kan ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. keceeeeeeeeeh~ makasih broh, lu dapet dompet eiger ori ituh ~~

      Hapus
  13. gue suka banget postingan yang ini. ngeliat foto2 di postingan ini gue ngerasa beruntung banget tinggal di Indonesia yang menurut gue adalah setitik surga di bumi, I Love Indonesia.

    BalasHapus
  14. miris bgt bacanya bang. kita yg msh bs segala tau dan tinggal googling tapi nan jauh di papua sana ada yg sampe gk tau nama presiden negaranya sendiri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makanya belajar yang bener, terus jadi guru deh disana

      Hapus
    2. Gua kerja di STKIP Surya, sekolah yang sistemnya kerja sama beberapa Pemda daerah tertinggal, salah satunya Papua. STKIP itu singkatan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jadi misinya mendidik anak2 daerah tertinggal untuk bisa jadi guru lalu "pulang kampung" untuk bisa memajukan daerahnya masing2.

      Mayoritas mahasiswa di sini justru anak Papua. Beberapa dari mereka (anak Papua) ada yang emang niat belajar, dan berhasil juara di berbagai perlombaan. Cuma emang ga bisa dipungkirin kalo banyak dari mereka yang masih belum siap untuk belajar serius.

      (Hehe sorry kepanjangan nulis komennya. Mau share aja kalo sudah ada yang punya misi untuk jadi "guru di sana" dan sedang berjalan.)

      Hapus
    3. waaaaaaaaaaah info yang sangat bermanfaat.. makasih yaaaaaaah :')

      Hapus
  15. kalau ada ke Derawan, kurang foto bareng penghuninya tuh... Ubur2!! :p
    yang renang udah mewakili ubur2 ternyata :p
    #1000WIB

    BalasHapus
  16. indonesia memang negara komplit

    BalasHapus
  17. pantas saja negara indonesia sebagai negara sempurna

    BalasHapus
  18. wajarlah indonesia terdiri dari beratus pulau

    BalasHapus