Dari Greenbowl Sampai Penglipuran, Desa Terbersih Di Dunia


Ini kali ke-23.021 gue ke Bali. Tapi namanya Bali, ada aja sesuatu yang baru buat dikunjungin. Apalagi sama pacar. Ihik!

Dan di postingan kali ini, gue mau cerita tentang salah satu pantai yang masih jarang banget di datengin orang, padahal letaknya sebelahan banget sama Pandawa Beach yang lagi tenar-tenarnya itu. Namanya Greenbowl, atau kalau dalam bahasa Syria artinya adalah “Aku Yahudi”, dalam bahasa Romawi Kuno artinya “Aku Cinta Israel” dan dalam bahasa Ciwidey adalah “Kumaha Sia!”


Untuk ke Greenbowl Beach, kalian bisa pakai motor, mobil atau trolley carrefour. Kalo ke Pandawa belok kiri, kalian ambil lurus aja, tempatnya rada ngumpet, kalian bisa tanya aja ke orang-orang atau pake Google Maps. Jaman udah canggih, sob!

Masuk ke Greenbowl sebenernya gak ada biaya perorang, cuma bayar parkir aja, buat motor 2rebu perak, buat mobil 5rebu perak. Tapi karena waktu itu gue gak ada receh, gue tebarin aja duit 100rebuan segepok.


Masuk Greenbowl lu harus siapin sedikit stamina karena jalan tangganya panjang banget, turun aja capek, apalagi naik. Begitu sampai ke bawah, gue baru tau kenapa dinamain pantai Greenbowl, mungkin karena pantai ini dikelilingin tebing melengkung dengan pohon-pohon rimbun yang membentang. Dan juga di pantai itu ada gua yang kayak mangkok kebalik. Itu teori gue doang, sih.


Pantai Greenbowl punya pasir putih, ya tipikal pantai-pantai di Bali kebanyakan, lah. Gak kayak Pantai Kuta, Greenbowl ini jauh lebih sepi. Gak banyak tukang jualan juga di sini, paling lu bakal nemu ibu-ibu penjual cendera mata di sana. Pengunjung Greenbowl sendiri kebanyakan bule-bule, mereka di sana pada main surfing atau sekedar berjemur. Jadi kalo mau dapet pantai pasir putih dengan suasana adem dan gak banyak orang, lu bisa banget dateng ke Greenbowl Beach Bali.

Ini pacar gue pasti lagi mikir, "Anjir kenapa gue mau pacaran sama si Adis!?" Terus burungnya nyaut, "auk, ah!"

Ngomong-ngomong soal adem, Bali juga punya banyak desa keren. Salah satunya adalah Desa Adat Penglipuran. FYI, Desa Penglipuran adalah salah satu desa yang dapet predikat desa terbersih di dunia. Dan Desa Penglipuran Bali ini ada di peringkat tiga setelah Mawlynnong di India dan Desa Giethoorn Belanda di posisi pertama. Wow banget kan?

Jadi apa yang bikin Desa Penglipuran jadi desa terbersih di dunia? Jawabannya cuma satu. Karena gak kotor.

Analisa yang bangke.


Masuk desa Penglipuran, kita diharuskan membayar tiket masuk, 10.000 kalo gak salah. Di Desa Penglipuran, lu bisa liat banyak rumah-rumah yang masih khas Bali. Dan yang pasti ada pura juga di sana. Selain bersih dan tertata rapi, para warga Desa Penglipuran juga ramah banget, tiap gue jalan dan ketemu orang, gue pasti di sapa dan di suruh masuk ke rumahnya. Iya, beneran! Saking ramahnya, mereka nyuruh orang asing kayak gue masuk rumah mereka. Gue rasa kalo ada gembong teroris Abu Sayyaf juga bakal mereka suruh masuk.


Selain rumah adat Bali dan pura-pura keren, di sini juga lu bisa main ke hutan bambu yang instagram-able, yah 11-12 lah sama yang di Jepang. Tapi ya gitu, Desa Penglipuran ini cuma cocok buat yang pengin foto-foto dan nikmatin kearifan lokal Bali aja, kalo lu mau kegiatan-kegiatan yang ekstrim kayak selancar, bungee jumping, atau mutusin pacar pas lagi sayang-sayangnya, ya bukan di sini tempatnya. Kecuali lu mau coba manjat pohon bambu terus gelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya, gue rasa bisa-bisa aja.



Yaudah, gitu aja sih. Jadi kalo lu ke Bali, jangan main di Kuta, Legian, Ubud atau Seminyak doang, sekali-kali lu kudu coba destinasi-destinasi lain. Jadi kapan ngajak pacar traveling bareng?

54 komentar:

  1. Anjir itu bersih dan sepi pantainya. Pasti lo mesum kan mumpung sepi. Hmmm....

    Desanya juga keren euy, rumah2 khas balinya keren. Awas, Dis, jadi banyak yang ke situ gara2 lu infoin, ntar dirusak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kagak akan rusak, ada pecalang yang jagain kampungnya. Buang sampah = mati digeret otopet

      Hapus
  2. Desa Penglipuran di daerah mana dis?

    BalasHapus
  3. Lo.. lo.. lo.. tu pacar siapa loe bawa dhis?
    http://www.rizaltaf.com

    BalasHapus
  4. Itu Desanya kek sepi banget ya apa nunggu momen sepi fotonya?

    BalasHapus
  5. Itu Desanya kek sepi banget ya apa nunggu momen sepi fotonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, pas dateng lagi sepi kebetulan, biasanya rame sama turis

      Hapus
  6. Desanya benar-benar bersih yah.
    Destinasi yang masih jarang dikunjungi.

    BalasHapus
  7. wih bersih semerwing ya bang. Wah kudu kesana klau ke bali. tapi bebas anjing kintamani kan bang ?

    BalasHapus
  8. Wiihh, ke kuburan pahlawannya gak Dis. Seram-seram patriotik gimana gitu....
    Mampir sini coba....
    littlesparkies.blogspot.co.id/2016/05/ssstttada-kuburan-dan-hutan-tersembunyi.html
    hihihhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada? AAAAAAAAAAAAAAAAAAH TELAT TAUNYA!!! :((

      Hapus
  9. Itu bulan madu bang? kakakakkakak
    Selain pantainya bagus, ntar muncul lagi di keyword blog mu bang dengan tulisan "Pantai Buat Pacaran di Bali"
    :-D :-D :-D

    BalasHapus
  10. Wah boleh juga tuh Desa penglipuran dimasukin itin kalo ke(M)bali lagi

    BalasHapus
  11. Kkemarin (read setau lalu :V ) gue ke sono juga bang ke desa panglipuran. tapi belum ke pantai greenbowl.leh ugha greenbowl nya buat beduaan sama....... :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. berduaan di pantai mah panas, enak dalem kamar

      Hapus
  12. tempatnya bersih banget, gak ada sampah satupun dan terlihat nyaman sekali ya desanya..

    BalasHapus
  13. cie posting tulisan, cie bukan vlog. gue lebih suka baca tulisan lo bang ketimbang nonton vlog lo. iya, gak ngabis-ngabisin kuota amat kalo tulisan, maksudnya :D

    BalasHapus
  14. bersih banget jalan nyaaaa
    siapa yang nyapu tuh,,,

    BalasHapus
  15. Bisikin IG, FB, ame Twitter cewek malang itu dong dis, kwkwkwkkwkw...

    BalasHapus
  16. lagi sombong-sombongnya pacarnya baru euy :D

    BalasHapus
  17. aduh, bgus banget selain bersih, pantainya keren.... jadi pingin maen kesana

    BalasHapus
  18. Iya, bersih banget dis...!!! setelah gw zooming, pacar lo emang bersih..xixixi *sodorin pipi ikhlas buat ditabok*

    BalasHapus
  19. pacar lo sama pantainya sama-sama bening dis..

    BalasHapus
  20. kalau di penglipuran gak ada apa-apa.. aku sih lebih suka wisata ke kabupaten buleleng, bali. ada banyak air terjun di sana. lebih suka wisata yang sedikit menantang. hehehehehe...

    BalasHapus
  21. haha njiirr dikit2 aku yahudi, adis artinya dlam bahasa tarzan juga aku yahudi hakhakhakk..#peace bg

    BalasHapus
  22. kok kamu k sini pas desanya sepi banget e mas bro? g masuk2 rumah warga po? ada loh cemcem enak lho di sana. eh btw, itu bawa cewe siapa? kok g ajak2 aku. haha

    BalasHapus
  23. Udah lama pengen ke sini karena terkenalnya ama sering dipake syuting FTV, sayangnya guwe ke Bali cuma ke pantai lagi pantai lagi. Btw, pacar lo cantik juga Mas Adis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh atuh, pacar gue mah gak pernah gagal :))

      Hapus
  24. Pantai Green Bowl ini termasuk pantai yang 'bersenang-senang dahulu, bersusah-susah kemudian'

    Pas datang cuma jalan menuruni tangga, nikmati suasana yang sepi, mengusir stres. Pas mau balik ke parkiran, stressnya balik lagi. LoL

    Tipikal pantai-pantai di ujung selatan Bali sih seperti Suluban, Padang Padang, Nyang Nyang dan Bingin.

    BalasHapus
  25. ini bisa masuk ke rumah penduduknya atau hanya di luar rumah penduduk saja mas ?

    BalasHapus
  26. Both things are possible if you carry Michael Kors Handbags Wholesale. If you are a woman who goes for innovative designs, a designer Michael Kors Bags On Sale is perfect for you. Offering a huge selection of chic purses, handbags, shoes and accessories, Michael Kors Outlet Online Store celebrates womanhood in an entirely unique way. Michael Kors Factory Outlet Online Store At Wholesale Price are one of the most sought-after handbags worldwide. We all agree that diamonds are a woman's best friend; however Official Coach Factory Outlet Online are absolutely next in line. To Coach Outlet Sale aficionados, don't fret because we have great news: a discount Official Coach Outlet Online isn't hard to find. If you are a smart shopper looking for a good buy and great deals on your next handbag purchase, you can go to Official Coach Outlet Online.

    Friendly Links: Toms Shoes Womens | Toms Clearance

    BalasHapus