Ranau, Danau Kedua Terbesar di Sumatera


Mungkin gak banyak yang tau tentang Danau Ranau, karena kebanyakan orang lebih tau gue Danau Toba sebagai danau terbesar di Sumatera, bahkan Indonesia. Danau Ranau terletak di Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya Ogan Komering Ulu Selatan.

Untuk mencapai Danau Ranau, kalian bisa menggunakan travel dari Palembang dengan ongkos sekitar Rp. 130.000,- untuk sekali perjalanan yang menempuh waktu sekitar 5-7 jam lamanya. Danau yang membentang luas dan masuk ke 2 daerah Provinsi (SumSel dan Lampung)  ini cakep banget! Gak kalah cakep sama Danau Toba.


Dikelilingi bebukitan disekitarnya, bikin Danau Ranau punya landscape yang asik untuk difoto.

“Lah, ngapain gue kesana kalo cuma liat danau doang, Dis?”

“Woit, kalem dulu serpihan koreng.

Selain menikmati keindahan Danau Ranau yang super luas ini, kalian juga bisa cobain trekking ke Gunung Seminung yang menjadi latar belakang Danau Ranau. Sampai sekarang Gunung Seminung masih aktif, loh. Gunung Seminung sendiri memiliki ketinggian 1.881 mdpl. Untuk mendaki Gunung Seminung, kalian cuma butuh waktu gak lebih dari 5 jam doang, kok. Kecuali kalo kalian ngedakinya sambil ngesot, niscaya waktu yang kalian perlukan adalah 40 hari.


Tapi hati-hati, katanya kalo mau ngedaki Gunung Seminung, kalian harus minta izin dulu ke tetua setempat, katanya sih biar selamat. Tapi kalo kalian males ngedaki gunung, Danau Ranau juga punya pemandian air panas yang berada tepat di bawah kaki Gunung Seminung. Untuk mencapai pemandian air panas ini, kalian bisa meggunakan kapal kecil dari Danau Ranau Regency milik PT. PUSRI. Gue gak tau harganya, tapi kayaknya sih murah. 5 milliar, lah, kira-kira.


Selama di Danau Ranau, mungkin pemandian air panas ini lah highlight gue di sini. Bersama temen-temen blogger dari Indonesia, Malaysia dan Singapur, kita seru-seruan main air. Tapi bukan di kolamnya, kita malah asik loncat-loncatan dari perahu ke Danau Ranau-nya langsung karena ternyata air danaunya juga anget!


Oh iya, selain Danau Ranau, OKU Selatan juga punya tempat yang asik buat kalian yang suka menantang maut,yaitu rafting di Sungai Selabung. Tadinya gue dan rombongan cuma pengin liat keindahan Sungai Selabung, tapi karena tergoda dengan airnya yang jernih serta arus jeram yang kayaknya bisa bikin gue mati kelelep, akhirnya gue, Jo, Hendric, Tris, Maman dan Mas Bolang ngiler juga buat coba ngejajal arus jeram Sungai Selabung. And it was freakin fun!!


Ngiler? Makanya, main ke Sumatera Selatan! 

38 komentar:

  1. Beuhhhhhhh dari fotonya aja bikin ngiler untuk kesana bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYA, NGILER KAN LU!? SINI CEPET CEPET!!!

      Hapus
  2. Gw penasaran ama rafting nya juara ... Air nya bersih seger seger manja

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAKANYA MAS CUM WAKTU ITU TURUN JUGA DONG~

      Hapus
  3. Asikkkkk. Iya, nyesal ga join rafting. Airnya jernih sekali!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, harusnya main rafting lama juga yah di sini ji :(

      Hapus
  4. Saya bru tau juga Danau Ranau ini, memang sumatera selalu identik dengan Danau Toba dan Singkarak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masbro, kudu cobain juga tapi ke sini~

      Hapus
  5. hehe saya masih prefer Toba, deket rumah soalnya..

    BalasHapus
  6. ntar kalo aku ke palembang lagi singgah ah..

    BalasHapus
  7. Duh, Indonesia emang indah banget ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, apalagi ada adisn= nya yah di foto :))

      Hapus
  8. Dari atas, foto-fotonya bagus-bagus semua... sampai... sampai ada yang pakai kancut ituuuuh! Ouch my eyes!! :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga adis ngerasa berat buat uploadnya, mba :((

      Hapus
  9. Mas, bukannya Danau Ranu juga terletak di Lampung? hehehe, ini orang asal Lampung protes,,, Keren dah selain Pulaunya yang cantik juga danaunya,,, :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYA KAN ITU ADA DISEBUTIN JUGA LAMPUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUNG!!!! huehehehhehe

      Hapus
  10. Mupeeeng tapi sayang ngak tahu berenang guenya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. adooooooooooooooh orang Indonesia mah kudu bisa berenaaaaaang!

      Hapus
  11. Menyesal gak ikutan rafting di Selabung. *bikin petisi buat ngadain FAM Trip lagi* *dikepruk ibu Kadis*

    BalasHapus
  12. asli keren bang , jadi pengen kesana hahaha harus tetap jaga alam bang !
    mampir juga dong bang ke ericotheonaldo.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Bro Adis, gua andris. Gua rencana mau trip kesana dari Jakarta bulan mei. Kira" bisa kasih saran rute kesana dengan selamat dan ekonomis sampai balik lagi? Butuh saran banget. Karena gua blm pernah explore nyebrang pulau dlm hidup gua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Andris, kalo dari Jakarta bisa lewat darat juga pake bis. Untuk ke daerah2nya gue rasa agak sulit kalo pake kendaraan umum, kayak ke OKU selatan itu cuma ada travel sehari 2 kali. Itu pun sulit.

      Hapus
  14. Keren banget tempatnya, biasnaya selama ini danau yang selalu dapat perhatian cuma danau terbesar danau Toba saja, bisa jadi rekomendasi buat yang ingin travelling nih :)

    BalasHapus
  15. rafting dengan airnya yang aduhai jernih dan segeeeeer :D hahhaha pengen lagi

    BalasHapus
  16. wih seru banget, jadi pingin kesana

    BalasHapus
  17. deket sama kampung halaman aku :D (y)

    BalasHapus
  18. Perlu dicoba explore kesini ... :)

    BalasHapus
  19. Danau ranau emang kece badai mas!!!

    BalasHapus
  20. Love the photos! Thank you for sharing!
    outlook.com

    BalasHapus