[7 Wonders] Overland Trip + Mobil Tangguh + Kopi + Sumatera = Perfect!



Ada rasa sesal,  kesal, dan ngiri ketika gue harus baca lagi kisah perjalanan teman-teman sewaktu ikutan trip “Terios 7-Wonders Sumatera Coffee Paradise”. Sesal karena gue gak sempat ikutan dan berpartisipasi pada trip itu. Kesal, karena konsep trip-nya adalah apa yang gue mimpi-mimpikan, bertualang overland menggunakan mobil, dan ngiri karena destinasinya yang keterlaluan keren dan gue pengin banget ke sana karena destinasinya adalah tempat-tempat di mana kopi-kopi juara Sumatera di produksi! Dan gue adalah pecinta kopi sejati. Saking cinta banget sama kopi, gue mau nikah sama sekarung kopi. Akh!

Yang epic nya lagi, “Terios 7-Wonders Sumatera Coffee Paradise” bertema petualangan dengan tagline “Sahabat Petualang”. Trip overland menggunakan 3 unit Daihatsu Terios Hi-Grade type TX-AT dan TX-MT  selama 15 hari ini, melewati 7 spot penghasil kopi terkenal di Sumatera. Di mana aja tempat itu? Mari gue kasih ringkasannya:
 
Perpisahan :'(

1. Kopi Liwa, Lampung

Sumatera memang dikenal sebagai penghasil kopi kelas dunia. Dan beruntunglah para peserta “Terios 7-Wonders Sumatera Coffee Paradise” berkesempatan mengunjungi tempat penghasil Kopi Liwa. Menyusuri rute Liwa - Danau Ranau, kita bakal disuguhi pemandangan hamparan hijau perkebunan milik warga dan Danau Ranau yang cantik. Perjalanan yang panjang seolah terbayar dengan menyecap segelas kopi panas di Sipatuhu. Selain itu, Kopi Liwa juga tengah berinovasi dengan membuat kopi beraroma ginseng dan pinang. Hemm.. kebayang gak lu gimana nikmatnya minum kopi di tengah pemandangan keren Danau Ranau? Pasti epic!


Dan yang paling bikin ngiri, di sana juga ada sentra pembuatan kopi luwak. Dan lu bisa liat langsung luwaknya makan biji kopi, terus eek, terus diproses dan voila, menjadi kopi paling mahal sedunia! Ah, sayang gue gak ngerasain :(


2. Kopi Lahat, Sumatera Selatan

Ada dua hal yang akan timbul di kepala gue kalo denger kata “Lahat”. Pertama, jalur gue kalo mudik ke Palembang. Kedua, bajing loncat! Iya, Lahat terkenal banget sebagai area yang berbahaya untuk para pengendara. Ya, selain jalannya yang terjal dan lumayan bahaya, di Lahat juga sering terjadi perampokan kendaraan bermotor saat malam hari. Sampai ada yang bilang, kalo lewat Lahat malam hari, lebih baik perjalanannya ditunda dulu, dan lanjutkan pada pagi atau siang hari. Karena memang sangat berbahaya.Tapi, sekarang udah berubah. Lahat yang sekarang adalah Lahat yang dikenal sebagai penghasil kopi unggulan. Dan salah satu pemilik home industrie kopi di sana adalah Pak Zahari Cikman pemilik Privatir yang berdiri sejak tahun 1980. Produksi kopi Pak Zahari bisa mencapai 100kg/ hari, WOW! Dan lagi-lagi, peserta “Terios 7-Wonders Sumatera Coffee Paradise berkesempatan untuk bisa mencicipi kopi terbaik Lahat. KEZEEEEEEEL!

Jalan kayak gini mah dilibas~
Oh, dan untuk jalanan terjal di Lahat? Tenang, Daihatsu Terios dengan mesin 3SZ-VE dengan 4 silinder dapat melaluinya dengan muluuuuuuuus~

3. Kopi Pagar Alam, Sumatera Selatan

Perjalanan menuju Pagar Alam

Hanya berjarak 48 kilometer dari Lahat, rasanya sayang kalo kita melewatkan untuk mencicipi nikmatnya Kopi Pagar Alam. Selain kopi nya yang nikmat, Pagar Alam juga terkenal dengan landscape nya yang hijau. Mengingatkan kita ke Puncak Jawa Barat jaman masih keren-kerennya. Lalu apa yang membedakan Kopi Pagar alam dengan kopi lainnya? Aroma yang khas dan rasa yang lebih lembut membuat kopi Pagar Alam patut dicicipi kalo kita berkunjung ke Sumatera. Apalagi kalo kopi itu menjadi teman bersantap siang di pinggir sungai sembari menikmati gemericik airnya. AAAAAKH PENGEEEEEEEN!!!

4. Kopi Empat Lawang, Sumatera Selatan

Kalo ada daerah di Indonesia yang menggunakan gambar biji kopi sebagai lambang daerahnya, Empat Lawang menjadi (mungkin) satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki itu. Gak heran, karena memang kopi adalah komoditi utama kabupaten yang berada di Sumatera Selatan ini. Saking sentralnya komoditi kopi di sini, pemda dan masyarakat setempat membuat batik dengan berlatar kopi. Unik!
 
Packaging Kopi Empat Lawang

Ada yang unik dari Kopi Empat Lawang sendiri. Kopinya merupakan persalingan dari kopi jenis arabika dan robusta, maka gak heran kalo aromanya begitu kuat. Hemm.. gue kira yang bisa persalingan itu cuma ibu-ibu hamil doang.

Itu mah persalinan, Dis! Ahelah, lu!

Selain didukung penuh oleh pemerintahannya, bukan cuma biji kopi saja yang dihasilkan oleh daerah ini, tapi juga ukiran-ukiran yang dibuat dari bahan kayu kopi itu sendiri. Keren abis, kan? Jadi semuanya bisa dimanfaatkan.

5. Kopi Curup, Bengkulu

Perjalanan menuju Bengkulu, keren penumpangnya gak keujanan~

Walaupun di Bengkulu didominasi dengan makanan khas Minang, tidak hal nya dengan kopi. Kopi lokal tetap menjadi primadona di sini, Kopi Curup atau yang lebih dikenal dengan nama Kopi Bengkulu ini punya keunikan tersendiri, yaitu ampasnya bisa diseduh kembali.

6. Kopi Mandailing Natal, Sumatera Utara

Para ibu petani kopi :)

Gak heran kalo Terios dipilih untuk mengeksekusi perjalanan overland Sumatera ini. Jarak dari Bengkulu ke Bukit Tinggi menjadi perjalanan terpanjang para peserta trip “Terios 7-Wonders Sumatera Coffee Paradise” selama di Sumatera. Gak tanggung-tanggung, 628km atau perjalanan seharian penuh berhasil dilibas mobil dengan ground clearence yang tinggi ini.

Mandailing juga adalah salah satu tempat produksi kopi Indonesia paling terkenal di dunia. Dan konon, Kecamatan Pakantan di Mandailing Natal adalah merupakan industri pertama kopi di Pulau Sumatera yang dibawa Belanda pada tahun 1699 hingga 1878. Karena berada di ketinggian 1,200 meter, kopi Arabika atau yang masyarakat lokal sebut Kopi Godang  menjadi kopi yang paling banyak ditanam di sini. Dan tebak, berapa luas kebun kopi di sini? Ratusan hektar! WOW!

7. Kopi Takengon, Aceh

Penyaringan Kopi

Gue pernah ke Aceh, dan di sana banyak banget kedai kopi pinggir jalan yang menjadi tempat nongkrong para warga setempat serta para pendatang. Karena di Aceh, ngopi sudah menjadi sebuah budaya. Kopi Takengon atau yang lebih dikenal dengan Kopi Gayo ini bahkan menjadi andalan salah satu gerai kopi terkenal di dunia. Iya itu, gerai kopi yang logonya cewek ijo bertangan penjapit kepiting. Tau, kan?

Saking terkenalnya Kopi Gayo, banyak sekali pembeli baik lokal maupun mancanegara yang datang langsung ke Takengon untuk dapat langsung bertransaksi dengan para pengusaha kopi di sini. Ini lah salah satu hal yang membuat Indonesia dikenal baik di mancanegara. Senagai penghasil kopi kelas wahid di Dunia!

Last Destination..

And well, yang namanya perjalanan pasti ada awal dan akhir. Maka “Terios 7-Wonders Sumatera Coffee Paradise”-pun berakhir di tempat paling ujung di Pulau Sumatera, Titik Nol Kilometer Sabang, di mana batas negara Republik Indonesia dimulai. Setelah melewati 15 hari dan jarak tempuh sejauh 3.657,1 kilometer menjelajah kekayaan alam dan hasil bumi Sumatera, dengan suspensi empuk, audio keceh, dan segala keunggulannya, Terios membuktikan bahwa mereka tangguh dan layak di sebut sebagai mobil “Sahabat Petualang”. Sumatera, men! Dilibas!

Berikut keunggulan Daihatsu Terios:
 

Kuat dan tangguh. Mobil ini dilengkapi dapur pacu berkode 3SZ-VE 1.500 cc DOHC 16 Valve VVT-i bertenaga 109 ps/6.000 rpm dan torsinya 14,5 Nm/4.000 rpm. Mobil Terios ini benar-benar cocok bagi anda yang memiliki jiwa petualang. 

Suspensi optimal. Suspensi (Depan): MacPherson Struts dengan per keong dan stabilizer. Suspensi (Belakang) : 5 Link Rigid Axle dengan per keong. Melewati berbagai medan tetap terasa nyaman dengan Terios. 

Projector Headlamp (TX). Desain sporty yang memberikan pencahayaan maksimal namun tidak menyilaukan. 

Rear Lamp. Lebih modern dan dinamis, serta meningkatkan visibilitas kendaraan dari belakang. 

New Center Cluster. Sporty dan mewah dengan balutan aksen metal dan chrome. 

AC Double Blower (TX). Kesejukan merata dapat dinikmati di setiap sudut kabin, menjadikan perjalanan Anda kian menyenangkan. 

New Meter Combination. Desain sporty dan mewah namun tetap mudah dibaca. 
7 Seater. Tempat duduk yang nyaman dan lega untuk 7 penumpang. Tentu saja anda dapat mengajak serta keluarga dalam berpetualang. 

Electric Power Steering (EPS). Kemudi menjadi lebih ringan dan hemat bahan bakar karena diatur secara elektrik. Alasan penting memiliki Terios karena harga bahan bakar yang cenderung sering naik. 

TAF (Total Advance Function) Body. Teknologi keselamatan pasif pada konstruksi body mobil yang akan menyerap efek benturan pada saat terjadi tabrakan, sehingga aman bagi pengemudi dan penumpang di dalamnya. 

Bukan hanya perjalanan jauh, menikmati berbagai macam kopi dan keindahan alam Sumatera saja yang diusung oleh “Terios 7-Wonders Sumatera Coffee Paradise” ini, tapi juga merasakan kearifan lokal masyarakat Sumatera dan berbagi kepada sesama di setiap wilayah yang mereka lalui. Dengan perjalanan ini, sekaligus menjadikan PT. Astra Daihatsu Motor sebagai APM pertama yang sukses menjejakkan kaki di ujung Serambi Mekkah. Congrats!
 
Penyerahan plakat di titik 0 km

Dan untuk perjalanan selanjutnya, Daihatsu Terios membuat trip keceh dengan tema “Terios & 7 Hidden Paradise” yang menjelajahi Pulau Sulawesi. Karena gue belum pernah ke Sulawesi dan perjalanan overland menggunakan mobil itu impian gue, simple, harapan gue adalah bisa bergabung menjadi salah satu bagian dari perjalanan keren Terios selanjutnya, dan yang pastinya gak akan pernah bisa gue lupain. Amin! *udah kebayang aja gimana serunya overland trip sama Terios!*

Artikel ini diikut sertakan dalam lomba blog dari Daihatsu dan Viva_log :)



14 komentar:

  1. Penyesalan selalu datang terakhir ya..
    Semoga perjalanan selanjutnya bisa ikutan ya kak. Jangan lupa ceritain juga kalo bisa tambahin video-video gitu:)

    BalasHapus
  2. ini tempat gawe ane dulu gan..

    BalasHapus
  3. kopi sidikalang gak disebut hiksss

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Pecinta kopi abal2 hehe,
    Ke sumatera tpi gak mampir kejambi buat nyicipin kopinya.

    BalasHapus