Tips dan Trik Biar Diajakin Famtrip alias Jalan-Jalan Gratis!


Cieeee yang baca-baca tulisan ini, ngarep diajak ngetrip gratis yah?

Ikutan Famtrip emang enak. Ya, gimana gak enak, mulai dari tiket pesawat PP, makan, hotel, jalan-jalan, transport, semua-semuanya dibayarin alias gratis. Ditambah kalo beruntung, lu bisa dikasih duit jajan juga yang jumlahnya lumayan dan itungannya perhari. Jadi udah jalan-jalan semua dibayarin, lu juga dapet duit jajan. Saik, gak tuh?

Oh iya, buat yang gak tau Famtrip, gue bakal jelasin dulu dikit. Famtrip itu singkatan dari Family Trip, tapi ini bukan berarti lu ngajak keluarga lu jalan-jalan, bukan. Apalagi ngajak keluarga orang lain. Atau lu bakal dipaksa berkeluarga dan berhubungan badan dengan peserta trip lainnya pas lu lagi jalan-jalan? Bukan juga. Tapi kalo ada yang cakep sih gue mau-mau aja dipaksa. Ihik!

Kalo kalian sering main twitter atau instagram, pernah gak kalian liat para influencer yang kalian follow baik itu blogger, selebtwit, selebgram lagi jalan rame-rame, terus tiap kali ngepost disosmednya pasti pake hashtag yang sama kayak 

#WonderfulIndonesia
#PesonaBali
#PesonaSumSel
#MyKoreaStory
#AmazingJapan
#BeautyZimbabwe
#LovelyKongo
#VacationAfghanistan
#IniEnakBangetJalanJalanGratisTerusDikasihDuitLagiAnjir

dan lain sebagainya? Nah, kemungkinan besar mereka lagi Famtrip.

Gue sendiri udah beberapa kali ikut Famtrip, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ya lumayan banyak, lah. Nah, disela-sela waktu luang pas lagi Famtrip gue sering ngobrol tuh sama pelaksana atau panitianya, dan dari situ gue dapet menyimpulkan beberapa hal tentang Famtrip dan tips kalo lu mau diajakin Famtrip:

1. Blog Lu Bagus Atau Lu Terkenal di Sosmed



Iya, ini yang penting. Punya blog, doang. Karena sekarang yang diundang famtrip gak harus punya blog yang bagus-bagus banget dengan pageviews yang seharinya 2juta, gak harus. Tapi sebagai kompensasi kalo blog lu gak edan-edan banget, lu kudu terkenal di sosial media kayak twitter atau instagram.  Sekarang banyak banget yang diundang famtrip dengan modal followers instagram puluhan ribu, atau followers intagram ratusan ribu. Blognya? Ya, so so, lah~

2.  Perkenalkan Diri Lu


Ini juga gak kalah penting, banyak blogger yang malu-malu buat ngenalin dirinya sendiri, padahal narsis “in the good way” adalah sesuatu yang harus dimiliki para blogger. Kasarnya kayak gimana orang lain bisa kenal elu kalo lu nya ngumpet dan gak ngenalin diri lu sendiri. Buat blog lu jadi portofolio lu sendiri, sehingga orang yang dateng ke blog lu atau yang mau ngundang lu famtrip tau, siapa lu sebenernya.

Dan dalam kasus ini, gue pernah baca di twitter ada yang ngetwit kurang  lebih kayak gini “Jangan minta-minta, kkita ini blogger, bukan pengemis yang minta diajak kerjasama bla bla bla...” intinya kayak gitu, lah. Menurut gue ini salah, karena gue sampai sekarang ada di dua posisi sebagai blogger dan sebagai pengguna jasa blogger/ influencer untuk brand travel gears gue si Whatever Backpacker. Dan ketika gue lagi ada di posisi sebagai pengguna jasa blogger, gue sering dapet email dari beberapa blogger/ influencer buat ngajak kerjasama berupa endorsment atau review product, dan kalo kapabilitas mereka ok, ya gue sangat seneng bisa kerjasama dengan mereka untuk mempromosikan barang yang gue punya. Jadi jangan takut untuk “menawarkan” diri lu sendiri.  Lu bisa baca cerita gue tentang "mengejar bloa" yang gue tulis 3 tahun lalu pas di Manila >> Tentang Garis Minus dan Hasilnya

3. Permudah dan Perjelas Orang Untuk Menghubungi Lu


Banyak blogger di blognya gak nyantumin alamat email, line, whatsapp, twitter atau apapun yang memudahkan orang untuk menghubungi dia. Dan ketika itu terjadi, pas orang udah tertarik buat ngajak lu kerjasama, mereka akan mendadak males karena gak nemu-nemu cara buat menghubungi si blogger tersebut. Itu terjadi pada gue sendiri, dulu.

Makanya, blog gue sekarang dibikin page khusus untuk “Contact Me” sejelas-jelasnya, sehingga kalo ada yang ngajak gue kerjasama, mereka gak akan kebingungan mau ngontak gue ke mana.

4. Show Your Statistic


Ini juga salah satu hal yang paling penting kalo lu mau diajakin famtrip. Kalo famtrip lokal masih bisa ngandelin kedekatan lu dengan orang-orang agensinya, kalo yang ngundang lu famtrip luar, mereka akan sangat melihat statistik blog lu, mulai dari pageviews, kekonsistenan lu menulis, keaktifan lu di sosial media, alexa ranking lu, dan lain sebagainya. Maka dari itu, tunjukan statistik blog lu untuk memudahkan mereka mencari blogger yang akan mereka pilih.

5. Domisili Lu!

Blog lu bagus tapi gak pernah diajak Famtrip? Mungkin lu tinggal di luar Pulau Jawa. Gue akuin, selama gue ikutan beberapa famtrip, 80% yang diajak Famtrip adalah Blogger dari Jakarta. Gue sendiri di Bandung, jadi gak terlalu susah dan mahal bajet transportnya buat ngundang gue. Kenapa Jakarta? Karena kebanyakan agensi-agensi yang mengadakan Famtrip juga punya bajet terbatas. Dengan mereka mengundang blogger dari Jakarta atau Bandung, otomatis bajetnya bakal lebih ringan daripada ngajak blogger, let say dari Papua misalnya.

Contoh deh, misal ada acara Famtrip ke Jepang. Ongkos pesawat PP dari Jakarta ke Jepang adalah 6 juta. Terus kalo lu dari Papua, mereka kudu nge-cover bajet transport lu dari Papua ke Jakarta, terus ditambah dari Jakarta ke Jepang PP. Mahaaaaaaaaal!!

Makanya, pengalaman gue bilang kalo mau banyak job dari ngeblog, ya lu kudu stay di Jakarta, karena banyak banget acara di sana. Gue sendiri yang di Bandung sering banget dapet undangan buat dateng ke acara-acara di Jakarta, tapi kebanyakan gue tolak karena gue males macetnya Jakarta. Kecuali, acara itu ya jalan-jalan.

6. Terus Blogger Yang Jauh Gimana? 

Tenang, sekarang-sekarang gue perhatiin, acara famtrip yang diadakan oleh kementrian (#WonderfulIndonesia) mulai banyak mengundang blogger daerah. Contoh kayak pas gue diundang famtrip ke Bali, ada 3 blogger asal Bali juga yang diundang. Gitu juga pas gue keliling Sumatera Selatan, banyak juga blogger asal sana yang ikutan. Jadi jangan takut ilang kesempatan karena lu gak tinggal di Jakarta. Pokoknya keep writing and make your own blog famous!

7. Always Check Your Email!


Ini sering terjadi ke gue!!!!

Gue sering missed untuk me-reply ajalakan famtrip gara-gara gue telat atau malah gak ngecek email. Alhasil gue udah melewatkan jalan-jalan ke Hong Kong dan Thailand gara-gara cuma telat bales email atau email itu ada di folder spam. Nyebelin, kan?

8. Luangkan Waktu

Iya, ini juga gak kalah nyebelin. Undangan famtrip kebanyakan itu selalu terbentur sama waktu, karena jalan-jalannya pas weekday. Kalo gue sih selow, kan pengangguran. Jadi buat lu yang masih kuliah, mending DO aja. Buat lu yang kerja, mending resign dari sekarang. Karena mendingan mati pas lagi jalan-jalan daripada mati di kampus atau di kantor, yakan?

Iyain aja biar cepet.

9. Famtrip Itu Asyik, Tapi....


Terakhir. Iya, famtrip itu menyenangkan dan seru. Lu jalan-jalan semuanya gratis dan lu dibayar. Tapi ada tanggung jawab alias kerjaan juga di dalam keseruan itu, kayak lu kudu update kegiatan lu selama famtrip di sosial media lu. Lu kudu buat postingan yang ada deadline-nya. Atau kasus kayak gue orang yang suka ngalor ngidul kemana-mana gak jelas, dengan terpaksa harus ngikutin itinerary perjalanan yang udah dibuat sama panitia yang seringnya padet banget. Atau lu kudu datengin destinasi atau kegiatan yang gak lu suka. Iya, sih ada freetime, tapi pas mau jalan sendiri lu udah keburu capek ya begimana, yah?

Jadi, udah siap diajakin famtrip? Sok, hayati dan renungkan apa yang gue tulis di atas. Hehehe!

P.S: Mungkin ada dari kalian yang pernah ikutan famtrip dan mau nambahin tips dan apapun tentang famtrip, sok mangga langsung bilang di komen, nanti gue update di blog post ini. Ciao!


90 komentar:

  1. Iwwwh pewngeeeennn...dibayarinnya :3 Cuma 'tapi' yg nmr 9 itu berat juga bang... :-|

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomer 9 itu antara berat ga berat juga sih, kan sekalian nambah konten di blog kita, jadi lumayan. Cuma ya deadline nya itu yang kadang agak bikin deg-degan

      Hapus
  2. Jadi kapan ngajak aku famtrip, Mas Adis? :)

    BalasHapus
  3. Farmtrip-nya sih enak, tapi musti update di sosmed itu yang hadeh nyerah dah.. ngerasa jadi orang tua kagak tau diri kalo nongol update di sosmed.. jualan foto ah daripada update sosmed

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha iya jualan foto aja yang keren-keren~

      Hapus
  4. Kali aja langsung diundang dari daerahku hahahahhahah.

    BalasHapus
  5. OH.... gini toh caranya buat bisa ikutan Famtrip GRATIS..
    untuk No.2 ke bawah bisa lah di usahain tapi buat No.1 TERKENAL DI SOSMED ini berat follower istagram aja cuma ratusan itu juga beli follower sebagian #EH but thanks for your info Dis \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahahahhaah beli lah. Gak apa-apa kalo emang gak mau kuat di sosmed ya kuatin banget di blognya.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Mau dong kaak diajakin famtrip :3

    BalasHapus
  8. jadi, kapan Whatever Backpacker ngajak famtrip? eeeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, kan udah pernah 30 blogger walaupun cuma semalam :(

      Hapus
  9. susah juga ya kalau harus terkenal di sosmed apalagi kalau yang jarang updet.. hehe

    BalasHapus
  10. aku sih baru-baru ini ikutan fam trip dan karena ikutan lomba, hmmm menyenangkan deh pokoknya walaupun skalanya masih lokal gitu

    BalasHapus
  11. kaakaka jadi pengen di seriusin lagi blognya :D

    BalasHapus
  12. Benar banget tuh,
    pernah dapat undangan Famtrip tapi saya domisili Makassar.

    Apalagi acara ngumpul2 dengan blogger, cuma acaranya selalu di jakarta.

    BalasHapus
  13. keknya kalo gak salah familiarization deh dis,

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya? hahahah salah gue berarti :)))

      Hapus
    2. Kalo family trip syaratnya gmpang Dis, lo cuma harus berkeluarga, eh iya gw lupa lo jomblo sih ya :))

      Hapus
  14. Tips nomor 10: JANGAN KESERINGAN NYINYIR DIBANDING POSTING DI BLOG hihi :D

    BalasHapus
  15. Asekkk...aku ikut dong, kapan kapan..

    BalasHapus
  16. nah, harus update sosmed pas di TKP famtrip ini yang lumayan berat buat gue kang, gue ga bakat jadi buzzer on the spot huahaha

    BalasHapus
  17. Dis, biasanya bikin infographic stats nya pakai apa? Pengen deh belajar bikin yang agak pro kaya gitu :-)

    BalasHapus
  18. yang no.8 berat juga yah :( kudu jadi pengangguran dulu :v

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. wahaha serius tapi kocak! thanks sharingnya broo. yang nomor 8 itu jleb banget! resign aja apa ya? :p

    BalasHapus
  21. haha. pertama kali denger kata Famtrip, langsung kepikiran si blogger ngajak emak bapak anak kakek nenek ikutan jalan-jalan. hahah. dodol beudh dah..

    BalasHapus
  22. haha artikel yang bagus, jadi pengen banget nih daftar famtrip
    https://explcode.wordpress.com/

    BalasHapus
  23. kalau gue kebentur sama waktu soalnya kerja kantoran, udah ada beberapa ajakan famtrip yg gak ikut tp yg ngajak karena gue kenal sm agensinya dis. pas gue ikut fam trip kok gue ngerasa gak pas ya dgn jiwa kebebasan yg ada di diri gue, soalnya tempat yg didatangin bukan yg gue banget trus ada deadline nulisnya pula tapi kerjaan apapun pasti ada plus minusnya kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha nah itu dia, kan semua ada plus minusnya, tapi ya mau gimana lagi, enjoy-in azaaaaa~

      Hapus
  24. Kalo udah resign gak ada yang ngajak famtrip gimaneee?

    BalasHapus
  25. Pingin sih, tp aku ki apa...sangking kalemnya jarang mengexpos tulisan sama foto, takut dibilang riya' ha ha ha...

    BalasHapus
  26. Berguna banget nih tipsnya buat saya. Maklum aja. Saya jarang diajak Famtrip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan besok2 ada yang ngajakin yah, amin!

      Hapus
  27. Kak ... bisa ngak yang
    #AmazingJapan
    #BeautyZimbabwe
    #LovelyKongo
    #VacationAfghanistan

    segera di realisasiakan dan gw diajak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yok mas cum, tapi balik2 ada 1 bagian tubuh yg diamputasi gpp?

      Hapus
  28. Berguna banget nih tipsnya. makasih yah

    BalasHapus
  29. Tapi aing can terkenal, euy. Tahun ini mau diedankeun lah ngeblognya, biar kayak uwa. wuahahaha

    BalasHapus
  30. weh! makasih infonya kak, keren lo, doakan gue yg newbie ini biar bisa jadi travel blogger sekece lo

    BalasHapus
  31. wiiiih mantab tuh, gue pernah ikutan beberapa kali famtrip tapi cuma sekitaran temen" doang, tpi lumayan gratisan juga, skalian jadi navigator

    BalasHapus
  32. asyik juga ni bisa diajak jalan - jalan dgn famtrip ....

    BalasHapus
  33. Tips yang berguna sekali!šŸ‘
    Mau dong diajakin famtripšŸ˜

    BalasHapus
  34. suka sama kalimat "keep writing and make your own blog famous"!

    BalasHapus
  35. wah jadi pengen,, oh iya kalau ada acara ngumpul2 lagi infoin yahh, berikut kontak saya hehee:

    www.mydaypack.com
    ig: mydaypack
    email: [email protected]

    BalasHapus
  36. Baca nomor lima, mau pindah tempat tinggal aja deh :D
    MEsti dicoba satu2 tipsnya.

    BalasHapus
  37. Wah asik banget ya. Tetap semangat mas!

    BalasHapus
  38. Inspiring post! Thank you udah main ke blog gue.

    GRACE FILLED TRAVEL JUNKIE

    Thanks!

    BalasHapus
  39. Gue udah lakukan semua usaha sih:
    cantumkan email, profil, dan kontak lengkap (fb, twitter, instagram, [email protected])
    cantumkan statistik (total view, jumlah artikel, artikel terbaru)
    cantumkan achievement dari lomba-lomba yang udah dimenangkan.

    Cuma mungkin gue kurang femes di medsos, follower di twitter dan IG belum sampai 3 digit. Well, bentar lagi sih.
    Pernah sekali diajak famtrip, tapi buat pengganti peserta yang mendadak batal dan nggak bisa gue ikuti juga karena harus konfirmasi secepatnya. sementara, sebagai kuli kantoran, gue harus urus cuti / izin, dsb.
    Pernah juga dapet kesempatan famtrip dari komunitas blogger yang gue ikuti. Tapi semua terkendala waktu karena diambil di weekday.

    Ya sudahlah, mungkin gue jadi blogger terima mentah aja hahaha


    thetravelearn.com | learning by traveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah makanya gue bilang kan, jadi blogger jangan setengah2. Udah keluar kerja cepet! hahahahahahak

      Hapus
  40. lengkap banget tipsnya! pernah mau diajak famtrip tapi tiba-tiba pengundang nelfon membatalkan karena follower instagram kurang hahaha

    BalasHapus
  41. Bukan cuma famtrip, lomba-lomba yang hadiahnya ngetrip pun yang menang pasti yang followersnya banyak, tulisan di blog mah cuma syarat embel-embel doang. Aku mah atuh followersnya ngga sampe ber-k k :(

    BalasHapus
  42. jadi intinya harus punya blog tentang jalan-jalan dulu ya hmmm hmmm hmmm
    selama ini sih aku selalu cari yang lomba-lomba gitu (tapi sayang belum berhasil)

    makasih infonyaaa

    BalasHapus
  43. Kalau dibayarin emang gitu jadi gak bebas, ya kali ada yang bener-bener gratis di jaman sekarang, btw nice tips bro.

    BalasHapus