Menikmati Hamamatsu Matsuri di Shizuoka A la Backpacker Gembel! #JapanTrip


Apa yang paling penting dalam sebuah perjalanan?

Bukan berapa uang yang lu bawa. Bukan di mana penginapan yang bakal lu tidurin. Bukan transportasi apa yang bakal nganterin lu. Jawabannya cuma satu, apa yang paling penting dalam sebuah perjalanan adalah bagaimana lu bisa menikmati apa adanya perjalanan tersebut.

Pukul 8 pagi, setelah gue berpamitan dengan Takeshi, pemilik penginapan kecil di sebuah desa bernama Makigaya (buat yang belum baca cerita gue di Makigaya, noh baca postingan sebelum-sebelumnya. Jangan males baca lu!), gue melanjutkan perjalanan gue di Jepang.

Sesampainya di stasiun Shizuoka, kebodohan gue muncul. Sebelum memutuskan untuk pulang ke Osaka, gue ngecek harga kereta untuk ke sana, di internet harga yang dicantumkan ternyata gak sama dengan harga yang ada di stasiun kereta. Gue lupa berapa harga pastinya ke sana, tp yang paling fatal adalah, ada satu angka yang hilang sodara-sodara! Jadi misal di internet ongkos ke Osaka itu 100,000 rupiah. Nah, pada kenyataannya yang gue liat adalah 1,000,000 rupiah. Iya, angka “0” nya ilang satu. Dan seperti yang kalian tebak, gue gak ngambil itu kereta dan akhirnya gue memutuskan untuk naik bus.

Pembelian tiket bus di Jepang juga super ribet, di Shizuoka, kalo lu mau beli tiket bus, lu bisa dateng ke tempat penjualan tiket yang tepat berada di pintu belakang stasiun, dan jangan harap lu bisa langsung dapetin tiketnya untuk hari itu juga. Dan kebodohan gue muncul lagi. Tiket bus juga gak bisa gue dapetin hari itu juga!

Pertanyaannya adalah: Gimana caranya gue bisa balik ke Osaka, karena perjalanan dari Shizuoka ke Osaka kalo pake bus bisa ngabisin waktu seharian, dan itu mepet sama waktu kepulangan gue ke Indonesia. Untuk bisa tepat waktu pun, gue harus pake kereta yang harganya mahal. Dan gue gak sudi bayar mahal! Akhirnya gue muter otak. Otak gue keluarin, terus gue gelinding-gelindingin di tengah jalan. Gak deng.

Gue beruntung, waktu itu si paman penjaga loket tiket nyuruh gue nunggu ampe siang, siapa tau ada tiket yang di cancel dan gue bisa pake bus buat ke Osaka. Okay, sambil nunggu gue nonton JAV sambil coli. Gak deng.

Kalian pikir gue bakalan coli di situ apa, hah? Sorry, gue tidak se-gak-bermoral itu, ya masa gue nonton JAV sambil coli di tempat penjualan tiket!!?? Ya gak, lah! Gue izin pake toiletnya dulu bentar.

………. Aaaaaah~


Sehabis melepaskan “beban”, gue izin ke paman penjaga tiket buat keluar dulu cari makan, dua jam lagi gue balik ke tempat dia sambil berharap tiket untuk gue pulang ke Osaka ada.

Seperti cerita gue sebelumnya, Shizuoka bukanlah kota yang super sibuk kayak Tokyo, atau banyak sight seeing kayak Kyoto. Jadi gue agak males buat jalan-jalan, dan akhirnya gue masuk ke Sub Way yang ada di sebelah stasiun buat makan pagi yang dilakukan pada siang hari. Yah, itung-itung ikut ngadem di café nya yang ber-AC sambil tiduran, nunggu kabar tiket bus gue ke Osaka.

Di Jalan Gue Liat 2 Siswi Jepang ini, keliatan CD-nya. Yang mau PM aja :))
Teng!

Pukul 11 siang gue balik lagi ke tempat penjualan tiket. Dan yes, saat backpacking gue selalu didapet aja keberuntungan. Si Paman ngasih gue secarik toket tiket yang bertuliskan Osaka. Gak deng gue boong, tulisannya pake Jepang semua, cuy! Kagak ngerti gue! Tapi setelah gue tanya itu tiket beneran ke Osaka, si Paman ngangguk-ngangguk. Akhirnya gue duitin itu tiket, harganya cuma seperempat dari harga kalo gue pake kereta.

Tapi, kebodohan muncul lagi. Pas mau keluar, di Paman teriak,

“You come here at eleven, okay.”

“Hah? Yes, 2 hours again I will come here to take a bus.” Jawab gue.

“Ah.. no.. no.. see your ticket.” Gue periksa toket gue. Masih normal, gak tumbuh segede personil duo serigala.

“…..”

“ANJRIT!” Gue kaget! Bukan, bukan karena  toket gue masih normal. Tapi ternyata tiket yang gue beli untuk keberangkatan jam 1 malem! Itu berarti 14 jam gue harus nunggu bus datang dan terkatung-katung di Shizuoka!! *mewek*

Karena gue masih lama di Shizuoka, dan gue bete kalo diem aja, akhirnya gue coba muter-muter Shizuoka jalan kaki. Pokoknya, setiap ada tempat yang banyak orang gue datengin. Gue jalan terus.. gue liat ada tempat menarik, gue samperin. Gue jalan lagi.. tiap liat orang rame, gue juga ikut-ikutan ke sana.. Dan karena di sana gue liat lagi ada bazzar gitu dan kebetulan pas lagi musim mendaki Gunung Fuji, banyak banget gue ketemu sama para pendaki yang berpakaian lengkap. Salah satunya si teteh geulis ini..


CAKEP ABIIIIIIIIIIS! Tapi kayak cewek-cewek Sukabumi yah :|
Sampai akhirnya gue liat ada banyak orang pake baju yang suka gue liat di film-film Jepang lagi pada ngumpul. Gue samperin, ternyata mereka ngumpul di depan kuil, dan di dalem kuilnya rame banget! Gue kira ada yang maling motor lagi digebukin, ternyata yang maling spion mobil.

Gue ragu mau masuk ke kuil itu, karena kan itu tempat suci, gue merasa kotor masuk ke kuil itu. Dan lagi itu adalah tempat beribadah umat lain.

Akhirnya gue masuk.

Lah…





Di sana gue liat banyak yang foto-foto, ada bule juga foto, akhirnya gue nanya ke batu. Ya gak lah! Gue nanya ke bule itu.

“Sir, what happen here?” Tanya gue.

“Oh, This is Matsuri”

“Hah, Mansturi?” Kayak adiknya Mandra yah.

“No, Matsuri. This is Summer Festival in Japan. And bla bla bla..” Si Mister ngecablak gak jelas. Gue langsung pergi liat-liat lebih deket.

Dan gak disangka, kesialan gue  dari tadi ternyata adalah keberuntungan! Gue berkesempatan liat dan ngikutin Hamamatsu Matsuri yang cuma ada pas musim panas di Jepang. Dan di Shizuoka ini lah salah satu Matsuri terbesar. Lucky me!

Oh iya, buat yang belom pernah ke Jepang. Muahahahahaha… Matsuri itu berarti juga Festival. Atau dalam agama Shinto, Matsuri juga dapat diartikan sebagai persembahan ritual.

Makanya ke Jepang dong biar tau!

Yang pake topeng goblin ini nenek-nenek, lho!
Hamamatsu Matsuri adalah festival yang dilakukan oleh warga Jepang setiap musim panas, setahu gue nama festivalnya berbeda-beda di tiap daerah, jadi ada namanya Gion Matsuri, Atsuta Matsuri, Aoi Matsuri dan masih banyak lagi. Tapi khusus Hamamatsu Matsuri diadakan setiap pertengahan bulan Juli. Nah, Hamamatsu Matsuri ini mirip-mirip juga sama Sisingaan  di Subang, atau Ogoh-ogoh di Bali. Jadi mereka bawa arak-arakan gitu keliling kota. Hamamatsu Matsuri sangat kental sama nilai religinya, mereka membawa semacam kuil kecil sebagai bentuk terima kasih. Entah ke siapa, gue gak mau su’udzon.

Daaaaaan.. nih, lu liat aja foto-foto gue pas lagi ngikutin Hamamatsu Matsuri sambil keliling-keliling kota. It’s totally awesome experiences!!









Sehabis penat ngikutin Hamamatsu Matsuri ampe malem, akhirnya gue balik lagi ke stasiun dan nunggu bus yang bakal nganterin gue ke Osaka dateng. Nah, di Osaka, gue bakalan ngasih tau dan ngasih liat ke kalian sisi jelek dari Jepang!

Kata siapa Jepang bersih?

Kata siapa Jepang gak ada gembelnya?

Kata siapa Jepang rapi dan gak berantakan?

Kata siapa di Jepang semuanya mahal?

Nah, di postingan berikutnya gue bakal ngasih tau kalian semua yang jelek-jelek tentang Jepang!

Tapi....

50 komen dulu dooooong, baru gue terusin~ 
Bonus



Udah punya backpack terbaru dari Whatever Backpacker? Mau backpack dengan teknologi solar charger yang bisa ngecas gadget lu pas lagi jalan-jalan? Nih order langsung ke wtvrbcpr.com

Buruan, lagi harga promo dan banyak diskon! masukin kode "whateverbdg" buat dapetin potongan harga 100,000! ssssstttt... Jangan bilang-bilang yak!

86 komentar:

  1. Keren kak bacpacknya mau order lumayan diskonnya, langsung ke websitenya aja kali ya... Btw, kak aw udah follow grup celoteh backpacker kok belum diconfirm? Caranya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya langsung ke website nya aja buruan mumpung masih berlaku kode vouchernya. Nanti di confirm~

      Hapus
  2. "Makanya ke Jepang dong biar tau!"

    Ini kalimat paling tai di postingan lu kang. BESOK GUE KE JEPANG!
    Btw, ngomongin tentang Matsuri, kayaknya gue pernah liat ituuuu di anime.. iya anime nggak salah lagi.

    Tapi anjiss bener ya, minta 50 komen biar ceritanya dilanjutin. Taik abis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di anime? ckckckkckc..

      hahahaha.. sok ga, lu kesana. Pasti betah banyak paha bening!

      Hapus
  3. ditunggu banget yaaa postingan selanjutnyaaa.... I’m gonna move to japan for three years... tulisan2 ini ngebantu banget setidaknya untuk membayangkan keadaan negara itu!! thanks for posting!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. postingan selanjutnya nungguin komen ke 50 dari kalian hahahahahaha~

      Hapus
  4. anjay... ngecoli. Wwkwkw... tapi btw ceweknya cakep2 standar indo, ngak bisa ngalahin agnes. Hihihi Ka' Whatever makasih juga untuk referensinya tentang Japan. doain aja moga Fieldtrip gue sama teman2 seangkatan bisa kecapain untuk ke Japan. Ok ka' gue tunggu next postingannya. yeyaaa!!

    BalasHapus
  5. gilaaaaaaaaaaaa keberuntungan lo patut di jempolin bisa serba Nge-pas beginii..
    lanjuttttttttt lanjuttttttttttt plissss

    BalasHapus
  6. Iyaiya biar lebih puas emang harus lihat sendiri ke tempatnya langsung. Tapi cukuplah buat informasi traveling ke Jepang.

    BalasHapus
  7. Manteb pisan emang neh backpaker

    www.alimuakhir.com

    BalasHapus
  8. I love you bang

    BalasHapus
  9. Bang kok lu keren bgt sih. Mau gak jadi pacar saya?


    (Nyampah di komen biar cepet2 50 biar lanjut ngepost).

    BalasHapus
  10. Ai maneh kapan tobat nya dis?hahaha cola coli wae!

    BalasHapus
  11. anjiiiiiiiiiiiiirr, keren lo bang. mayan ni tulisan buat referensi.

    "Makanya ke Jepang dong biar tau!".

    iye gw bakal kesana mei tahun depan. tapi ga bisa coli karena pergi bareng istri

    BalasHapus
  12. GO GO GO GO GO Tembus 50 komen ~

    BalasHapus
  13. Backpacker sinting!

    BalasHapus
  14. backpacker cabul....btw,PMin dong foto 2 siswi yg CDnya kliatan itu...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  15. Bestnya. Negara matahari terbit.

    BalasHapus
  16. Bestnya. Negara matahari terbit.

    BalasHapus
  17. Baru tiga tujuh komen,.
    Wara bikin jadi lima puluh aaah...

    Mumpung nggak ada kerjaan,. Hahahaha,.

    Berarti ini komen yang ke-38 ya

    BalasHapus
  18. Komentar Ke Empat Puluh Empat

    BalasHapus
  19. enaknya bisa kemana-mana...wa ngiri bgt gan..
    kapan-kapan ajakin gue ya :)
    ditunggu artikelnya "yg jelek2 dr jepang gan" :Dv

    BalasHapus
  20. Memasukan komentar ke empat puluh sembilan

    BalasHapus
  21. Daaaaaannnnn,, terereng tereeeeeeeeeeeeenggggg...

    Jeduar.!! Jeduar.!!!!

    "KOMENTAR KE-LIMA PULUH"

    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

    BalasHapus
  22. Bang kalo backpacking sm aku pacarnya marah gak?apa msh jomblo aja?muehehehe

    BalasHapus
  23. Kapan backpacking sm istri bro?

    BalasHapus
  24. Terus kalo ke jepang gini, bahasa sehari2 jepang ato english broo?

    BalasHapus
  25. wehhh dosss udah lebih dari 50 nihhh komentarnyaaaaaaaa, ayo lanjut lah jangan malas malasss haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjis, itu mah si wara nyampah makanya cepet jadi 50 juga euy :|

      Hapus
  26. uda 50 tuh bang,cerita selanjut nya keluarin bikin penasaran nih :D

    BalasHapus
  27. Ieu tos kaping salapan kang, teraskeun ateuh tulisanna..
    Kaya apa pian nih, kalawasan urang manghadangi kena - jar urang banjarmasin..

    BalasHapus
  28. Enak ya elu jalan-jalan ke Jepang, ajak2 dunk
    hehehehe

    BalasHapus
  29. menunggu episode selanjutnya

    BalasHapus
  30. keren abis nih..apalagi ada kata2
    Makanya ke Jepang dong biar tau!... pngn kesana mas... cuma lagi nabung..wkwkw

    BalasHapus
  31. buruan dong dilanjutin,tahun depan gue mau kesonoo

    BalasHapus
  32. mantab banged ini perjalanannya.. :)

    BalasHapus
  33. sip om.. wah kapan2 mau kesana ahh...

    BalasHapus
  34. Kapan ya ada waktu main2 ke jepang :( apa mungkin disisa hidupku masih bisa kesana? :'(

    BalasHapus
  35. di osaka banyak banget orang yg tidur di pinggir jalan, mulai dr pekerja sampe gembel beneran !

    BalasHapus
  36. di Jepang orang telat pulang kantor gak dapat kereta juga tidur di jalan... di indo tidur di jalan besoknya lu masuk kantor tapi kantor polisi lapor barang ilang wkwkwkkw

    Game Poker & Domino Online

    Dengan Uang Asli



    BalasHapus
  37. banyak sekali ya nama-nama dari festival itu, ada hamamatsu matsuri, aoi matsuri dan banyak lagi. tapi festivalnya keliatan seru.

    BalasHapus