Kenapa Harus Menjadi Travel Writer Biasa? Part. 1


Man, sebenarnya ini adalah tulisan yang pengin gue tulis dari jaman Dinosaurus masih eksis di dunia ini. Mungkin ini cuma sebuah dilema, mungkin juga bisa sebagai pembelajaran buat kita para backpacker, travel blogger, travel writer atau apapun sebutannya. Bukan untuk menggurui, atau bahkan mengencingi sambil berlari. Gue cuma pengin sharing dengan apa yang gue punya. Pengalaman.Wan Wan Emoticons 46

As we know, sekarang banyak banget travel blogger atau travel writer, betul? Terhitung, di group travel blogger yang gue buat aja (Celoteh Backpacker) ada lebih dari 300 orang yang punya blog tentang traveling, belum lagi yang nggak tergabung dalam group. Mungkin ada 1.000 travel blogger Indonesia yang nulis tentang berbagai macam destinasi baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Celoteh Backpacker - Tempat ngumpulnya Travel Blogger

Sekarang gini deh, coba kita sedikit agak mikir yah, kalo aja ada 500 travel blogger, dan masing-masing blognya punya 10 postingan tentang traveling atau pariwisata atau destinasi. Berarti ada 5.000 postingan, kan? Yang berarti juga ada 5.000 bacaan gratis buat kita baca sampai mabok. Betul? Tul.

Gue sendiri suka blogwalking (jalan-jalan ke blog orang) sekadar untuk baca dan juga merhatiin tulisan mereka. Nah, dari sini gue bisa mengamati, ternyata 80% dari blog traveling yang gue baca itu menggunakan gaya bahasa dan tulisan yang hampir sama. Maaf, menjenuhkan. Orang akan cenderung cuma baca sekilas, cari info, abis itu cuma liat foto-fotonya doang dan selesai. Mereka akan langsung berpindah ke blog yang lain. Itu sama kaya lo pacaran, dipake, terus lo ditinggal gitu aja. Kasian blog lo.Wan Wan Emoticons 28

Gue sendiri mulai nulis dan punya travel blog itu terhitung baru. Maret 2011, pertama kalinya gue nulis cerita di blog tentang perjalanan gue ke Phuket Thailand. Awalnya gue nulis gak ada yang baca. Gue liat pageviews aja 3 hari cuma ada 2 sampai 3 orang doang yang baca. Itu pun gue maksa temen buat buka blog gue dari laptopnya. Komen? Boro-boro. Gue nunggu seminggu pun belum ada komen di blog gue. Sekalinya ada komen, gue bahagia luar biasa. Gue langsung coli bersyukur sambil coli menangis!

Nah, darisitu, gue mulai kerajinan nulis, setiap gue pergi backpacker-an, pulangnya gue pasti nulis ceritanya langsung. Gue gak mikirin berapa orang yang liat blog gue, atau berapa orang yang komen blog gue. Yang penting gue terus nulis.

Awalnya gue nulis cerita traveling itu sebagai backpacker, unsur murah jadi salah satu yang gue tonjolin di tulisan. Itu satu-satunya yang membedakan tulisan gue dengan tulisan di blog lain. Budget.

Tapi lama-kelamaan juga makin banyak yang nulis cerita backpacker-annya dengan budget yang sama-sama murah juga. Maka gue muter otak lagi, biar tulisan gue berbeda dari tulisan blog lain. Maka gue buatlah tulisan yang memakai bumbu komedi dalam berceritanya. Kenapa gue tambah komedi juga? Karena traveling dan komedi adalah dua hal yang bikin hidup gue sempurna! Satu lagi deng, udara. Gak ada udara, gue bisa mati. Oh iya, sama makanan dan minuman juga. Hemmm... Orang tua juga bikin hidup gue sempurna, deh. Oh satu lagi yang bikin hidup gue sempurna. Iya. Kamu.Wan Wan Emoticons 19 #eaaaaaak

Terus yang jadi pertanyaan pertamanya adalah, apa bisa cerita traveling dicampurkan dengan komedi? Gue bingung, tapi gue tetep nyoba. Awalnya agak aneh juga nulis cerita backpacker tapi ada komedinya. Seperti yang kita tau juga, banyak sekali, bahkan hampir semua blog traveling itu menggunakan kata atau kalimat-kalimat yang standar bahkan baku. Kita ambil contohnya aja untuk pendeskripsian sebuah tempat :

"Laut yang biru, pasir pantai yang putih dan halus, menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang harus dikunjungi bila berkunjung ke Lombok."

Kalo pake bahasa gue, jadinya begini :


"Man, lo gak akan nyesel kesini. Disini lo bisa bikin banyak kue bolu, saking banyaknya pasir putih yang mirip kaya terigu. Halus banget! Lombok itu pantainya J. U. A. R. A."

See? Ada perbedaan emosi yang ditulis dalam kalimat tersebut. Tapi intinya sama aja, menggambarkan sebuah pantai di Lombok dengan pasir pantainya yang halus.

Lama kelamaan belajar, gue mulai enjoy menulis cerita traveling gue dengan disertai bumbu-bumbu komedi. Banyak juga para pembaca blog gue yang suka sama tulisan cerita perjalanan gue. "Beda dari yang lain" katanya.

Bukannya sombong nih yah, tulisan dengan gaya komedi juga bikin blog gue makin laris dikunjungi. 10.000 sampai 30.000 jumlah pageviews/ bulan yang gue dapetin (yang asalnya cuma 100 pageviews doang seminggu). Jumlah yang sangat bagus untuk sebuah blog yang baru berumur satu tahun.

Uhuk~

Jumlah pageviews yang banyak pun memunculkan loyal readers blog gue. Dengan terus konsisten menulis, blog gue pun dikenal oleh google. Pas masih pake domain blogspot(dot)com, blog whateverbackpacker ini nongol di page one baris ketiga kalo lo ngetik keyword “backpacker” di google.co.id. Tapi sayang, karena pindah domain menjadi (dot)com, maka semua rating di google itu lenyap dan gue harus mulai lagi dari awal. Tapi gak apa-apa, toh gue udah punya loyal readers kek kalian yang lagi baca sekarang dan bakal terus mompa rating blog gue. MUAHAHAHA~  

Lalu setelah itu, muncul saat dimana gue tambah dilema, apa tulisan absurd gue ini cuma bisa dinikmati sebatas untuk blog aja, atau bisa gue kirim ke majalah-majalah atau media cetak lainnya? Karena, seperti apa yang kita tau juga, setiap lo baca cerita tentang traveling di majalah, koran atau buku, lo bakal disuguhkan dengan tulisan yang seperti "itu-itu" aja. Bener, kan? Yah lo tau sendiri lah yang kaya gimana.

Terus gue coba lah ngirim tulisan gue ke sebuah media cetak dan lomba-lomba menulis lainnya. Dan ternyata, apa yang gue dapatkan malah lebih dari yang gue harapkan. Entah karena apa, tapi gue yakin karena tulisan gue yang anti-mainstream, gue bisa jadi Petualang ACI Detik.com, gue bisa jadi Indonesia Travellers Agent, tulisan gue bisa jadi nominasi Travelista Kaskus dan Media Indonesia, tulisan gue yang absurd juga bisa diminta oleh Travel to Asian dan diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

Man, ternyata tulisan traveling-kocak-super-absurd yang jauh dari kata indah itu bisa dapet apresiasi yang keren dari media-media, Man! Gak harus melulu yang baku dan standar. Catat itu!!!

Oh iya, sekali lagi yah. Di tulisan ini, gue gak bilang kalau nulis biasa itu salah. Gue juga bukan mau ngajarin kalo lo harus nulis travel komedi juga. Bukan. Gue cuma pengin nyampein, carilah dan terus gali gaya menulis yang paling pas buat lo.


"Lo gak harus takut jadi diri lo sendiri. Tulis apa yang mau lo tulis. Jujur dengan apa yang mau lo sampaikan ke pembaca. Karena tulisan adalah cerminan diri lo sendiri. Gak usah takut orang lain gak suka. Selama lo nyaman dengan apa yang lo tulis, pembaca akan lebih mengapresiasi tulisan lo."

Gitu, man! Terus konsisten menulis. Dengan konsisten dan terus belajar, lama kelamaan lo bakal dapet gaya tulisan lo sendiri. Wan Wan Emoticons 27

Sebenernya masih panjang dan ada kelanjutannya looooh~ Tapi ditunggu aja yah tulisan “Kenapa Harus Jadi Travel Writer Biasa?” Part 2-nyaaaaaa~

93 komentar:

  1. "Just write think later" hahah :D

    BalasHapus
  2. Wuihhh bener jg sih dis..
    Tp si guweh bingung kalo mo nulis, baru separagraf udah stagnan dan akhirnya tuh tulisan ngendap,untung ngga beranak juga..heu
    ada tips ngga dis bwt pemalas kaya si guweh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, nanti itu ada di Part 2 yah beroh, nantikan! muahaha...sekarang yang bisa gue kasih tau adalah, lo kalo mau nulis dan ternyata stagnan, lo paksain terus nulis. Apa aja yang ada dipikirian lo usahain aja keluar. Abis itu lo istirahat, lo baca lagi tulisan lo. Nah, baru deh lo bisa ngedit atau perbaikin tulisan lo sebeleumnya. Dan terus begitu polanya.

      Hapus
    2. hmmm...
      okehh si guwehh tunggu lanjutan breaking dawnnya part 2 #ehhh

      sipp sipp..nanti si guweh praktekin dikamar..hahaha
      thanx brohhh...:)

      Hapus
  3. Agak bernuansa sombong ya.. Tapi you deserve it kok! Keep up your good work bud! *budi kali ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang! itu kan cirikhas gue. wowkowkwkwkowkowkowkwkoowk... :)) Gak kok sebenernya pengaturan tempo pembaca aja.. #halah

      Hapus
  4. Balasan
    1. Ovaltin! Jangan standing dulu, man. Resapi nilai dibalik tulisan gue itu. Semoga bisa menginspirasi. #Halah

      Hapus
  5. Like your post a lot :)
    selalu fresh dan orisinil hehe.
    Kapan2 mampir ya ke http://thetalesof.us/index.html (sekalian promosi)
    btw maaf kmrn ga ada pulsa hahahaha (ikutan gembel),pesen kaos twitter aja ya. (tenang aja buat beli kaos ada uang kok)
    Oya one more, stay humble just like now :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh aku udah mampir doooooong~ kamu si anak yang ke Phuket pas umur tujuh belas tahun kan? Keren!! Umur segitu gue baru akhil baliq! muahahhaa... lanjutkan perjalananmu, nak. Mumpung masih muda. Jelajahi dunia....... sambil pake baju gue. YEAAAAAAAH WHATEVER I'M BACKPACKER!!

      Hapus
  6. eh lupa kalau ada masukan seneng bgt nih, maklum masih belajar nulis. Btw I'm your fan (jangan terbang)
    but seriously,your wrting is always awesomeee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYE IYE... GAK TERBANG!!

      Makasih muizzuuuuu!! etdah susah banget namanya :|

      Hapus
  7. Good job Dis... I proud of u

    BalasHapus
  8. Suka penggambaran pantai Lombok ala kamu. Good job

    BalasHapus
  9. yaks...gw setuju ma lo meeen... beneran virus bgt nih buat para travel blogger mania

    BalasHapus
  10. yang penting mah udah jago nge-dongeng gan, ngalir dah tuh lancar ny... tinggal mao nge-dongeng gaya apa, ha3...
    tergantung mindset masing2 lah :D

    BalasHapus
  11. wuih keren kali kaka, lanjutkan terus dis :)

    BalasHapus
  12. Biasanya yang mainstream itu adalah orang-orang kantoran dan pekerja dari disiplin ilmu tertentu yang sering memakai bahasa baku, sedangkan traveller hanya sebagai sampingan. Kenapa traveller tidak dijadikan aktivitas utama? Yak, karena mereka digaji jutaan per bulan untuk bekerja di kantor, menghidupi anak istrinya yang kemungkinan juga mainstream... :)

    BalasHapus
  13. Anak muda, kamu harus jadi lebih tua beberapa tahun untuk bisa menyadari bahwa di posting ini kamu adalah traveller yang sombong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaelah, udah pake akun anonim. Gak baca ampe abis lagi. baca coba ampe abis.
      ada 2 sudut pandang menanggapi orang yg sharing atas apa yg dia peroleh. 1) kamu iri. 2) kamu malah termotivasi. Nah kalau iri, jatuhnya nge-judge orang sombong deh. Kalo lebih tau makna yang disampaikan pasti gak bakalan ngejudge begono. Hih!

      Hapus
  14. Yeah, ininya tulis aja dengan gaya kita. Setip gaya pasti punya pangsa psarnya masing-masing kok. :D

    BalasHapus
  15. Dis, kapan ketemuan? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas indraaaaa...ayoooook.. hubungi adis aja mas, kapan aja bisa kok hehe..gak ada trip ampe januari soalnya :D

      Hapus
  16. Adisss.. Tengkiuuu.. Gw masih tahap yg lo bilang neh, blog gw sehari paling banyak dikunjungin 12 orang *perihhh*.. Tapi gpp, toh gw menulis krn gw seneng menulis bukan hanya sekedar ingin dibaca orang.. Semakin termotivasi gw dis.. Thanks a lot.. Ayo buruan di publish Part 2.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAAAAAAH! Betul. terus nulis yah, gue juga pernah mengalami masa masa perih seperti itu, tapi toh akhirnya terlewatkan juga hehehe~

      Ditunggu part. 2 nyaaaaah~

      Hapus
  17. 'gegara' sama 'tetiba' itu kata bikinan adis bukan yaa? soalnya pertama ngeliat yaa dari baca blog ini. *serius nanya dgn muka polos*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya yak. tapi bukan sik, banyak di twitter kok yang pake kata itu~

      Hapus
  18. Wah...pake pasang pageviews segala, jadi sirik nih #ehh
    Good job Dis, u salah satu travel blogger paling kocak seumur-umur hehe... Jempol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe... jadiin motivasi beroh~

      anyway, thanks beraaaaat!

      Hapus
  19. Jujur... bikin gw "terbakar" sebagai traveller, n travel writter wannabe..
    haha

    BalasHapus
  20. adis, tips and triknya bagus banget semoga menambah motivasi gue untuk menulis cerita perjalanan.

    BalasHapus
  21. Gila, inspirasi banget nih mas bro. Tapi kadang selera humor gue jelek bang. Jadi blog gue semua bahasanya kaku semua bener-bener kaku. Oke mulai sekarang gue akan buat blog gue jadi lebih asik! dengan cerita yang lebih asik! Thanks mas bro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya gak usah melulu humor sih sob. yang penting lo bisa menuliskan itu dengan tidak membosankan, itu udah bagus. hehe.. banyakin aja baca sob.

      Hapus
  22. Keren, Makasih udah berbagi

    cek http://enter07.blogspot.com/

    salam kenal

    BalasHapus
  23. Ihh baru nemu blog ini.kenafah ga dr dulu ya nemu nya ㅠㅠ
    Keren blog nya! Oh ya makasih jg udh kasih tips ngedapetin tix pesawat murah hohohoho...
    Salam kenal ya :-)


    Best Regard
    Vivi Mahesa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Vivi, kamu cantik gak? coba dong mention ke @takdos sapa gitu. *dikeplak*

      Hapus
  24. lo nulis asik bgt, kaya mba2 panti pijet, bikin orang geli ketawa.. hahahah.. bener, gw baca tulisan2 backpacker laen aga menjemukan dan gw cuma baca point2 pentingnya aja. beda ama blog ini, gw baca kata perkata paragraf per paragraf, karna emang ga ngebosenin, ngakak abis dah gan...

    keep moving forward aja... sukses slalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. weiiiiiiiiiiitssss~ thanks bro wiliam, semoga lu cepet jadi raja Inggris yah. amin!

      Hapus
  25. keren nih gue pengen ketemu orang aslinya deh, aslinya beulah teu nya? :s

    BalasHapus
  26. eh man entah kenapa gue bisa nyangkut disini. yg pasti gue menemukan kata "mushroom sawarna" dari keyword budidaya magic mushroom di om gugel yg gue ketik, dan mulai melucuti isi blog lu ini. ternyata blog lu asik dan berhasil bikin gue ngakak sebelum melahap jamur ajaib ahahaha
    salam kenal dan sukses deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaah salam kenal bro ajie. Bagi gue mushroomnya dong ah!

      Hapus
  27. gue juga bingung kenapa bisa nyangkut di blog ini, tapi yang jelas hobi kita camaaaaaaa :D

    BalasHapus
  28. Panjang...........
    tapi asik baca nya...
    ini menjawab pertanyaan gw kenapa ada disturbing picture di kiri bawah layar site lo. ternyata lo berusaha ngebanyol pake poto teletabis..
    btw.. tulisan lo juara.. sayang gw ga suka nulis, jadi blog gw gitu2 aja.. hehe.. kalo berkenan silahkan mampir ke blog gw...

    BalasHapus
  29. Yap. Gaya menulis, yg sampai saat ini masih saya cari, masih suka berunah2 gaya menulis saya nih. Hehe

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Hmmmm.... jadi banyak belajar dengan baca blog ini..
    kalau mau banyak yang baca blognya harus ada yang berbeda yah... ^_^

    BalasHapus
  32. gw suka gaya tulisan elooo. gw nulis dr 2010 gayanya juga begini, ampir2 skripsi begini gaya nulisnya.. hahaha.. cuma juaraaaang banget di tulis di blog. ini aja baru mulai lagi.hehhe. mampir om www.bangzack.com

    BalasHapus
  33. Be the best version of you ya bang~~~~ Sumangattt!!

    BalasHapus
  34. ceritakan setiap kejadian traveler lebih menarik

    BalasHapus
  35. jujur dan tulis semua dari hati :D
    selalu suka dengan gaya tulisan kamu

    keep writing

    BalasHapus
  36. wooo baru denger yang namanya travel writter :D

    BalasHapus
  37. Keren bgt gan sarannya, bisa dicoba :)

    BalasHapus
  38. mantap mas artikelnya dan salam kenal ya

    BalasHapus
  39. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  40. makasih gan buat infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  41. VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    Kami VIPQIUQIU99 AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA mengadakan SEO Kontes atau Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 20 Januari 2017 - 20 Mei 2017, dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,- Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEOAnda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000. Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    BalasHapus
  42. Yuk Gabung Di Bolacasino88.com
    Dapatkan Promo Deposit 100% Sportsbook
    Minimal Deposit Promo 100% Sportsbook Rp 300.000
    Maksimal Bonus Sampai Rp 500.000
    Dapatkan Juga Promo Menarik Lain nya !!!

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - WhatsApp ( +855962671826 )

    Baca Juga Prediksi Bola Tanggal 22 October 2017 :

    http://prediksitoto.online/prediksi-tottenham-hotspur-vs-liverpool/
    http://prediksitoto.online/prediksi-everton-vs-arsenal-22-okt-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-bola-milan-vs-genoa-22-okt-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-bola-napoli-vs-inter-milan/
    http://prediksitoto.online/prediksi-barcelona-vs-malaga-22-okt-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-bola-udinese-vs-juventus/

    BalasHapus
  43. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  44. bagus sob artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  45. mantap mas buat infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  46. ok sangat bermanfaat dan menarik

    BalasHapus