Samosir, Udah Keluar Aja Kuliahnya.


Judul di atas adalah judul yang paling absurd yang pernah gue buat, dan gak ada kaitannya sama sekali dengan apa yang bakalan gue tulis di bawah. Yang penting para backpacker gembel, enjoy~ Onion Head Emoticons 1

“Orang Sumatera harusnya bangga banget punya Samosir ini. Ah...”

Itu yang gue ucapkan ketika untuk pertama kalinya gue liat bentangan luas Danau Toba dari pulau kecil di tengahnya. Iya, Pulau Samosir. Pulau yang adem dan ramah.

Menuju Samosir, gue berangkat dari Siantar, tepatnya dari terminal Parluasan. Pake bus dari terminal, gue cukup ngerogoh kocek sebesar Rp. 10.000,- doang untuk sekali jalan menuju Parapat, terminal sebelum menuju Samosir. Tambah 2 milliyar kalo lo sekalian mau beli kapal pesiar. Onion Head Emoticons 14
 
Bus menuju Parapat
Sesampainya di Parapat, gue langsung terpesona. Halah...

Iya, tapi ini seriusan. Untuk pertama kalinya, gue bisa ngeliat danau yang katanya danau terluas di Indonesia, Danau Toba! Buset. Rasanya tuh yah kayak lo liat laut aja gitu saking luasnya. Gue sempet foto-foto dikit di sana sebelum naik angkot menuju pelabuhan. Sewaktu di Medan, gue pernah dikasih tau sama orang, kalo mau ke Samosir naiknya dari pelabuhan Ajibata yang mau menuju ke Tomok.
 
TOBA!!
Nah, naiklah gue ke angkot yang bakal nganterin gue ke pelabuhan. Gue duduk di dalemnya, gak di atap. Dari Parapat menuju pelabuhan, lo bakal ngelewatin kios-kios yang menjual marchendise khas Danau Toba, mulai dari gantungan kunci sampai celana dan baju bergambar Danau Toba. Yah, sama lah kayak di tempat-tempat wisata gitu.

Nyampe nih ceritanya di pelabuhan Ajibata, di kiri kanan gue berderet banyak travel agent yang nawarin tiket transportasi ke berbagai macam kota di Sumatera. FYI, gue kasih tau aja yah, jangan pernah beli tiket bus atau travel di dekat pelabuhan atau pasar. Harganya bangsat! Yahudi! Bisa lebih mahal 3 kali lipat! HeyHeyPig Emoticons 11

Contoh : Pas balik dari Samosir, gue nanya bus dari Parapat ke Bukittinggi, kan. Si bapak pemilik salah satu travel sana nawarin gue harga Rp. 300.000,- yang gue susul dengan muka cengo. “Jing, mahal banget! Duit segitu bisa gue beliin macbook pro, tuh!” Ucap gue dalam hati. Hati yang patah. Halah..

Terus akhirnya dengan insting gue sebagai backpacker yang berpengalaman, gue gak langsung beli tiket itu karena gue yakin di luaran sana masih ada yang lebih murah, dan gue pun langsung solat istikoroh buat nyari petunjuk. Gue ajak si bapak juga solat. Dia imam-nya. Padahal dia kristen. HAHAHAHA *dikeplak* Wan Wan Emoticons 21

Untuk ngecek harga sebenarnya, gue langsung pergi ke terminalnya. Inilah salah satu cara paling mujarab untuk tau harga transportasi sebenarnya. Nanya harga di sana, ternyata ongkos untuk ke Bukittinggi dengan moda transportasi yang sama hanyalah Rp. 150.000,- dan itu berarti cuma setengahnya dari harga yang si travel kasih. CUK!

Yaudah, pokoknya gitu aja yah.. Moralnya adalah, jangan maenin titit waktu pelajaran filsafat.

Jir! ini gue cerita apaan sih, gak jelas! Bodo ah!HeyHeyPig Baby Emoticons 16
 
"Kendaraan tak bernama"

Lanjut, gue naik kapal air ke Tomok. Gue gak tau kapal air itu disebutnya apaan, yang pasti kayak kapal ferry gitu bertingkat dua, tapi lebih kecil. Bisa masukin motor yang ditaro di lantai bawah, dan penumpang bisa duduk di lantai atas. Atapnya kebuka gitu, jadi gue bisa liat pemandangan Danau Toba sambil diterpa angin semeliwir. Uh, asoy deh pokoknya. Harganya juga cukup murah untuk menuju Tomok dari Ajibata, cuma Rp. 5.000,- doang!


Semeliwiiiiir~
Kurang lebih 25 menit, gue udah nyampe pelabuhan Tomok. Turun dari kapal, gue bingung mau kemana. Bingung mau menetapkan hati ini ke siapa. #eaaaak

“Ojek, dek? Mau kemana?” Seorang bapak tiba-tiba bertanya ke gue yang lagi ganteng sehabis diterpa angin.

“Hehe.. gak, pak. Saya mau nanya aja, kalo penginapan murah di Samosir ini di mana yah, pak?”

“Oh, itu tuh di sana. Di daerah Tuk Tuk.Yuk, naik ojek aja, 25rebu.” Si bapak langsung nembak harga tanpa tedeng aling-aling.

“Buset, mahal amat, pak. Emang jauh banget?” tanya gue.

“Jauh, dek. Di ujung sana.” Si bapak nunjuk ke langit. Gue makin bingung ini Samosir apa kerajaan langit di film Kera Sakti.

“Ah, yaudah gak usah, pak. Saya jalan kaki aja.” Ucap gue menolak halus.

“Jalan kaki? Woh, jauh banget itu, dek! Udah naik motor saya aja, 20rebu deh.” Si bapak tetiba ngotot.

“Ah, gak usah pak.. gak usah.. Saya jalan kaki aja.” Tolak gue lagi.

 “Itu jauh banget, dek. Udah sini 15rebu aja.” Si bapak makin ngotot dan makin nurunin ongkos ojeknya.

“PAK, LIHAT KE SANA.. ADA DUA GAJAH TERBANG SAMBIL GITUAN!” Gue berusaha mengalihkan perhatian si bapak. Si bapak melihat ke arah yang gue tunjuk. Gue langsung kabur.HeyHeyPig Emoticons 27

Anyway, kalian ngerti gak apa yang gue tulis? Gue nggak.

Yaudah, pokoknya selama gue bisa jalan, gue lebih milih jalan kaki daripada naik ojek. Demi apa? Demi menghemat duit! Udah itu aja.

Jalan lah gue ke daerah Tuk Tuk. Tapi karena gue belom yakin di sana ada apaan, akhirnya gue nanya lagi ke tukang warung yang gak jauh dari pelabuhan. Kenapa gue nanya ke tukang warung, at least gue gak akan dipaksa buat naik ojek lagi.

“Bu, permisi mau nanya. Aku ganteng, gak?”

“.....” Si Ibu hening.

“Hemm.. jalan ke Tuk Tuk kemana yah, bu? Jauh gak?” Gue bertanya lagi untuk memecah keheningan di antara kita.

“Tuh, ke sana, ikutin aja jalan ini. Deket kok, cuma 2 kiloan kata si Ibu warung.”

“Oh, oke makasih bu, paling jalan kaki 10 menitan lah yah.”

Si ibu pun mengangguk penuh yakin.
 
Glek!
5 menit..

10 menit..

20 menit..

Setengah jam..

Seabad..HeyHeyPig Emoticons 25

“HAHAHAHAHA.. WOY BANG, GAK CAPEK KAH JALAN KAKI!? ENAKAN KAMI, NAIK DI ATAS MOBIL. HAHAHAHAHA..” Segerombolan anak SMP bajingan ngetawain gue yang lagi kecapekan kek orang yang udah mau mati.

Gue cuma bisa senyum mesem sambil meringis letih bopong backpack segede babon. Ini tanah batak, gue gak berani balik nyinyirin mereka. Bisa-bisa nanti gue dijadiin dendeng bakar sama bocah-bocah SMP. Gue cuma berdoa dalam hati, semoga mereka gak lulus UAN. HUAHAHAHHAHAHA~ Amin.

MUAHAHAHA mati kalian anak-anak kampret!
Setelah lama jalan kaki, akhirnya jalanan gersang dan panas berganti menjadi pemandangan hijau pesawahan. Semangat gue kembali bangkit setelah melihat papan petunjuk bertuliskan Tuk Tuk. Wohoooooo akhirnya gue nyampe!!

Kalo jalan kaki disuguhin pemandangan kek gini, gimana?

Gue pernah bilang kan, kalo jadi seorang backpacker tuh, lo jangan pernah booking hostel sebelum lo nyari referensi lain dulu, yah minimal 4 referensi hostel, supaya lo tau mana harga yang paling murah. TAPIIIIII... kalo lo udah jalan berkilo kilo meter, di PHP-in tukang warung, diolok-olok segerombolan anak SMP dan kondisi fisik lo udah kek orang mau mati, gue saranin langsung aja booking hostel yang ada di depan mata lo. Dan yang gue pilih waktu itu adalah Bagus Bay.
 

Ternyata gue gak salah pilih, sob. Dengan Rp.50.000,- aja gue udah bisa dapet satu kamar yang isinya kasur berkelambu, meja kecil dan kursi di dekat sebuah jendela. Kamarnya mungil lucuk! Selain kamarnya, Bagus Bay juga punya restoran yang keren dan nyediain tarian yang ada patung sigale-galenya setiap weekend. Keren!
 

Ini kepanjangan yah gue ceritanya..

Yaudah bentar lagi ceritanya selesai kok, singkatnya setelah gue booking, masuk kamar, beresin barang, mandi, liat-liat sekitaran Bagus Bay yang punya halaman super keren yang menghadap langsung ke Danau Toba, gue sempet main-main dulu sama anak-anak sekitar. Perjalanan akan menemukan maknanya ketika lo bisa berbaur dengan masyarakat setempat dan merasakan kearifan lokalnya.
 

Puas ketawa-ketiwi sama anak-anak Samosir, akhirnya gue pun kecapekan dan tertidur pulas hingga keesokan harinya..

Bangun pukul setengah 6 pagi. Gue ngulet-ngulet sebentar. Buka pintu kamar. Dan yang gue lihat pas buka pintu kamar adalah.. Onion Head Emoticons 48
 

Dah ah capek. Postingan berikutnya, gue bakalan cerita tentang keanehan Pulau Samosir mulai dari suku kanibal, patung yang menari sendiri, kayang di makam Raja Batak, sampai gue dituduh nyulik anak orang. Mau tau ceritanya? Saksikan di bioskop-bioskop kesayangan anda. Muahahahaha..

Salam Backpacker Gembel !!!! 

Left and Right Emoticons 18

54 komentar:

  1. seru nih ke Samosir...

    btw, komen dulu baru baca hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. .. tapi nggak nge-junk, tetep tulis komentar trit yang nendang *rap ala saykoji*

      Hapus
  2. Adiisssssssss...
    knapa cerita lo selalu bikin iri si???
    owh ya gue udh beli buku lo,,
    begitu bukak, Bab 1 langsung gue lewatin :D

    BalasHapus
  3. cukup ngikik baca yang inih Hahaha

    BalasHapus
  4. WOI.. KAMPUNG GUWEH TUH!!

    BalasHapus
  5. Cepetan bikin posting lanjutannya, keburu panas dingin nih :D

    BalasHapus
  6. haha bisa dicontoh wkwk.. gue rencana mau backpacker sendiri ke pulau seberang bre :D

    BalasHapus
  7. Gigiku kering baca posting ini, dari awal sampai akhir senyum gak habis-habis. Oke, semoga anak2 SMP yang di atas bus tadi semua lulus UAN. Amien :)

    BalasHapus
  8. Hahaha..adis sadis...kalo doanya mustajab tu anak pada nangis darah ga lulus UN :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mari kita doakan saja semoga mustajab.. amin..

      Hapus
  9. asek ngiler jasinya liat sandal dibedakin... EHH GEJE KUMAT..
    seru bang ceritanya..

    BalasHapus
  10. ngakak to the max gw jis, thanks, eehh, btw gw beli buku lo 2, satu bt gw satu lagi bt mendiang buyut gw *ga deng, bt gebetan gw

    BalasHapus
  11. Widihhh.. Serius jalan kaki? Memang bocah ajaib lo Dis..hahaha.. Kerenn view nyaa..

    BalasHapus
  12. hahahah, kenapa ga ikutan aja tuh sama bocah bocah naek mobil :ngakak

    BalasHapus
  13. Nyobain babi panggang ga di Samosir? Jangan ngaku deh dari sana kalau belum tahu gimana rasanya menikmati makanan khas suku paling jago nyanyi se-Indonesia :D

    BalasHapus
  14. heeee gw wkt k samosir juga nginep d bagus bay, ktmu abang nado ga tu? si gimbal:D

    BalasHapus
  15. Danau Toba emang keren abis! Sewaktu gw masih muda (cieh kaya sekarang udah tua aja), gw udah kelilig hampir keseluruhan Danau Toba (bukan nyombong ye) seperti Tele, Pangururan, Silalahi, Balige, Huta Ginjang, Tuktuk, Parapat, Tongging, dan Tomok. Mantap banget dah!!

    BalasHapus
  16. ini gue ijin share yah, Bang

    BalasHapus
  17. kang mas, ini lanjutannya mana???
    penasaran nihh..

    BalasHapus
  18. dis.. gw males nyari ..
    Link Lanjutannya donk.. sekalian kalo ada cerita lo lagi di Sabang,, karena apa dis?? lo tahu gak? gak kan??
    yaudah gw kasih tahu..
    Karena gw juga MAU KESANA !!!
    udah gitu aja -,-

    BalasHapus
  19. sebenernya sih kalo mau ke samosir bisa Gratisan bang dis, tapi Trik nya kudu nunggu kapal ferry yg mau nyebrangin mobil ke samosir...naah di situ bisa numpang, dan gratisan tentunya... (Sebenernya denger² cerita Temen)

    BalasHapus
  20. Great day time. I love your site publish. Everything appears wonderful.

    LOL欧服代练  buy lol elo boost  Cheapest Fifa 15 Coins  Buy lol boosting

    BalasHapus
  21. Udah singgah ke menara tele belum ?

    BalasHapus
  22. Bang, menurut lo kalo cewek backpacker sendirian ke Samosir pegimane? aman2 aja gak? thanks!

    BalasHapus
  23. dari tomok ke tuk tuk 10 menit??????????
    hahahha
    sudah pernah merasakan jauhnya.... but terbayar dengam indahnya pemandangannya..
    :D

    BalasHapus
  24. Bang, kereta ke Siantar dari Medan berangkat jam berapa? Dan sampe Siantar jam berapa?

    BalasHapus
  25. may be useful for all, helpful article once and pardon me permission to share also here Cara mengatasi sakit pinggang karena batu ginjal

    BalasHapus
  26. Over the years there have been many different Michael Kors Outlet Store launched with some being more successful than others. Even the Michael Kors Outlet that did not reach the dizzying heights of success as some of Michael Kors's best sellers were still very, very well made leather handbags. One such Michael Kors Outlet Store Online that became a fashion icon was the Michael Kors Wristlet Sale.
    If you want to get more information,click here!

    BalasHapus