Timor Leste dan Penerbangan Pertama Citilink


Sebagai Travel Blogger yang punya jam terbang tinggi, gue udah biasa jalan-jalan ke suatu daerah yang gue sendiri gak tau di sana ada apaan! Contohnya, Timor Leste.

Apa yang ada dipikiran lu ketika denger nama Timor Leste?

Perang? Mantan Provinsi ke 27 Indonesia? Mantan yang ninggalin pas lagi sayang-sayangnya? Atau malah gak kepikiran sama sekali?

Gue kira Timor Leste itu mirip-mirip sama Sumba: Gersang, jalannya batu-batu, gak ada bioskop, gak ada mall, ya gitu lah pokoknya. Eh, ternyata kagak juga dong. Gue salah! Lu mau cari apa di sini? Borobudur? Grand Canyon? PVJ? Tempat ngebeer kayak beer garden atau camden? Beuuuh, ya kagak ada lah!

Ok, hmm...

Begitu nyampe di Bandara Presidente Nicolau Lobato, para penumpang penerbangan pertama Citilink ke Dili disambut sama tari-tarian tradisional, para pejabat dari Timor Leste dan sekaligus duta besar Indonesia untuk Timor Leste. Keren gak tuh gue? Berasa kayak nyambut gue aja itu semua orang, padahal mah acara peresmian Citilink.


Seselesainya acara peresmian Citilink, gue keluar bandara dan langsung masuk ke mobil yang jemput gue. Nunggu lumayan lama mobil jemputan bareng Kak Merin, Raja, Pat, dan Mbak Elsa, gue kira kita bakal dijemput sama Xenia atau paling banter Innova, lah. Eh taunya mobilnya apa coba? ALPHARD! Ah, Alphard doang, kok. Hehe!

“Adis apanya yang backpacker, masa backpacker naik Alphard. Malu sama tas, Dis.” Kata Mba Elsa diikuti suara ngakak dari yang lain.

Rasanya waktu itu gue pengin jalan kaki aja atau numpang angkot jurusan Cicaheum. Sayang gak ada.

Naik Alphard buat traveling itu memang bikin hati kecil gue sebagai backpacker gembel sedikit teriris, gais. Tapi..

YA BODO AMAT, LAH! ALPHARD GITU! HHHH!

Hari pertama di Timor Leste, kita langsung diajak ke salah satu tempat yang paling keren untuk menikmati pemandangan dan sunset di Dili. Mari gue ajak lu jalan-jalan singkat di negara bermata uang Dollarini.

Cristo Rei of Dili


Patung Yesus setinggi 27 meter ini menjadi salah satu sightseeing yang harus banget lu datengin kalo main ke Dili. Dibuat oleh Mochamad Syailillah, Cristo Rei ini adalah hadiah dari pemerintah Indonesia untuk Timor leste. Tingginya yang 27 meter juga menandakan kalo Timor Leste yang saat itu bernama Timor Timur adalah provinsi ke 27 Indonesia. Saat itu.


Selain melihat Patung Yesus yang sedang berdiri di atas globe, kalian juga bisa nikmatin pemandangan keren Pantai Dololaha yang bisa dilihat dari atas bukit. Pemandangannya? Beuh, jangan ditanya, lu liat aja sendiri, dah!


Taman Makam Pahlawan


Saat terjadi perang antara Indonesia dan Dili banyak korban-korban yang gugur akibat kejadian itu, baik dari pihak Indonesia maupun Timor Leste.  Karena perang itu, banyak orang Indonesia yang dimakamkan di Timor Leste. Berada di  tengah kota Dili, Taman Makam Pahlawan ini adalah salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi. Apalagi kalo ternyata kalian punya kerabat atau keluarga yang gugur di Timor Leste.

Danau Tasi Tolu


Kalo kalian mau pulang dan punya waktu lebih di Dili, jangan lupa juga mampir ke Danau Tasi Tolu yang berada dekat dengan Bandara Presidente Nicolau Lobato, Dili. Dari sudut aerial, kalian bisa langsung lihat 3 danau yang berada di kawasan dekat bandara. Tapi pas gue ke sana, karena gue bareng Instagramer tsakep, Si Pat, maka yang jadi objek foto gue bukan danaunya, malah si Pat.


Buset dah, orang cakep mah mau foto di rongsokan mobil juga tetep bagus yak. Coba lu bandingin sama Mas Fahmi, bukannya kayak model, malah kayak abang bengkel :(

Baucau

Ini adalah highlight perjalanan gue dan Citilink selama di Timor Leste. Dengan semangat menggebu-gebu, Raja, salah seorang fotografer hits ibukota (lu bisa liat hasil karyanya di sini >> Raja) yang juga kami percayakan membuat itinerary untuk perjalanan kali ini, dengan keyakinan penuh menunjuk Baucau untuk disinggahi, karena setelah googling, ngobrol dan nanya-nanya ke orang lokal, Baucau hanya berjarak 3 jam saja dari Dili dan punya banyak spot oke buat bahan instagram. HAHA!

“Ok, deket. Gampang!” Pikir kita.

Karena perjalanan menuju Baucau treknya bakal bikin ibu hamil keguguran, maka Pak Fernando De Souza, orang yang ngasih pinjem kami Alphardnya, sekaligus orang ketiga terkaya di Timor Leste menukarkan mobil kami dengan Hilux Double Cabin-nya. Ternyata sekaya-kayanya Pak Fernando, beliau sayang juga sama Alphard-nya kalo dipake offroad.

Estimasi awal kita akan sampai di kota Baucau sekitar pukul 1, makan siang di sana, dan lanjut 30 menit menuju ke air terjun di daerah Laga yang bakal kita datengin. Jalanan dari Dili menuju Baucau lalu Laga emang gak jelek-jelek amat, malah gak separah perjalanan gue dari Samarinda ke Berau Kalimantan. Tapi.... masalahnya adalah, ketika kita pergi berdelapan, sementara seat hanya tersedia untuk 5 orang, maka gue, Mas Angga dan Mas Fahmi harus dengan senang hati duduk di bak belakang dengan alas karpet busa tipis, setelahnya. INGET, SETELAHNYA! AWALNYA PANTAT KITA LANGSUNG KENA BESI BAK MOBILNYA YANG PANAS DAN DITAMBAH KEJEDOT-JEDOT GERENJULAN JALAN, YAH! Baek-baek kita bertiga kagak jadi opak dalem mobil itu.


Lanjut perjalanan..

Kalo kalian penasaran gimana pemandangan di Timor Leste, sebenernya gak beda jauh sama pulau-pulau di daerah timur Indonesia. Kami pun sempet berhenti dan foto-foto dulu pas ketemu savana luas dan gerombolan kambing yang lagi digembalain. Bukan, bukan Yesus yang gembalain. Ada anak kampung sana.


Selesai foto-foto, kita lanjut lagi jalan ke air terjun yang mau kita datengin. Karena kata warga lokal air terjunnya cuma 30 menit dari Baucau, gue udah excited aja kalo denger suara kayak air terjun, eh taunya Mas Fahmi ngorok :/


30 menit berlalu.... 1 jam.... 2 jam... matahari udah mulai kagak ada...

Yak, betul. Kita akhirnya berhenti karena bingung gak nemu-nemu air terjunnya. Raja akhirnya nyalain drone-nya buat ngeliat letak air terjun, dan ternyata kita udah deket banget! Ya, paling 30 menit lagi naik mobil turun ke bawah, terus 30 menit trekking ke air terjunnya. Tapi alam gak ngizinin kita dulu buat main di air terjun itu. Langit mulai gelap, terlalu bahaya buat kita kalo harus maksa turun ke bawah. Dan akhirnya, setelah kesepakatan bersama, kami memilih untuk pulang lagi ke Dili yang pada akhirnya kami sampai di hotel pukul 2 malam. Ya, hari itu, lebih dari 12 jam idup kita ada di jalan, gue khususnya, ada di bak mobil Hilux Pak Fernando.

Ada pepatah terkenal dari seorang Traveler asal Indonesia:

“Santai aja, kalo gak dapet hari ini, berarti kamu bakal dapet besok. Gampang, tinggal balik lagi aja ke tempat itu.” – Adis.

Jadi, nanti gue bakalan main lagi ke Timor Leste, harus! Dan tentu saja sama #CitilinkTerbanggKeDili yang buka penerbangan setiap hari ke sana, ntap!

66 komentar:

  1. Mantap Dis. Ngoumoung2 itu citilink indonesia - Timor leste berapa duit ? Pramukari nya cantek2 tak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas gue mah cakep2 pramugarinya, tau kali yah gue mau naik hahahaha :))

      Dari Bali klo dapet murah bisa dibawah 1 juta kok, ntap kan!

      Hapus
  2. Makan ikan bakar ikan bakar.

    Cakep banget Dololaha. Selalu takjub ketika gersang bertemu dengan biru laut ea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi katanya kalo di Timor Leste jangan makan seafood nya, lama banget dateng makanannya.

      Hapus
  3. Wah udah ke Dili aja nih. Pake visa ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake, visa on arrival. 20 apa 25 USD gitu gue lupa. Abisnya dibayarin :p

      Hapus
  4. Tips jadi backpacker pemula apaan dis? Pingin jadi backpacker tapi gak tau harus mulai dari mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu baca postingan gue semua dari awal

      Hapus
  5. biru oh biru

    dis knp cerita seheboh pas samarinda berau ya...

    penderitaan u cm pntat doank yg tersiksaa disini..tp mata seger liat pemandangan kece n wecee cntiiik

    BalasHapus
    Balasan
    1. LU KIRA PANTAT GUE GAK TRAUMA APA HAAAAAAAAAAH

      Hapus
  6. warna air lautnya yang biru indah banget ya..

    BalasHapus
  7. Dulu mertua zaman jebot ke sini beberapa kali dalam rangka dinas. Kadang aku pandang foto-fotonya. Kapanlah ya menantunya bisa melalak ke sini. Moga awak bisa terbang ke sini sama Citilink jugak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhahaa ayok ke timor leste, ngintil mertua

      Hapus
  8. Dis ada yang mau aku koreksi, patung Yesus Raja itu bukan hadiah pemerintah Indonesia buat Timor Leste tapi emang dibangun waktu Timor Leste masih jadi salah satu provinsi Indonesia (Timor Timur dulunya)... percayalah Dis, kalau sampai gak percaya.. ya udah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah, ntap infonya. gue koreksi yaaaaaaaaw.

      Hapus
  9. Yang saya bayangin kalau dengar timor leste itu malah raul lemos. Ternyata keren juga nih negaranya. Ditambah nama-nama orang sana yang agak-agak ke-spanyol-portugal-an gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue lewatin tuh rumah Raul Lemos sama KD hahahahaha :)))

      Hapus
  10. Lumayan juga ya Timor Leste. Bisa dijadiin destinasi travel. Selama ini nggak kepikiran apa-apa sama Timor Leste. Kalau ada yang ngomong "Timor Leste", yang ada di kepala cuma Raul Lemos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan nonton infotaiment nih pasti!

      Hapus
  11. bisa dimasukin list traveling nih dis :D

    BalasHapus
  12. Dis kalo raul lemos orang terkaya nomer berapa disono?

    BalasHapus
  13. Dari dulu nih pingin banget backpacker ke timor leste, tapi belum ada waktu yang pas,dan yang pastinya duitnya belum memadai :'(

    BalasHapus
  14. memang daerah timor leste sangat bagus gan......jadi pengen kesana

    BalasHapus
  15. ah Timor Leste ... kek nya menarik bangeeet.

    BalasHapus
  16. Pemandangan di Timor Leste ternyata tidak kalah jauh ya sama indonesia

    BalasHapus
  17. mas adis saya boleh minta tipsnya ga?
    saya juga nulis blog nih tentang jalan-jalan tapi sudah beberapa bulan ini belum menghasilkan apa-apa, saya harus giman mas adis?

    ini alamat blog http://hidupkupunyaku.blogspot.co.id/

    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  18. keren banget pemandangannya, jadi ingin nyoba ke sana

    BalasHapus
  19. pemandangan di timor leste ga kalah sama indonesia kita ini

    BalasHapus
  20. kenapa jauh jauh ke timor leste kalau di indonesia masih punya bebera surga tersembunyi :)

    BalasHapus
  21. timor leste banyak juga ya tempat keren yang bisa kita kunjungi.. :)

    BalasHapus
  22. tempat tempat di timor leste itu emang kern keren banget

    BalasHapus
  23. Indah sekali pemandangan di timor leste ituuu

    BalasHapus
  24. Asik sekali petualangan ke negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia

    BalasHapus
  25. PINJAMAN PINJAMAN BERLAKU SEKARANG CEPAT DAN DINAMIS.
    Selamat siang, saya Susil Nabi dengan nama dan saya tinggal di Indonesia, saya tertarik untuk berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan telah ditipu sehingga saya menjadi putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman secara online kemudian saya melihat komentar dari seorang teman bernama PENDU FAJAR ([email protected]) dan dia berbicara tentang perusahaan pinjaman yang sah ini di mana dia mendapat pinjaman cepat dan mudah tanpa tekanan sehingga dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Nyonya CHERYL yang mengendalikan perusahaan bernama CHERYL MARTINS LOAN FIRM, Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman total (Rp 899.000.000,00) dengan suku bunga rendah 1%, sehingga pinjaman disetujui dan setelah proses berikut sedang dilakukan oleh perusahaan dengan 24 jam dana saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya yaitu bagaimana saya bisa mendapatkan pinjaman saya untuk menjaga bisnis saya tetap berjalan dan juga untuk membayar tagihan saya jadi saya terburu-buru Pastikan semua orang tertarik dalam mendapatkan pinjaman cepat dan mudah untuk menghubungi mereka melalui email: {[email protected]} untuk mendapatkan pinjaman apa pun yang Anda butuhkan hari ini, Anda masih dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut Email saya: ([email protected]) terima kasih telah membaca kesaksian yang terbesar dalam hidup saya.

    BalasHapus
  26. The material handling equipment is allocated by the material handling system selection model to transport a part type from one machine to the other for the next operation. The operation allocation model obtains one of its inputs from the material handling system selection model in the form of material handling equipment to be used for transporting a part type from one machine to another machine. The operation allocation model interfaces with the material handling system selection model by providing input data in the form of the manufacturing operations to be performed at each machining center.

    That he was not aware of the payment to Ms. Daniels when Longchamp Soldes Destockage the payment occurred. And that is consistent with his tweets from a couple of days ago where in those three tweets the president had a lot to Michael Kors Purses Clearance say about this matter. The book by former Sac Longchamp Solde FBI Director James Comey includes a description of Rudolph Bolsos Michael Kors Baratos Giuliani. Attorney in Oakley Sunglasses Sale UK New York. He Ray Ban Sunglasses Sale UK writes, quote, "Giuliani's confidence was not leavened with a whole lot of humility." Comey cites colleagues who said the most dangerous place in New York is between Rudy and a microphone.

    BalasHapus
  27. Langsung saja mengdaftar di www.12naga. Info dan rasakan hadiah 1 Sepeda Motor Vario Untuk Semua Pemain mulai dari 01/28 2019 yang akan di berikan oleh situs 12naga
    BBM - E3ACE63B
    TWITTER - 12NAGAID
    WHATSAPP - +62878-8333-3312

    bandar judi terpercaya
    judi online terpercaya
    judi bola
    casino online
    agen bola online

    BalasHapus
  28. KESAKSIAN SAYA

    Salam semuanya, nama saya SANTIAGO GONZALEZ dan saya tinggal di Spanyol, saya ingin berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan telah tertipu sehingga saya menjadi putus asa dalam memperoleh pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah, lalu saya melihat komentar dari seorang teman bernama James dan dia berbicara tentang pinjaman sah perusahaan ini di mana dia mendapatkan pinjaman cepat dan mudah tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Ny. REBACCA yang mengendalikan penegasan yang disebut REBACCA ALMAL LOAN COMPANY, jadi saya meminta sejumlah $ 450.000 (Empat Ratus Lima Puluh Ribu Dolar) suku bunga rendah 2%, pinjaman disetujui dan disetor ke rekening bank saya sehingga saya bisa mendapatkan pinjaman untuk menjaga bisnis saya yang rusak berjalan dan juga untuk membayar tagihan saya, jadi saya menyarankan Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman cepat dan mudah, hubungi mereka dengan ramah melalui email :( [email protected]} untuk mendapatkan segala jenis pinjaman yang Anda butuhkan hari ini, terima kasih kepada membaca kesaksian terbesar dalam hidupku.

    Anda juga dapat menghubungi ibu yang baik melalui WhatsApp Number +14052595662


    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya jika ada pertanyaan: [email protected]


    Tn. Santiago Gonzalez

    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  29. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane ([email protected]), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: [email protected] hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email [email protected]

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: [email protected]
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [[email protected]]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  31. Nama: __ Hendi Zikri Didi
    Bandar: _______________ Melaka
    pekerjaan: _ Pemilik perniagaan
    Sebarang notis: ____ [email protected]

    Halo semua, sila berhati-hati tentang mendapatkan pinjaman di sini, saya telah bertemu dengan banyak peminjam palsu di internet, saya telah menipu saya hampir menyerah, sehingga saya bertemu seorang rakan yang baru saja memohon pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada legitamate AASIMAHA ADILA AHMED LOIR FIRM, saya memohon Rm1.3 juta. Saya mempunyai pinjaman saya kurang dari 2 jam hanya 1% tanpa cagaran. Saya sangat gembira kerana saya diselamatkan daripada mendapatkan hutang miskin. jadi saya nasihat semua orang di sini memerlukan pinjaman untuk menghubungi AASIMAHA dan saya memberi jaminan bahawa anda akan mendapat pinjaman anda.

    Pusat Aplikasi / Hubungi
    E-mail: ._________ [email protected]
    WhatsApp ____________________ + 447723553516

    BalasHapus
  32. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. ([email protected])

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: ([email protected]) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: ([email protected])

    BalasHapus
  33. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia ([email protected]) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: ([email protected])

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: ([email protected]) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: ([email protected]) Salam

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    ([email protected])
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    kirim email ke saya{[email protected]}

    BalasHapus
  35. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»([email protected])  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    [email protected]   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: [email protected]
    e_mail: [[email protected]]
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [[email protected]]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  37. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog ini dan situs web adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang untuk mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN LOAN yang benar dan satu-satunya yang ALLAH kirimkan untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang besar, untuk memberi mahkota semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan-perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa menyalurkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana perusahaan individu dapat memberikan pinjaman ?, yang seharusnya menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada Anda atas nama Allah, bahwa saya memberi tahu Anda semua kebenaran, SEMUA PINJAMAN SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak menjadi salah satu dari mereka yang selamat tinggal dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat kehidupan Anda, inilah EMAIL mereka [email protected]

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di [email protected] EMAIL saya untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semuanya, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN SEMUA GLOBAL karena telah memberi saya sukacita baru ini.

    BalasHapus
  38. W/A:::::::::::::::::::::::::+62 81617 547 646
    Tel:::::::::::::::::::::::::::+62 81617 547 646
    e_mail::::::::::::::::::::[[email protected]]
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {[email protected]} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: {mail:[email protected]}
    ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    W/A::::+44) 7480 729811
    Tel....::+44) 7480 729811
    e_mail:::[isk[email protected]]
    https://wordpress.com/view/iskandarlestari.wordpress.com

    BalasHapus
  39. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: [email protected]
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang dapat diandalkan. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: ([email protected])

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di ([email protected])
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  40. Nama saya Yodika Roni, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak pemberi pinjaman internet di sini palsu. Bisnis saya menderita karena saya memiliki sedikit uang untuk diinvestasikan untuk membuat bisnis saya besar sehingga saya dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dan juga memiliki cabang lain.

    Jadi, saya pergi melalui internet dan saya melihat begitu banyak cerita bagus tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dan mereka termasuk email untuk dihubungi, jadi, saya memutuskan untuk mencoba apakah saya bisa meminjam dari salah satu dari mereka dan jadi saya menghubungi salah satu dari mereka . Saya diminta untuk mengirim semua dokumen saya dan mereka meminta saya membayar untuk menerima pinjaman, saya membayar banyak uang tetapi saya tidak menerima pinjaman. Dan begitulah bisnis saya hampir hancur.
    Tetapi dalam semua yang terjadi pada saya, saya masih berdoa kepada Allah untuk menyelamatkan saya dari masalah yang telah saya hadapi ini, saya berdoa kepada Allah setiap hari untuk membantu saya keluar dari situasi yang saya temukan sendiri karena hanya Allahlah yang dapat mengubah situasi saya.

    Minggu lalu Senin, setelah saya melaporkan apa yang terjadi pada saya dengan Interpol, saya pergi untuk memeriksa blog di mana saya melihat posting wanita yang mencuri uang saya. Begitulah cara saya melihat posting oleh Ny. Sarah Ward yang mengatakan bahwa ada perusahaan pinjaman tanpa registrasi perusahaan yang sah adalah palsu dan mereka bukan pemberi pinjaman. Saat itulah saya menyadari bahwa sayalah yang melakukan kesalahan dan seharusnya saya tidak menghubungi wanita yang mencuri uang saya atas nama perusahaan pinjaman karena mereka tidak memiliki nomor registrasi perusahaan, itu hanya email yang saya lihat.

    Jadi, saya memutuskan untuk menghubungi Ny. Sarah Ward melalui email: [email protected],

    jadi, saya mengajukan pinjaman dari perusahaan dan mereka mengirimi saya syarat-syarat yang saya setujui. Setelah persetujuan pinjaman saya, saya diminta untuk mengirim rincian bank saya yang saya lakukan. Saya baru saja di rumah ketika menerima pemberitahuan dari bank bahwa akun saya telah dikreditkan dengan pinjaman saya dari 24HOURSFINANCE. Saya sangat bahagia dan saya berjanji kepada Allah bahwa saya harus meluangkan waktu untuk membagikan kisah ini sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para pemberi pinjaman palsu itu.
    Saya ingin Anda yang membaca cerita saya untuk menghubungi 24HOURSFINANCE jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda tidak akan kehilangan uang Anda untuk pencuri itu. .
    Jadi, saya menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu semua orang dari Indonesia dan negara-negara lain yang tepat untuk membaca cerita saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi 24HOURSFINANCEAnda masih dapat menghubungi mereka melalui email: [email protected]

    jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dari saya, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui Email: [email protected]
    Teman-teman saya yang saya ceritakan kisah saya juga menghubungi perusahaan untuk pinjaman dan mereka semua telah menerima pinjaman mereka dan di bawah ini adalah informasi mereka,

    Email Nyonya YONO SURI: [email protected]
    SRI PURWATI Email: [email protected]

    Anda juga dapat menghubungi mereka untuk informasi lebih lanjut dan ketika Anda menghubungi Mrs SARAH WARD untuk pinjaman, cobalah untuk membagikan kabar baik Anda setelah Anda menerima pinjaman Anda sehingga orang lain dapat diselamatkan dari pemberi pinjaman pinjaman palsu.
    Sekali lagi terima kasih semua telah membaca cerita saya, dan tolong coba bagikan cerita Anda setelah menerima pinjaman Anda dari 24HOURSFINANCE sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para pemberi pinjaman yang buruk dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    BalasHapus
  41. Nama:Teddy Liza
    status perkawinan: janda
    jumlah pinjaman:3.6 miliar rupiah
    tempat tinggal saya:. Palangkaraya
    email ku:::[email protected]
    kesaksian yang memotivasi saya whatsapp :;l+ 6281617538564
    tujuan pinjaman saya :Investasi / hutang

    Halo semuanya, sekarang dari (bahasa Indonesia [baˈha.sa in.doˈne.sja])/Malay, . Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah,Sukses hanya datang bagi mereka yang percaya pada diri mereka sendiri dan siap untuk menang. Saya tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik untuk Anda. Beralih ke tahap baru dalam hidup bisa menjadi proses yang menantang. Semoga Anda beruntung dalam semua upaya masa depan Anda, Anda akan menjadi hebat. ajukan sekarang.

    Aasimaha adila ahmed kontak pusat aplikasi pinjaman
    E-mail**[email protected]
    Whatsapp *********^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^+ 447723553516

    BalasHapus

  42. Do you need any kind of loan if yes my contract Mr Anthony who help me with a loan just few week's back , i just need to share this round the world to let people know that there are still good heated people in the world today . I really lost money to scammers online all because i was desperate for a loan . Until i saw a comment about him , contacting him his not a mistake but a dreams come through for me . Now I'm a happy man with my family . Contact him if you need any loan at : [email protected]

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: [email protected]
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online itu palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: [email protected]
    Whatsapps: +4915772501298

    BalasHapus
  44. Nama saya Rafif Apriani, saya membaca sebuah kisah tentang bagaimana ibu Yanti Ari meminjam dari PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI dengan bantuan perancang busana terkenal DIAN PELANGI. Dalam ceritanya dia menceritakan bagaimana dia kehilangan banyak uang (Rp28.000.000,00) kepada pemberi pinjaman yang buruk karena dia membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan usahanya.
    Dia juga menceritakan bagaimana dia menghubungi Dian Pelangi yang menginstruksikannya untuk menghubungi Nyonya Ana Micheal dari PINJAMAN KEPERCAYAAN dan itulah bagaimana dia meminjam pinjaman yang dia butuhkan untuk meningkatkan bisnisnya. Jadi saya melihat kisah ibu Yanti Ari dengan detailnya, rincian Dian Pelangi dan Nyonya Ana Michael dari PINJAMAN KEPERCAYAAN yang mereka pinjam.

    Rincian Dian Pelangi :: email: ([email protected])
    dia tinggal di Jakarta.
    Rincian Ibu Yanti Ari :: Nomor Teleponnya: +62 821-1644-0184
    Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184
    dia tinggal di Kota Medan, emailnya: [email protected]
    Dan akhirnya perusahaan pinjaman asli yang saya inginkan siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi karena saya sekarang adalah saksi yang hidup dan semoga allah selalu memberkati hari saya menghubungi mereka.
    Nama perusahaan: PINJAMAN TRUST GUARNATY, alamat email: ([email protected])

    Ketika saya menghubungi ibu yanti, dia memberi tahu saya bagaimana dia meminjam dari Ibu Ana Michael dari PINJAMAN KEPERCAYAAN TERJAMIN dan seluruh prosesnya. Saya sangat senang mengumumkan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Ana Michael dari PINJAMAN KEPERCAYAAN adalah yang terbaik dan paling dapat diandalkan.
    Anda dapat menghubungi saya untuk lebih jelasnya melalui email saya: [email protected]
    Saya berharap orang-orang yang menginginkan pemberi pinjaman pinjaman yang andal melihat ini.

    BalasHapus
  45. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: [email protected]
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: ([email protected])

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di ([email protected])
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus