Apa Aja Yang Bisa Lu Makan Di Jeju Korea


Selain pemandangan dan aktfitasnya, kuliner menjadi salah satu penarik minat para pejalan untuk mengunjungi sebuah destinasi. Begitu juga gue, pas ke Jeju Island, Korea Selatan.

Di kota gue, Bandung, udah banyak banget resto-resto Korea. Nah, kebeneran waktu itu gue nyobain Bibimbap, itu makanan Korea pertama yang gue makan, dan rasanya Bibimbap itu gak enak banget! Ternyata Bibimbap yang gue makan itu adalah Bibi Bibi Sembap.

Abis digebukin majikannya.

Krik..

Karena pengalaman pertama gue makan makanan Korea tidak menyenangkan, dan karena gue orang kaya, akhirnya gue pergi ke Korea buat nyobain langsung makanannya.

Gak deng, gue boong. Gue diundang ke sana sama walikotanya. Hahahak!

Etapi gue beneran kaya, kok.

Ah, anyway, langsung aja, lah! Ini dia beberapa makanan Korea yang gue coba di Jeju Island!

Kimchi


Kimchi ini adalah temennya cabe-cabean.

Itu Kimcil, Dis!

Kimchi adalah desahan bokep Jepang. “Kimchi.. Kimochi.. Ikeh.. Ikeh.. Ah.. Ikeh..”

……

Gak.. gak.. Sok, serius ah, batunaga!

Jadi, Kimchi ini adalah sebuah makanan tradisional khas Korea yang harus selalu ada di setiap sajian makanan Korea.

Gapangnya, Kimchi itu sejenis asinan sayur yang difermentasi dan dibumbui bumbu pedas. Sayur-sayuran yang biasa dipakai untuk Kimchi itu kebanyakan sawi, terong juga bisa. Terong-terongan yang gak bisa.

Bumbu Kimchi biasanya terbuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan tentunya cabai. Jadi kayak lalaban lah fungsi si Kimchi ini kalo di masakan Sunda.

Bibimbap


Ini dia yang tadi gue ceritain! Bibimbap adalah nasi putih yang dicampur oleh aneka sayuran yang direbus kayak toge, wortel, jamur, lobak, telor dengan bumbu merah yang hampir mirip Kimchi. Cara makannya gampang, lu tinggal aduk semua bahannya, terus makan. Udah, idup jangan dibikin ribet.

Dan Bibimbap adalah makanan yang gampang banget ditemuin, hampir semua restoran di Korea ada menu Bibimbapnya.


Bulgogi


Kalian pasti sering denger nama makanan ini. Bulgogi adalah makanan khas Korea yang terbuat dari daging sapi dengan kuah yang kondimennya adalah sayur-sayuran. As always!

Gue heran, deh. Kenapa orang Korea suka makan sayur. Apa-apa ada sayurnya. Mau makan apa ada sayurnya. Apa-apa di sayurin.

Bulgogi ini biasanya disajikan panas-panas, langsung diatas kompor yang menyala. Yah, mirip shabu-shabu Jepang gitu. Rasanya? Beuh, setelah 2 hari makan sayur mulu di Korea, akhirnya gue makan banyak daging juga pas dating ke resto Bulgogi. Mantap!

Tteokbokki


Cemilan khas Korea yang terbuat dari kue beras dicampur dengan bumbu sambal ini rasanya enak banget! Dengan perpaduan rasa manis, pedas dan kenyal, Tteobokki bisa dimakan kapan aja lu mau. Dan biasanya, Tteobokki ini pendamping yang paling pas buat minum Soju.

Soju


Buat yang suka mabok, Soju bisa jadi pilihan. Soju adalah minuman keras khas Korea, sama seperti sake di Jepang atau Ciu di Lombok. Soju terbuat dari destilasi beras (kalo gak salah, kalo salah ya maap) tapi pas gue minum 2 botol Soju, gak berasa apa-apa tuh. Masih kencengan sofi di Maluku :)))

Soju ini jadi minuman yang ngangetin banget di kala cuaca dingin dan hati gundah gulana, apalagi kalo di luar hujan. Beuh, mantap!

Sannakji


Buat yang pengin coba makanan rada aneh, lu bisa coba Sannakji. Sannakji adalah bayi gurita mentah yang dipotong-potong kecil dan disiram dengan air lemon. Bahkan, ketika lu jepit pake sumpit dan masukin makanan ini ke mulut, lu masi bisa liat dan ngerasain tentakel-tentakel guritanya masih menggeliat-geliat di dalem mulut lu. Enak!

Nasi Bunga



Gue gak tau nama makanan ini apaan. Tapi kalo ke Jeju, lu harus nyobain dating ke Jeju Love Story, apalagi kalo lu perempuan. Di sini lu bisa dapetin parfum, kosmetik, body care yang terbuat dari bunga-bunga. Sampai makanannya juga ada bunganya.


Makan di sini, yang kebanyakan bunga, gue berasa kayak Suzanna.

Seafood


Jeju terkenal sebagai penghasil seafood. Jenis Seafood yang paling terkenal di Jeju adalah kerang abalon. Dan kerangnya ini bukan kerang kecil, kayak yang dijual mamang-mamang gerobak yang sambil teriak kerang ijo-kerang ijo..

Kerang abalon di Jeju ini ukurannya ada yang segede kepalan tangan orang dewasa. Orang dewasa yang dewasa sebelum saatnya.



Terus, di mana lu bisa dapetin seafood paling enak di Jeju? Sebenernya banyak banget bertebaran restoran seafood di mana-mana, tapi lu bisa coba restoran seafood dekat sex museum ini.


Jadi, itulah beberapa makanan khas Jeju yang gue coba. Nah, kapan-kapan gue cerita lagi tentang Jeju Island yang keren ini, yah! Gue bakal cerita pengalaman gue nonton Kpop, dateng ke tempat shooting-nya Drama Korea, sampai ke museum-museum keren di Korea!

So, selamat backpacking ke Jeju para backpacker backpacker keceh Indonesia

Bonus dari gue.. Plis, jangan ngeres yah otaknya!!! JANGAN NGERES KALO LO LIAT KERANG INI KAYAK APAAN! PLIS JANGAN NGEREEEESS!!!


Jangan lupa komen yak!


37 komentar:

  1. gw si ngeliat kerangnya itu kayak.....eeeee.......eeeee

    ubi cilembu kematengan... #gakngeres

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANjeeeeeeer! Ubi Cilembu kematengan dari maneeeeeeeeee!!! :))))

      Hapus
  2. Diiisss, sumpah iri beraattt lu bisa ke Koreaaaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu undangan bude, kalo sendiri juga adis belom tentu kesana :))

      Hapus
  3. Emang kerangnya kayak apa, kak? Coba tolong jelaskan :)))

    BalasHapus
  4. WKAKAKAKAKKA YANG TERAKHIR PALING ANJIIIIIIIIIIIIIIINGG. Kalo udah yang ngeres2, gue koneknya cepet banget. Hahaha nice post!

    BalasHapus
  5. bikin envy teruus,maksimal envy.. rajin-rajin posting ya adis

    BalasHapus
  6. Emm... kunjungin balik ya.. akbarinformasi.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Mantep....korea pakanane mentah kabeh koyo kanibal...hhh
    dadi pingin nonton wong indonesia makan cumi idup.....

    사낙지....촣습니다

    BalasHapus
  8. Mantep....korea pakanane mentah kabeh koyo kanibal...hhh
    dadi pingin nonton wong indonesia makan cumi idup.....

    사낙지....촣습니다

    BalasHapus
  9. kalau dilihat dari gambar makanannya unik2 ya pasti enak

    BalasHapus
  10. Ini Yang menyebabkan pertumbuhan genetik orang korea menjadi baik...dulu orang korea pendek pendek karena pola hidup yang berubah menjadikan orang korea berubah dan paling tinggi diantara negara asia lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya yah? baru tau gue, makasih infonya sis

      Hapus
  11. Balasan
    1. impian banyak cewek2 kayaknya yah hahahaha

      Hapus
  12. katanya kimchi itu pedas ya dan baunya agak nyengat gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pedes, tapi asem kayak asinan bogor lah

      Hapus
  13. Saya hanya melihat Pulau Jeju di tivi aja... haha tapi mupeng mau ke sana suatu saat

    BalasHapus
  14. wih, jadi pingin nyoba semua, kapan ya bisa kesana

    BalasHapus
  15. wow, jadi pengen nyoba langsung kesana sekalian liburan haha :)

    BalasHapus
  16. Hallo mas Adis Takdos...enak banget bisa sampe korea.. aduuh... postinganmu kali ini bikin aku lapar mas :D :D :D

    BalasHapus
  17. Rasanya pengen muntah liat gambar yang terakhir

    BalasHapus
  18. blm terbiasa coba makanan luar gitu..gmn ya rasanya,hem...

    BalasHapus