Brahmavihara Arama, Abis Ibadah Langsung Mandi Air Panas



Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Kalo biskuit, ya Mayora.

Ini apaan sih!

Liburan di Bali kali ini, gue nyoba buat datengin tempat-tempat yang gak mainstream buat anak keren model gue. Kuta? Bosen. Legian? Ahelah. Seminyak? Pandawa Beach? GWK? Hooaaam..


Brahmavihara Arama namanya. Terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Lovina, Bali Utara. Kalo kalian pergi dari Denpasar, jaraknya lumayan bikin ngantuk, 2-3 jam perjalanan yang berliku-liku. Tapi, tenang jalanan di Bali gak macet-macet amat kayak di Bandung atau Jakarta, kita bakal tetep bisa nikmatin perjalanannya. Untuk yang mau pake transportasi umum, di Ubung juga kalian bisa pake elf ke daerah Lovina, dan dilanjut pake ojek ke Vihara ini.

Balik lagi, Brahmavihara Arama ini adalah salah satu Vihara terbesar di kawasan Lovina, sekaligus terkenal juga dengan miniatur Candi Borobudurnya. Iya, candi borobudur yang di Jawa itu, ada di Bali!

Namaya juga miniatur, tentu ukurannya gak segede Candi Borobudur asli. Gue perkirakan, ukurannya cuma berskala 1:100. Kecil banget, dan kalian gak bisa naik ke atasnya. Di bawah candi, ada patung Buddha yang terbuat dari kuningan, dan biasanya di sini dipakai sebagai tempat beribadahnya.


Apa yang gue suka dari Vihara Brahma selain miniatur Candi Borobudurnya, di sini juga kita bisa liat banyak patung buddha di beberapa tempat dan buat kalian yang pengin coba meditasi, juga ada pelatihannya. Gue kira tuh meditasi cuma duduk sila, merem, terus diem. Eh, ternyata kagak.

Dan, beberapa sudut di Brahmavihara Arama ini instagram-able, salah satu contohnya adalah anak tangga yang bertuliskan ayat-ayat Buddha mengenai kehidupan. So, buat yang suka wisata religi, lu kudu main ke Brahmavihara Arama ini.


Puas dengan wisata religi, kalian bisa langsung naik dikit lagi ke Pemandian Air Panas Banjar yang letaknya cuma beberapa ratus meter dari Brahamavihara Arama. Untuk masuk ke kawasan Banjar Hot Spring, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa, dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Kalo ada orang dewasa yang kelakuannya kayak anak-anak, berapa bayarnya, Dis? 3.500 gue rasa.

Banjar Hot Spring sendiri punya 3 kolam air panas alami:

Pertama, berukuran lebar 1,5 meter dan panjang 12 meter dengan 8 pancuran air dan kedalamannya cuma 1 meter.



Kedua, berukuran lebar 10 meter dan panjang 12 meter dengan kedalam yang bervariasi mulai dari 1 meter sampai 3 meter, jadi kalo lu mau berendem lu bisa berendem di kolam ini.

Ketiga, kolam ketiga berada di sebelah barat dan terpisah dengan 2 kolam lainnya. Tapi hampir sama aja, dalemnya sekitar 1 meter tapi punya pancuran dengan tinggi 3 meter, lumayan cipratan airnya bisa dipake buat pijit-pijit punggung.

Selain kolam dengan air panas, di sini juga kalian bisa belanja cendera mata atau baju-baju khas Bali yang dijual di kios-kios sepanjang masuk ke area pemandian air panas.

Jadi, kalo ke Bali masih mau main di Bali Selatan? Cobain dulu main ke Bali Utara!

25 komentar:

  1. Memang Bali Utara belum banyak dieksplorasi wisatawan ya Mas Adis. Baru tahu kalau di sana ada Wihara yang bentuknya persis seperti candi Borobudur. Semoga tambah banyak wisatawan datang ke sana dan tidak kamera bisa jalan di Bali Selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mudah-mudahan bisa lebih ramai orang dateng kesana, apalagi nanti bandara singaraja udah dibangun yah

      Hapus
  2. Elu gak meleleh kan dis mandi di air panas?

    BalasHapus
  3. Fix! Baru tau gue ada miniatur candi di bali. Gue kemana aja ya bang? :((((

    BalasHapus
  4. Wah asik nih kolam air panasnya campur beda kaya di Jimjilbang/ onsen yang di pisah

    BalasHapus
  5. Murah ya cuma lima ribu, di jkt segitu cuma dpt cilok sebungkus :(

    BalasHapus
  6. Aiiiih~~~~ daerah asalku masuk blog kece *guebolehbangga :p *inibukankomennyampahlhoya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaah dari singaraja yah? yah, kenapa gak ketemu waktu kemaren :(

      Hapus
  7. ternyata di bali juga ada pemandian air panas ya, masuk kesana pun hanya dengan mengeluarkan kocek 5ribu rupiah, nice..

    BalasHapus
  8. Baru tau kalo Bali itu ada Utara selatannya. Dan yang sering diexplore kebanyakan memang Selatan ya? Utara nggak kalah cantik, bagus plus lumayan murah ya.

    BalasHapus
  9. gak di selatan gak di utara Bali emang tempatnya keren keren,

    BalasHapus
  10. memang bali adalah tempat yg paling eksotis yg patut dikunjungi ....

    BalasHapus
  11. Pemandian air panas yang bagus sekali kak..

    BalasHapus
  12. Talented director Susanna Fogel (who co wrote the script with David Iserson) clearly feels that a female action comedy doesn need to be short on the action, and that totally true. But gender issues aside, there action and there serious violence. When an appealingly kooky character gets shot in the head during a hilarious car chase, it suddenly doesn feel so hilarious.

    Tom Price (R Georgia) as health and human services secretary, and Mr. Trump is expected to name former Labor Secretary Elaine Chao as his transportation secretary. He has Longchamp Soldes Destockage also selected Steven Mnuchin as treasury secretary, though that decision has yet to be formally announced..

    When Moroski didn't get better Sac Longchamp Solde after a few weeks, medical personnel began to suggest Ray Ban Sunglasses Sale UK the Michael Kors Purses Clearance problems were Oakley Sunglasses Sale UK not from the force Bolsos Michael Kors Baratos of the blast, but from the fear it induced. In other words, his wounds were purely psychological. They began to talk about things like combat stress reaction and post traumatic stress disorder.

    BalasHapus