Jangan Jadi Blogger Pelacur!


Mumpung lagi malam minggu, dan mumpung gue gak lagi kemana-mana. Ada baiknya malam minggu ini gue habiskan dengan sharing hal yang berguna kepada khalayak ramai, daripada gue habiskan dengan kegiatan bodoh seperti di bawah ini..


Bantuin ngocok bisa kali. Ngocok senar maksudnya.

Lah, emang senar dikocok, yah?

Ah, sudah lupakan. Wan Wan Emoticons 46

Jadi, di postingan kali ini gue mau berbagi 1 hal penting ke kalian. Terutama kalian para blogger, baik yang udah lama ngeblog, baru-baru ngeblog, atau yang mau mulai ngeblog. Sebenernya, ngeblog itu gampang. Caranya adalah:

1. Bikin akun Gmail
2. Sign up ke blogger.com
3. BOOM! Lu udah punya blog dan siap jadi blogger

Oke, segitu aja tips dan trik menjadi blogger dari gue. Salam Papua Merdeka!
.
.
.
.
.
.
.

"Sampah lu, Dis! Masa gitu doang!"

Santai dulu pupuk kompos! Wan Wan Emoticons 28

Jadi gini, balik ke pengertian blogger menurut gue. Sederhanya, blogger adalah seorang yang sharing apapun yang dia bisa, dia suka, atau berbagi perspektif tentang apa yang si empu-nya blog inginkan. Pada umumnya.

Pada khususnya, kayak gue, travel blogger, ya gue sharing pengalaman dari perjalanan-perjalanan yang udah gue alami, menulis apa yang gue mau dengan bahasa dan gaya bercerita sesuai karakteristik gue sendiri.


Dan celakanya, sekarang malah banyak blogger (at least yang gue tau) lupa akan hal itu. Seolah-olah ngeblog bertujuan untuk nyari duit, nyari popularitas, nyari dolar. Big no!

Jadi apa hubungannya sama Blogger Pelacur? Baca terus postingan gue!

Sekarang gue mau kasih tau beberapa tips gimana cara ngeblog dan jadi blogger yang selow abis: Yoyo & Cici Emoticons 1


1. Ambil Satu Konten dan Fokus

Konten adalah hal yang paling penting buat para blogger. Lebih penting dari solat 5 waktu buat orang kristen.

Dengan memilih konten yang kita suka, ngeblog akan jadi jauh lebih menyenangkan. Dan itu, otomatis berimbas kepada pembaca kita yang bakalan tau bahwa blog kita adalah blog berkonten. Contoh, ketika gue mau traveling ke Kalimantan, pasti yang gue cari adalah blog traveling, dong. Atau ketika gue mau beli hape baru, gue bakal liat reviewnya di blog gadget. Bukan di blog bokep. Walaupun di blog bokep suka ada pemain ceweknya yang masturbasi pake handphone. Tapi sumpah itu gak penting.

Nah, dengan memiliki konten yang jelas dan fokus, blog kita akan mendapatkan "branding" yang lebih tahan lama. Dengan branding, akan membuat blog kita punya otoritas dan integritas. Dua hal itu kelamaan akan membentuk "trust" yang bikin apapun yang kita tulis akan dipercaya oleh pembaca. Kayak elu yang sekarang lagi baca blog gue. Onion Head Emoticons 29

2. Design Blog

Kata siapa design blog gak penting? Coba sekarang lu buka blog yang latar belakangnya item, warna tulisannya merah sama ijo, ukuran fontnya 0,5px, ada backsoundnya lagu metal, dan banyak pop up iklannya. Gue jamin, gak lebih dari 30 detik, lu bakal nge-close blog itu. Ya kecuali lu sendiri yang punya itu blog.

Dari 2011, awal gue mulai ngeblog, gue udah ganti design blog sebanyak 4 kali. Kebanyakan gue ganti header dan tata letak widget. Terus design blog kayak gimana yang bagus, atau sekedar bikin nyaman pembaca?

Sederhana. Clear. Berlatar putih (karena gak bikin sakit mata). Font ukuran normal (10px - 14px). Dan tata letak yang rapi dan terstruktur.

3. Lupain SEO, traffic, dan motherfucker lainnya!

Seperti yang udah gue tulis di atas, ngeblog adalah tentang berbagi apapun yang lu suka, lu pengin tulis dan lu pengin bagi. Jangan terdistraksi sama orang-orang. Kalo misal ada orang yang komen "Bro, jangan nulis itu lah.." Atau "Bro, tulisan lu jelek, gak ada gunanya!"

Gampang, jawab aja "Bodo amat, nyet!" Wan Wan Emoticons 46

Inget, ngeblog lah dengan passion dan cinta karena itu lebih menyenangkan. Nulis ribuan artikel sehari juga gak akan kerasa capek kalo sama cinta mah, ya paling jari lu diamputasi, dituker sama jari ayam.

Nah, dengan seperti itu, pembaca akan tau tulisan mana yang asal-asalan, dan tulisan mana yang ditulis dengan cinta. Walaupun tulisan lu sekena jidat.

Cinta, apa itu cinta? Pret!

4. Konsisten

lagi ngetrip pun gue tetep ngeblog

Ini yang paling susah. Blogger sekelas gue aja (anjaaaaaaaaaaaaaaaaaaay!).. Iya, gue yang udah lebih dari 5 taun ngeblog aja masih susah buat konsisten. Tapi, konsisten ini lah yang paling penting biar blog lu semakin tumbuh cepat.

Contoh, blog ini dulunya dalam sebulan cuma 20 - 40 pageviews doang. Sekarang 4.000 - 6.000 pageviews/ hari. PER HARI! Iya, ini buah dari kekonsistenan gue ngeblog. Wan Wan Emoticons 27

5. Jangan Jadi Blogger Pelacur

Nah, ini adalah permasalah yang akan muncul ketika blog lu semakin dikenal banyak orang. Pelacur di sini bukan berarti lo ngeblog malem-malem sambil jual diri di pinggir jalan. Sekarang kan ada twitter sama instagram, jual diri lah disana. Foto pake beha sama kancut, muka diblur, terus pake hestek #realava atau #infobisyar, sekalian tulis juga rate short time, long time-nya.

Hemm... bukan, bukan. Bukan itu maksud gue.

Maksudnya, jangan melacurkan blog lu dengan tulisan iklan, tulisan sponsor atau tulisan-tulisan titipan lainnya. Sekarang, gue banyak liat travel blogger yang isi blognya malah kebanyakan nulis tentang acara-acara kopdar yang dia datengin atau tulisan jalan-jalan dia yang disponsorin. Gimana gue bisa tau? Ya abis dia nulis sponsornya berulang-ulang gitu di 1 tulisan. Keliatan cari muka banget biar diajak kerjasama lagi, padahal traffic blog gak seberapa. Wan Wan Emoticons 46Wan Wan Emoticons 46Wan Wan Emoticons 46

Atau, ada beberapa yang isi blog tadinya bukan tentang traveling, tapi mendadak mengikrarkan diri jadi travel blogger karena liat banyak job di konten ini. What the fuck... 

Tapi, sebenernya sah-sah aja nulis postingan berbayar, tapi coba agak diforsir sedikit atau main cantik sekalian, biar postingan iklan itu gak keliatan kayak ngiklan.

6. Jangan Jadikan Blog Sebagai Media Nyari Duit

Kalo alasan lu bikin personal blog buat nyari duit, mending mati aja.

Masalah duit, ngetrip gratis, nginep di hotel berbintang gratis, dapet produk, jalan-jalan disponsorin, itu adalah bonus dari lu ngeblog dengan passion. 

Jadi blogger adalah kesenangan. Berbagi cerita dan berbagi kisah yang lu punya. Jangan ngiri sama pencapaian blogger-blogger lain, Belajarlah dari blogger-blogger yang sudah "mapan" dan "besar", ikuti bagaimana cara mereka membuat blognya dikenal orang. Rejeki mah udah ada yang ngatur. Boleh miskin harta, tapi jangan miskin hati. Yoih!

7. Jadilah Diri Sendiri

Lu miskin tapi mau tetep songong? Jadilah travel blogger dengan gaya backpacker, dengan begitu lu masih bisa tetep pamer perjalanan-perjalanan lu yang cuma ngabisin bajet dikit.

Jadi lah blogger berkarakter. Caranya gimana? Jadi diri sendiri.

Gak ada yang maksa lu harus nulis bener. Gak ada yang maksa lu harus nulis pake dalil quran. Gak ada yang maksa lu harus nulis A, B, atau C. Blog lu ya punya lu sendiri, jadi apa yang harus ditakutin buat jadi diri sendiri?

Gaya nulis gue porno, kasar, banyak kalimat anjingnya, tapi bukan berarti gak ada yang mau baca. Bukan berarti gak ada perusahaan yang mau ngajak gue kerjasama.

Pesan gue, ngeblog lah dengan hati. Ngeblog lah untuk kesenangan diri sendiri. Karena itulah yang ngebuat blogging menyenangkan.

Oh iya, terakhir..

Kalo mau jadi travel blogger, ini beberpa tips "Kenapa Harus Jadi Travel Blogger Biasa?" dari gue.



So, keep writing, keep blogging, and keep sharing teman-teman!

Info: yang komen di postingan ini bakal gue langsung komen balik di blognya. mantap gak tuh di komen gue?




230 komentar:

  1. Nyimak deh kata guru yang PV nya 6000 per hari... anjaaayyy :))

    BalasHapus
  2. Sepertinya baru tadi siang ada lagi rame timeline twiter tentang ini, sekarang sudah ada langsung tulisannya.

    Saya setuju banget Dis, bahwa tujuan ngeblog adalah kesenangan. dan Rezeki yang didapatkan setiap blogger adalah buah yang ditanam dari hasil kerja kerasnya membangun brandingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. Sekarang malah jadi ribet kalo ngeblog. Malah tadi siang di TL ada yang rame muahahahaha.. Padahal ngeblog itu harusnya fun, bikin kita bisa sharing dengan bebas. Masalah rezeki mah itu bonus~

      Hapus
  3. urusan konsisten ini emang yang menurutku masih paling susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti aku buat postingan tentang gimana caranya konsisten nulis, deh. 2 taun lagi tapi.

      Hapus
    2. baiklah
      *nungguin sambil ngaspal jalur pantura*

      Hapus
  4. Wah, mencerahkan nih, suhu. Akan saya ingat dengan baik pesan-pesannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. INGAT TERUS BAIK-BAIK ANAK MUDA! CEK BLOG LU, GUE KOMEN LANGSUNG NOH!!

      Hapus
  5. hahaha inspirasi dari temlen tadi ya dis. Apapun bisa jadi inspirasi sing penting tetep jadi diri sendiri aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, padahal tadi juga ngetwit iseng, eh malah jadi bahan postingan hahahahak. cek blog, ogut komen~

      Hapus
  6. Balasan
    1. mueheheheh heheheh hehehehehe...

      Hapus
  7. Anjay, malah fokus ke gif-nya. -_-

    BalasHapus
  8. Benar sekali...konten adalah yang utama...salut sama sampeyan bro takdos...bisa nulis konten spesifik yang sesuai dengan hobi sampeyan sendiri.

    Dapat pelajaran berharga, yup, konsisten pada konten memang penting pollll

    BalasHapus
  9. Sepoket sama poin, ngeblog dengan hati, bukan cari sensasi apalahi buat gengsi. S U P E R !

    Btw, kirain gifnya beneran *kecewa *eeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah, kenapa pas di Rinjani lu gak perkosa gue reeeeeeeeey!!??? eh..

      Hapus
    2. Dis, aku masih terlalu polos untuk ituh *kedip *tutuphijab

      Hapus
  10. sering mantau twitter kalo ada drama di dunia perbloggeran tapi gapernah tau siapa aja yg drama.
    atuh lah blog gue cuma 20 PV seharinya -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan menyerah! Gue aja dulu PV nya cuma 20-40 sehari, tapi dengan ketekunan bisa langsung meningkat 1000%! Mancing mania mantap!

      Hapus
  11. Adis tumben bener. Tanda-tanda kiamat mah ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener darimaneeeeeeeeeeeeeeee :|

      Hapus
  12. Gue juga ngeblog udah lama sih dis, dari 2009. Tapi gue susah untuk poin nomor 4. Masih terus berusaha untuk itu sampe sekarang. That's why gue bikin blog baru di aaindra.com #PromoLahSaeutik
    yang bertujuan supaya aing bisa konsisten ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang, kalo mau rame, ganti nama blognya dari aaindra jadi aagatotbrajamusti. Pasti rame gue jamin.

      Hapus
  13. Setuju banget Dis. Pada akhirnya kita harus kembalikan lagi tujuan ngeblog pada 'keinginan untuk berbagi, atas apa yg kita alami dan juga atas olah pikir kita'. *aih ngomong apaaa*

    Btw baru ngeblog lagi setahun belakangan ini sih. Dan masih enjoy dengan tujuan awal, gak ngoyo dan mikir untuk monetizing blog, soalnya masih ada kerjaan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nyari duit mah di kehidupan beneran aja. Lebih enak dan lebih gede muhehehehe

      Hapus
  14. Jadi diri sendiri itu penting, menebarkan kabahagiaan versi gw meskipun di hujat sana sini tp sebodoh amat, otak gw mesum trus mau gw ubah jadi alim ??? Ogah amat, mending nikmati aja yesss hahahaha.

    Aku ngak mau jd blogger pelacur tp mau jd escort aja dech, bahasa nya lebih kece hua hau

    BalasHapus
    Balasan
    1. muahahahahaa... kita mah rebel mas cum. Btw, gimana duit dari postingan perusahaan XXX, udah ditransfer? 50juta kan yah per post?

      Muaahahahhahaa..

      Hapus
    2. Alhamdulillah yaaa #BloggerManjaBanyakJob

      Ngak usah gembar gembor tp langsung posting aja trus masuk kantong deh hahaha

      Hapus
    3. hahahaha aduh ngakak bacanya :)))

      Hapus
    4. Hm.. ada bau-bau gosip nih XDD

      Hapus
    5. gosip gosip bertaburan nich. hahaha

      Hapus
    6. intrik dan drama everywhereeeee~

      Hapus
    7. Aaaauuuuuuooooooo..........

      Hapus
  15. Aku setuju banget ama tulisanmu, meski beberapa kali juga nerima job blog post atau job review hehehe..
    Tapi dunia blogging sekarang seru ya, lebih banyak dramanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. drama drama everywheeeeeeeeeeeeeerreeeeeeeeeeeeeeeee hahahaha

      Hapus
  16. Jangankan viewers ,gue sendiri aja ga pernah buka blog gue 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. anyinglah kalo ini mah :)))

      Hapus
    2. Masih banyak keterbatasan alat soal nya dis, gue tinggal di Asrama :)

      Hapus
    3. siaaaaap, yang penting mah ngeblog

      Hapus
  17. ehem, pada akhirnya konsistensi itu adalah hal yang cukup sulit bertahan lama. judul tulisannya keras yak. kalau gue sih cuman nyoba lomba blog, dan beberapa tawaran paid post lain. dan itu semua memberikan hasil positif, salah satunya gue pernah dapet go pro hero 4 session dari lomba. bukannya bermaksud melacurkan, tapii.. kalau gue jadi personal blogger yang cukup aktif selama setahun itu bosen juga kalau cuman cerita tentang kehidupan sehari2. sayang aja kalau blog nggak dimanfaatkan secara penuh, hitung2 nambah pengalaman. ya, selama iklan2 nya nggak berlebihan. kalau untuk travell blogger sih, ya.. emang banyak sih travell blogger yang dulu sering cerita2 tapi karena blog nya udah mulai rame malah jadi cerita tentang kopdar ataupun event lainnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaaaaaaaaaah mau gopro 4 session :(((

      ehe ehe.. kalo yang tulisannya tentang kopdar2an mah langsung aja di close :p

      Hapus
  18. Ngeblog ke satu genre khusus itu yg sulit kak.. dan mengkonsistenkan diri juga nambah sulit hehehehe.. makanya isi blog ane rada campur... harus coba diterapkan ini ke blog ane hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai sekarang coba masukin jadi satu genre man, biar orang gak bingung dan kao lu mau dapet job ya klien lebih fokus nanti ke blog lu

      Hapus
  19. Karena menulis dengan hati itu itu lebih memanusiakan kita. Halah.

    BalasHapus
  20. nomer 4 sama 7 subhanallahsekali susahnya. :')
    Tapi kalo cinta mah, harus bisa ya.

    Tips yang luar biasa.

    BalasHapus
  21. Couldn't agree more!
    Usaha ikut lomba sana-sini sah-sah aja. Ngeblog sebahagia hati aja. Sapa tahu berguna buat yang di luar sana yang mencari-cari info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tul, kalo mau ikut kuis gak apa-apa, tp jangan semuanya postingan kuis. Kesian blognya nanti hehe

      Hapus
    2. btw, adis komen di blog mu napa error muluuuu :|

      Hapus
  22. Masih dalam tahap 10-20 pageviews/hari nih.
    Sebenarnya banyaknya pagevies bias jadi salah satu pemicu buat konsisten nulis.
    Ditambah dengan konten travel, dimana kadang lagi jarang2 jalan2/piknik jadi makin bingung mau nulis apa :))
    Bikin desain blog yg ciamik jg susah sih apalagi gak punya kemampuan dasar desain desain web.
    (malah curhat)

    Tapi hajar aja sih namanya juga tujuannya berbagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue belajar desain blog otodidak kok, sekarang banyak tutorial gampangnya di google. Atau kalo mau langsung pasang template aja yang bagus.

      pageviews ngikutin kekonsistennan kita nulis. Noh, gue nyumbang pageviews sama komen deh di blog nya~

      Hapus
  23. Huahahaha abis minum kombantrin dis? Tumben bener. :D

    *trs dijawab "bodo amat, nyet!" -___-

    BalasHapus
  24. Menulis dengan hati dan jadi diri sendiri, noted. Oke ini bikin semangat buat ngeblog lagi.

    BalasHapus
  25. aduh..konsisten itu emang susah bangeeet..

    BalasHapus
  26. Setuju, Dis!
    Nulis itu harus dengan hati.
    Ngeblog itu asyik kok selama kitanya enjoy dan ga mikirin nanti harus ini, nanti harus itu.

    Yang masih gw pupuk (kayak taneman yak) adalah konsistensi :D
    Kalo lagi produktif, sehari bisa 2-3 artikel.
    Giliran males melanda (seperti saat ini, karena kerjaan juga lagi numpuk), dah sebulan lebih, blom juga nambah artikel di jendelakecildunia.com :(

    Nuhun Dis, gw nyari pecut dulu yak biar rajin nulis lagi :D
    Btw, jendelakecildunia.com welcome lho kalo lo mau liat :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. buset sangar abis kalo sehari bisa 2-3 postingan. Nah tips dari gue kalo lagi produktif, tulis semua ampe lu capek. Tapi jangan diposting dulu semua. Taro aja dulu di draft. ANd while lu lagi gak bisa nulis, postingin dah draft2 yang udah ditulis itu.

      Hapus
  27. Adis, tengkyu tulisannya asik banget

    Blogku bukanbocahbiasa(dot)com yak #Kode

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahahaha sama-sama. siap, udah noh cek postingan.

      Hapus
  28. keren sekali wejangannya. salam kenal

    BalasHapus
  29. keren sekali wejangannya. salam kenal

    BalasHapus
  30. Aduh, poin konsistennn itu tuh. ini tahun ke-6 ngeblob, jaga konsistensi itu susah. minder kalo liat blogger lain yang jauh lebih lebih produktif. hahaha..

    anyway, setuju banget sama pemikiran yang ada di post ini! :D

    BalasHapus
  31. Keren sekali bang. Terimakasih pencerahannya. Semoga gue bisa konsisten ngeblog juga nih.. :)))

    BalasHapus
  32. Super sekali nih, tumben-tumbenan bang bagi tips ngeblog.
    Selama beberapa lama jadi blogger emang susah-susah gampang jadi blogger itu..
    terutama konsisten dan fokus satu tema.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih,sekali kali lah sharing ilmu hehehe

      Hapus
  33. Wot, ada drama apa neh? �� dah lama kagak mantau temlen :)

    BalasHapus
  34. Adis. Tetap. Yang. Terbaik.

    *inget iklan apa gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjir iklan apaan sih itu, ah gue jadi kepo!

      Hapus
  35. Nah, itu.. terbaeklah adis ini :)

    BalasHapus
  36. Balasan
    1. btw, congrats bat peluncuran buku lu yak sir. Sayang gue lagi ngetrip waktu itu uhuhuhu

      Hapus
  37. liat lu main gitar tapi muka kayak orang ngocok, jadi ngebayangin lu ngocok tapi muka lu kayak orang main gitar
    anjaaayyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah anjis bikin pusing komen lu :((

      Hapus
  38. Parah Lu Dis...
    Nyebar racur teruuuuussss...

    BalasHapus
  39. mantab dis tipsnya. iya setuju jangan mau jadi pelacur short time, yang kontrak perbulan saja lebih halal dan sah wkwkwkwk..
    nah setuju paling susah konsisten apalagi disibukan sama kerjaan utama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhee... mending jadi simpenan yah sekalian :)))

      Hapus
  40. ya namanya juga takdos.
    mata w langsung terperangah sama gif itu.
    haft.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan waktu itu udah..... ah, sudahlan ben...

      Hapus
  41. Ketika seorang Adis memberikan wejangan.. *bakar dupa*

    Gif lo kampret dis. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. *hirup asep dupa*

      gif gue mencerminkan gue..

      halah..

      Hapus
  42. agree !!!!!. be yourself, jangan jadi plagiat. tips yang bagus buat orang baru kayak gw *btw gw bukan blogger karbitan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. muheheheh tapi blog lu udah keceh bro

      Hapus
  43. Konsisten memang susah2 gampang yaaak...
    Pada akhirnya pengen juga konsisten nulis apa..tpi udah dri 2009 ngeblog blm nemu mau apaa.. Aduh duhj heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu tantangannya, berarti kudu konsisten terus.

      Hapus
  44. Betul yah, klo post berbayar jangan ngejilat banget lah. Langsung crot aja kelar tuh :)

    BalasHapus
  45. "Nge blog lah dengan hati" gue ngeblog pake jari dis. Oke ini kodian hahaha.

    problem yg paling penting, paling utama dan patut digaris bawahi adalah prihal konten dan konsistennya. Asek.

    BalasHapus
  46. Ajarin buat blog dong bang..

    BalasHapus
  47. Ah elu dis, orang mau jadi blogger pelacur kok gak dibolehin. Lah gue aja udah mau melacurkan diri aja gak laku...

    BalasHapus
  48. Aaaaaaah, gilaaaak ini tulisan :D ngejleb, banyak menyindir, tapi iya emang bener juga :)) hihihi

    Permasalahanku kayaknya masih di konten sama design blog mas. Kontenku masih kayak personalblog yang cuma isinya curhat gitu wkwkw :D design blog juga masih default dari wordpress :D kayaknya masih harus banyak belajar deh :))

    Makasiih, mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaaak sama-sama.

      Ah, lama-lama juga nanti bakalan ngerti ngoprek blog mah kok hhehehe

      Hapus
  49. Thanx sharing nya, mas. Blog aku mah apalah, jarang nulis karena nggak sempat atau foto berceceran di gadget temen yang belum sempet juga di-share. Halah... Alesan... Tapi ya gitu deh kondisi nya, susah konsisten nya. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya, galak sama diri sendiri!

      Hapus
    2. makanya, galak sama diri sendiri!

      Hapus
  50. Hallo mas pelacur... eh siapa ini? Aku malah fokus sama judul tulisannya.
    Wah, gue bakal jadi penggemar baru lo nih. Buat tulisan yang ini love-fist-read abis. Gue baru mampir disini pertama kali, gue juga bakal subscribe terus siapa tau bisa booking anak-anak buah lu yang cantik. Eh apa.
    Intinya bakal gue kepoin sampai ke akar-akarnya. Salam kenal, mas Adis TakDos DungCes~

    BalasHapus
    Balasan
    1. TAEEEEEEEEEEEEEEE!

      somplak, siapa anak buah gue yang cantik? muahahahhahaha...

      Hapus
  51. mantap banget dah wejengan dari bapak hokage Adis :D
    jadi selama ini banyak sekali pelacuran di dunia perblogan, semoga pada sadar setelah mendengar nasihat dari hokage Adis.

    *lu dah gue lantik jadi hokage, dis*

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjislah hokage huahahhahahaha!

      baiklah inuyasha!

      Hapus
  52. Aku mah ngeblog dapet jodoh aja udah syukur kak, males cari duitnya. Duit sih urusan bojo. wkwk

    Kzl juga makin hari makin underrate, gegara banyak yg mau ditawar murah. huft

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kenapa mereka murahaaaaaaaaaaaaaan?? #eh

      cepet pulang lah kalian berdua, biar makin seru dunia pertravel bloggeran ini.

      Hapus
  53. Aku ngeblog malah kayak kampanye gratisan. Soalnya sebagian besar bahas sepedaan (ngontel) hahhahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah wah, aku cek ke TKP deh

      Hapus
    2. Siapa tau abis cek TKP terus balik sepedaan :-D

      Hapus
    3. gak bisa bro, perut gue isinya beer semua sekarang :(

      Hapus
  54. What da fck! (komen suka - suka gue donk) Hahaha...

    Asli tulisan ini bikin gue jadi bangkit lagi untuk nulis pake gaya gue sendiri. selama ini gue nulis kebanyakan skeptis. takut banget dikatain tulisan ngak jelas. Mantap mas adis (y) ILOPYU. Kkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp, bebas di blog ini mah wakakakakakka.

      Hapus
  55. Waaah bang Adis muncul lagi, btw kalau lu muncul gue jadi inget sama Ayaran sama Narayan yang ceritanya masih lu gantung sampai sekarang bang... please kelarin please...

    Naaaah ini yang nomer 6, setuju. Gue enggak paham SEO tapi kalau ngetik Susu dijemur Bali, Pantai telanjang Bali, blog gue sering nongol di halaman satu google bang. Enggak penting sih, tapi lumayan lah hehehehe

    Komenin blog gue dong bang, di papabackpacker.wordpress.com thanks thanks hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaaaah gue aja lupa sama itu hahahhaa... sebenernya gue pengin nerusin, tapi kebetulan an hubungan gue sama mantan yang itu kurang baik udahannya. Jadi agak agak gimana gitu.

      Btw, SEO lu sama kayak gue jaman dulu tentang mabok di bali, camping di sawarna, mushroom di sawarna atau batu karas. Berarti branding lu udah di situ. Teruskan!

      Hapus
  56. Keul osom banget neh tulisan..

    Wkwk.. Setuju sik, jgn jd blogger pelacur. Tapi klo kita ditawar gimana dong kak? *aiiiihmaaaak..

    Bener, menulis karena passion, dari hati.. Demen banget dah bagian yang ini.

    Salam kenal ya, perkenalkan saya seorang blogger yesterday afternoon.. *kibasponi.. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak apa-apa ditawar, asal jangan jual diri murah.

      Hapus
  57. anjjjaaayyy...........
    orderan kaossnyaa kapann bang...
    annjaaayyyy........

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar anakku, kaos bagus gak akan cepet2 keluar kayak kaos pasaran. ingat itu.

      Hapus
  58. Yang paling susah itu konsisten. Yess konsisten yang susah direalisasikan sama emak blogger macam sayah

    BalasHapus
  59. Ngeblog dengan menjadi diri sendiri dan konsisten mmg penting banget. Apalagi ngeblog karena passion dan ttp fun. Saya setuju bgt.

    Tapi kok saya kurang setuju dg perumpamaan "pelacur" blog ya. Toh job review itu kan pekerjaan yang halal dan mulia karena memberikan informasi dan manfaat untuk pembaca. Sebenarnya yg blogger "jual" di artikel review itu bukan produknya, melainkan tulisan & ceritanya. Because Blogger sells story, not product.
    Saya perhatikan blog whateverbackpacker ini jg sering nerima job review kan? Sampai2 berani masang rate cart berjuta2 untuk sekali post diatas rata2 blogger pada umumnya.

    Untuk yang poin no 3 mengenai traffic dan seo sebagai seorang blogger pasti butuh banget traffik. Munafik si kalo ada blogger yang bilang gk butuh traffik. Kita menulis kan dg tujuan agar karya kita dapat dilihat dan diapresiasi oleh orang agar menjadi penyemangat. Toh bang adis takdos jg sering mempromosikan link blognya di group2 FB kan? Untuk apa dong jika bukan untuk mendatangkan pembaca? Saya jg bs nyasar kesini karena nemu link artikel ini di group2 FB yg dipromosikan bang adis takdos. Hehe

    Kesimpulannya si menurut saya kita sesama blogger saling menghargai jangan saling sindir dan menjatuhkan. Entah itu blog dg job rewiew ataupun blog curhat, blog lifestyle, food blog, fashion blog, travel blog dll semuanya adalah ttp blogger. Dengan perbedaan itu justru akan membuat dunia perbloggeran menjadi semakin berwarna. Bhineka tunggal ika dan saling menghargai satu sama lain.
    Salam kenal bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss setuju ;) gue enjoy banget terima produk, merhatiin traffic dan networking, ada juga blogger lain yang tujuannya emang monetize, gak salah, blogger itu banyak jenisnya. Walaupun traffic ga seberapa, berhak2 aja sih nerima sponsor, kalo tulisannya bagus ya kenapa ngga :D rejeki kan jangan ditolak :D asal masih jujur dan ga terlalu menjilat sih. Intinya gue terima produk tapi gue bukan pelacur lol. Saling ngehargain aja.

      Hapus
    2. nahi ini nih gue demen komennya. Yes, gak ada satupun maksud dari tulisan ini membenarkan atau menyalahkan sesuatu, tapi sepengalaman ngeblog, banyak banget yang mereka mau ditawar murah untuk nulis, padahal blognya lumayan oke. Dan bahayanya, itu malah bikin dia "menjatuhkan" dirinya sendiri. Untuk whateverbackpacker sendiri, perayalah, lebih banyak job yang ditolak daripada artikel job yang ada di blog ini :)

      Ngeblog, ngeblog aja, jangan dulu mikirin traffic. Organic traffic akan muncul dari konten dan tulisanmu yang bagus dan dari hati. Bukan dibuat-buat untuk monetize blog itu jadi tambang duit, itu mah nyapein diri sendiri namanya. Ngeblog dengan fun, hasilnya pun akan lebih dihargain orang. Apa blog whateverbackpacker pake SEO-SEO-an? Tentu saja nggak. Organik! Trafik? AKhirnya ngikutin, karena konten.

      Hapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Dis, salam kenal. Asli, gw nggak paham maksudnya blogger pelacur itu gimana? Bahas lah, biar gw makin pinter juga tentang dunia perbloheran ini. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah apanan di atas udah dibahas minaaaaaaaaaaaaaah!

      Hapus
  62. Mas, baca ini deh :D Siapa tau bisa memperluas horizon *eaaa horizon*
    http://www.windiland.com/2016/04/ngeblog-itu-yang-kayak-gini-lho.html?m=0

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah ntap, sudah dibaca. Makasih yaaak~ *ngakak pas baca blogger gudibek*

      Hapus
  63. Dude, cuma mau nanya, do you have a girlfriend? Soalnya, kalau dirimu banyak ngomong kasar di blog (I haven't read your anjing posts, tapi besok-besok gw bakalan cari deh), gimana pendapat your girlfriend tentang itu?

    Sorry, gw tahu pertanyaan ini rada OOT dari topik postingan lu. Tapi gw sungguh penasaran dengan keputusan lu untuk bergaya bahasa kasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha... baca dulu deh semua postingannya, nanti bisa terjawab pertanyaannya.

      Hapus
  64. Gaya nulisnya bikin gue jantungan hmm.. gue sih baru belajar bikin blog, nulis aja belum konsisten boro-boro melacur (istilahnya sangar beudh ah). Tapi gue setuju tentang konsisten..

    BalasHapus
  65. Gaya nulisnya bikin gue jantungan hmm.. gue sih baru belajar bikin blog, nulis aja belum konsisten boro-boro melacur (istilahnya sangar beudh ah). Tapi gue setuju tentang konsisten..

    BalasHapus
  66. Menarik banget dengan gaya bahasa lo, Dis. Idealisme dibutuhkan saat menerima tawaran atau sponsor. Karena harga bukan hanya sebatas rupiah tapi juga idealisme. Sekali turun harga, susah naik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, you got the point! Yang lain pada gak ngeh kali yah hahahaha... Iya, kesian dia nya sendiri nanti.

      Hapus
  67. Udah mulai berusaha konsisten sih

    BalasHapus
  68. Sebnernya gue males ya, komen Ke sini. Kenapa? Kepanjangan, buat nyari bwahnya (BAWAHNYA) Karena gue KEPO (Kepingin Pacar Orang) yaudeh gue melipir. Meskipun gue gak setenar elo. Hmmm. Cuma ngingetin, mulutmu harimaumu. Ilanginlah Kara "pelacur" KAMI tidak senang. :))

    Tenang, tapi gue suka kok sama yang lo maksud. Things gann infonyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah gue kagak ngomong, ini ngetik!

      Hapus
  69. Yang susah ketika mood nulis ilang di tengah cerita dis. Trus piye

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sulit, ampe sekarang juga gue gak terlalu konsisten :(

      Hapus
  70. Yang susah ketika mood nulis ilang di tengah cerita dis. Trus piye

    BalasHapus
  71. Hello Dis.

    Thanks ya, akhirnya dari banyak tulisan lo yang gw baca dari dulu sampe sekarang, akhirnya gw gatel buat lempar komen.

    Thanks udah ingetin kalo blog itu tentang kesenangan menulis, bukan kesenangan memuaskan pasar, memuaskan maunya orang.

    Beberapa hari lalu coba nulis macem jurnalis di majalah2 dipasar, tapi viewernya jeblog. Hiksss. Masalahnya bukan karena jeblog nya itu. Tapi jeblog ketika gw mikir "Okeh, ini pasar bakal suka, coba ah". Kena batu nya deh gw.
    So, pengalaman akhirnya ngajarin gw langsung, langsung kapok, langsung balik lagi nulis ngasal ala gw.

    Keep "melacur"kan diri ya dis!
    (melacurkan diri sendiri, memuaskan diri sendiri)

    Cheers,
    Littlesparkies.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahha sama-sama yaaaah. Sip, keep melacurkan diri untuk kesenangan diri sendiri, bukan pasar!

      Hapus
  72. Gara gara rame di time line jadi nyasar deh di blog ini....Mau komen apa ya?Ikutan nyimak ratusan komen di atasnya aja deh

    BalasHapus
  73. Halo masnyah gw malah senapsaran sama komen baliknya iya beneran apa engga nih hahaha, alhamdulillah kalau gw sih awalnya hobi kok lama"malah ditawarin uang kan jadinya nagih juga uangnya berasa bonus akibat konsisten gitu :3

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
  74. dis.. gue fokusnya ke iketan rambut lo T.T

    BalasHapus
  75. hihi no.4 itu.. niat gampang, prakteknya :D :D
    penasaran "timeline" yang katanya rame itu..

    BalasHapus
  76. yang penting dalam blogger itu niat kita menjalankannya. harus sering-sering uploud di web agar trafik meningkat terus tiap harinya.

    sukses... salam blogger..

    BalasHapus
  77. Cukup setuju Mas Adis, konsisten, semangat dan fokus! :)

    BalasHapus
  78. judulnya cukup mengejutkan
    setelah baca mmg benar esensi ngeblog seperti yg mas katain
    untuk masalah konsisten, mas adis mmg gak diragukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha aku juga masih gak konsisten nih :((

      Hapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  80. bang ente Traveling dananya dari mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang sendiri, kadang ada yang sponsorin :D

      Hapus
  81. setiap blogger mapan pasti bilangnya jadilah diri sendiri. kalau jadi orang lain kasihan orang tuanya yaa mas. hahaha #ditendang

    BalasHapus
  82. Sejuta!

    Setuju maksudnya ;?)

    BalasHapus
  83. Bener, Dis, hasil dari kekonsistenan kita itu pasti bagus banget. Gue juga dulu konsisten ngeblog, eh, sempet vakum gara-gara gak ada waktu. Sekarang ulang lagi dari awal ngeblognya. So, gue harus konsisten lagi. :)

    Btw, baca blog gue disini, Dis: http://acengstory.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  84. Anjrit, keren lah tulisan-tulisan yang kadang kasar tapi enak dicerna...real blogger dengan konten yang asli orisinil dan berkarakter Mas. Jempol 4 dah dengan gaya dan passion dari blog ini..seneng bacanya, sampe selesai...

    BalasHapus
  85. dis, gue ada plan mau ke batu malang, nih. budget under 300 bs survive gak 3-5 hari traveling disana? advice, please dari blogger senior.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih bisa bisa aja, nginep di tempat yg 50rebuan banyak disana.

      Hapus
  86. gue ngeblog dari thn 2013 tapi gak konsisten, ngepost jarang dan juga gak networking seperti bw dsb akhirnya blognya jamuran, lumutan dan banyak sarang laba-laba aish...sebenarnya gue dah sering baca travel blog orang buat cari referensi nge trip soalnya mahal klo beli buku lonely planet termasuk blog Adis sejak nulis cerita tentang pergi ke vietnam sama pacar baru skrg komen. Nah di tahun 2016 ini gue baru serius ngeblog telat sih tapi gak apalah #curhat, jadi blogger emang musti konsisten dan satu hal yg penting tetap punya batasan dalam hal tertentu jgn sampe karena uang yang gak seberapa kita ngerusak nilai jual kita sendiri kedepannya sebagai blogger.

    BalasHapus
  87. ngakak bacanya, mudah2an nanty blog aq pageviewnya bisa ribuan kaya whateverbackpaker.com

    BalasHapus
  88. bener banget ya, kadang kalau buka blog orang trus banyak iklannya, ngeselin kan, soalnya loadingnya suka lama.

    BalasHapus
  89. Gadget yang selalu ente bawa apa-apa aja? Bikin postingan dong :)

    BalasHapus
  90. Aku suka poin k3 .. :D. Lupakan seo dan segala hal yg ga penting itu ..:p setuju Dis. Aku mah nulis aja apa yg mau aku tulis. Pusing mikirin seo dan segalanya itu. Ngerti juga kagak :p

    BalasHapus
  91. Wah asik ada posting beginian yang bikin nambah semangat blogging. Dulu gw nge-blog random banget. Tapi sekarang lebih fokus dan pengen tetep konsisten. Siahkan mampir di http://arrtdiva.wordpress.com

    BalasHapus
  92. Bang, baca postmu ini dan aku terdistract sama kunciran rambutmu, hehehe ...
    Tapi bang, kalau meniatkan buat blog untuk cari tambahan duit emang gak boleh ya ?

    BalasHapus
  93. aahhh..kenapa terharu yaaa baca posting-an lo yang ini.
    sebagai blogger kacangan gw ngerasa dapet inspirasi baru #ahhzeekk !!

    BalasHapus
  94. saya setuju bang.. tapi.. terkadang.. godaan beli popok anak lebih besar dari rasa senang2 itu sendiri hahaha
    but, sebisa mungkin, gw tetep jadi pelacur blog yang bermartabat dan beridealis hahaha

    BalasHapus
  95. zaman sekarang banyak yang ngeblog buat dapet uang/exsis bang hahaha

    Download Deadpool (2016) Bluray subtitle Indonesia

    BalasHapus
  96. Nggak cari muka, yang cari buat ngendorsenya juga susah #lha

    BalasHapus
  97. setuju sangat!!
    thanks banget bang infonya, keren abiss.. haha
    keep writing with love <3

    BalasHapus
  98. Halo Adis, salam kenal yes. Baru bgt nih main ke sini, asik blognya hihihi *ke mana ajaaa... Baca blog post yang ini sama komen2nya rata2 ngomong soal konsistensi itu is a must yaa.. Semoga si aku bisa konsisteeeen.. :D

    BalasHapus
  99. Salam kenal mas. Saya didik --> org yang baru belajar ngeblog.. Saya setuju dgn isi postingan ini. Sukses selalu dan terus berkarya, dtunggu postingan lainnya yang lebih menarik lagi...Amiiinnn... My Blog diditpharm.blogspot.com

    BalasHapus
  100. Bang, tapi susah bang kalo kontennya cuma satu jenis doang. Kepribadian saya banyak soalnya. Kadang kepribadian saya yang suka makan, kadang kepribadian saya yang suka mainan tinder, kadang kepribadian saya yang absurd, kadang kepribadian saya yang pengen jadi artis. Gimana dong bang?

    BalasHapus
  101. setuju sama isi blog ini. sukses terus bang kedepannya.

    BalasHapus
  102. Aloha, saya nyasar ke blog ini hari ini dan ga sadar udah baca baca postingannya. beneran deh,, enak dibaca meskipun banyak ngalor ngidul yang penting khan penulis dan pembaca happy,,, ahahhaaaa... *sekalian ngetes klo situ bakal klik blog nyeleneh buatanku :p

    http://globeamaranth707.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaa makasih udah baca, cek cek aja~

      Hapus